Senin, 02 November 2020

Tips Sajian Buah Utuh Dalam Kudapan Untuk Anak

Pancake Pisang dihiasi buah dan biskuit coklat

 Kebaikan Makan Buah Utuh

Banyak anak yang sulit untuk makan buah dalam keadaan utuh. Padahal makan buah itu banyak manfaatnya karena buah mengandung banyak vitamin mineral dan serat yang dibutuhkan untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Makan buah secara utuh juga dapat melatih gigi dan rahang anak agar tumbuh dengan baik.  Menurut dokter gigi spesialis anak, pertumbuhan rahang dan gigi yang rata dapat diusahakan dengan cara membiasakan anak makan makanan yang agak keras dan berserat. Anak yang hanya suka makan jus buah biasanya cenderung memiliki rahang yang kecil dan gigi yang tidak tersusun rapi, tentunya ini salah satu faktor dari banyak faktor lain seperti genetik. 

Lakukan Secara Bertahap

Memang kita tidak dapat memaksa anak yang tidak mau makan buah utuh begitu saja karena ini akan menimbulkan trauma dan menambah rasa tidak senang anak kepada buah buahan utuh. Kita juga perlu mengenali lebih dahulu mengapa anak tidak suka makan buah utuh. Mungkin karena baunya, atau rasanya yang asam, atau dari getahnya, atau bahkan karena potongan buahnya yang terlalu besar. Kalau sudah tau penyebabnya kita dapat membuat berbagai tawaran yang menarik yang cocok untuk anak. 

Menggabungkan Buah Ke Dalam Kudapan Anak

Kudapan anak sekarang sangat bervariasi dari yang bergaya tradisional, maupun internasional. Jenisnya sangat beragam seperti gorengan, panggang, bakar, rebus denagn berbagai tekstur rasa dan aroma. Biasanya hidangan yang populer dan cukup mudah dibuat untuk anak adalah puding. Membuat puding tidka terlalu sulit, tidak membutuhkan alat alat khusus seperti mixer dan oven denagn waktu yang tidak terlalu lama. Puding, salad buah, mousse, agar agar buah dan pancake adalah salah satu kudapan yang dapat dibuat dengan memasukkan aneka buah buahan utuh. Agar lebih menarik aneka kudapan ini dapat dikombinasikan dengan coklat cair, karamel, susu, vla, dan lain lain. Kita juga dapat membuat puding instant atau jelly yang dijual di mana mana.

Pudding kemasan digabung dengan buah

Memotong Kecil Atau Membiarkan Buah Begitu Saja

Buah utuh dapat dipotong kecil kecil dan dimasukkan ke dalam campuran adonan, atau dibiarkan utuh sebagai elemen dekorasi yang dapat dimakan. Saran saya lebih baik buah buah tersebut dipotong kecil daripada dihancurkan menjadi jus agar anak anak terbiasa mengunyah buah walau dalam potongan yang kecil. 

Memeriksa Gabungan Rasa Dari Buah dan Kudapan 

Kita perlu juga memeriksa gabungan buah dan kudapan apakah sudah sesuai. pantaskan buah strawberry misalnya digabungkan dengan susu, coklat, moka, kacang, dan lain lain. Bagaimana rasa buah tersebut setelah dimasak dalam kudapan, apakah bertambah enak atau tidak.  Strawberry yang terasa asam akan berubah rasanya jika digabung denagn coklat, atau vla susu. Rasa asamnya akan berpadu menjadi hidangan yang manis dan segar. tapi jika dibiarkan utuh sebagai hiasan tanpa ditambah apa apa, rasanya akan tetap asam sehingga anak yang kurang suka rasa asam akan menolak untuk memakannya. Sebagai hiasan, buah strawberry utuh memang menggoda,tapi agar anak mau memakannya kita harus membuat siasat seperti merendam starberry lebih dahulu dengan madu atau gula cair sebelum meletakkannya di atas pancake atau puding misalnya. 

Dessert cup vla buah

 

Membuat Elemen Dekoratif Dari Buah Utuh

Membuat sajian buah menjadi menarik dapat dilakukan oleh siapa saja. Yang pertama dapat dilakukan adalah membuat kombinasi warna yang sesuai. Warna strawberry yang merah dapat digunakan sebagai aksen untuk menarik perhatian. Warna ini dapat dipadu denagn warna puding yang agak pucat atau pancake yang berwarna kuning keemasan. Untuk memperkaya warna kita bisa menggabung warna pendukung seperti hijau kuning atau oranye yang diperoleh dari buah mangga, kiwi, nanas, pepaya, timun dan lain lain. Warna cerah mungkin dapat membuat suasana hati menjadi cerah sehingga anak tertarik untuk memakannya. 

Jangan lupa untuk mengevaluasi dan membuat catatan mengenai sajian seperti apa yang disukai oleh anak.

 

22 komentar:

  1. Gak tau kenapa ya anak-anak jaman sekarang kalau lihat huahbitu banyak yang takut, bukan lagi gak suka. Trik mencampurkan dengan kudapan bisa ditiru nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo dicoba.. Makasih banyak apresiasinya ya

      Hapus
  2. Kalau sajiannya menarik jangan kan anak, orang dewasa pun tertarik menyantapnya hingga habis hehe.. Mulai dari tampilan luar buah dihias, lalu juga dikombinasikan dengan es krim, yoghurt, madu pasti mantap. Untuk buah favorit saya strawberry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak apresiasinya ya, di rumah juga suka strawberry apalagi kalau diolah dengan dessert

      Hapus
  3. Harus kreatif kalau menyajikan sajian pada anak dan keponakan terimakasih atas informasinya ya blog kece sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaah masa iya sih? Makasih banyak apresiasinya ya

      Hapus
  4. Strawbery ini memang asam sekali kalo dimakan langsung, biasanya sama aku dibikin jus atau campurkan ke minuman lain.

    BalasHapus
  5. saya jadi ingat selama pandemi ini, keponakan saya sering banget nginap dan dengan saya yang usianya 4 tahunan. kalau dia makan buah sukanya yang masih asli ga dijus, palingan dipotongin aja, tapi kadang dia mungkin bosan ya, akhirnya saya suka campur dengan taburan coklat, es krim, dan ternyata makin suka dia makan buahnya. tapi harus hati-hati juga memang kalau si anak punya alergi sama makanan tertentu. dan sebelum saya kasih saya biasanya coba dulu enak apa enggak, sejauh ini dia selalu suka sama kombiansi buah dengan makanan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. O ya alergi memang bikin kita jadi mbatasi asupan, perlu diselidiki dulu.. tapi biasanya jarang yang alergi buah, kalau alergi rasa dan serta buah banyak..

      Hapus
  6. Memang kalo untuk anak anak mesti berwarna warni ya sajiannya..itu pancingan buat dia tertarik mencoba makanan yang disediakan..karena memang mood makan ini susah buat mereka, mutar otak kita sebagai orang tua hidangan apa lagi yang dia mau makan dengan lahap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini salah satu alternatif saja, banayk cara lainnya kok.. Makasih banyak apresiasinya ya

      Hapus
  7. Perlu banyak eksperimen juga ya untuk membuat dessert atau kudapan untuk anak yang ada buah utuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul.. semoga semua bisa makan makanan bergizi ya ..Makasih banyak apresiasinya

      Hapus
  8. Terima kasih tipsnya, Mbak. Kalau dicampur dalam bentuk potongan dan warna yang menarik gini bisa bikin anak semangat mencoba ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga berhasil ya.. kalau di rumah memang suka buah ..

      Hapus
  9. Setuju nih kalau anak susah konsumsi buah kita sbgai orang dewasa yang harus kreatif ya mengusahakan supaya anak mau konsumsi buah apakah buahnya di jus, diblender atau dibuat sajian menarik lainnya kalau gak gitu ya repot ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sedih juga kalau pada nggak mau buah..Makasih banyak apresiasinya ya

      Hapus
  10. Wah keren ulasannya. Bisa jadi ide tuk mommy yang punya balita nih. Makasih ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak apresiasinya ya.. semoga nanti balitanya juga suka buah

      Hapus
  11. Keponakan saya susah sekali makan buah-buahan. Pernah saya potong kecil dan tipis sekali agar tidak terlalu keliatan buah, saya selipkan di es krim. Berhasil. Walau dia nanya, ini apa, Tante? Hahaha. Saya kasih jus, ya ampun dia juga milih-milih banget. Padahal dia kecilnya sering sakit. Dan dokternya pernah kasih tau dia harus rajin makan buah. Yang belum pernah saya coba sepertinya mencampur buah dengan yoghurt dan susu. Kalau susu, keponakan saya doyan banget.

    BalasHapus
  12. Salut usahanya Mbak.. sepertinya bisa jadi 1 drama yang menarik nih..Makasih banyak apresiasinya ya

    BalasHapus