Kamis, 19 November 2020

Resep Pisang Molen Keju Murah dan Enak

Pisang Molen Keju


Molen adalah kudapan yang populer di Indonesia. Saya tidak tahu dari mana asal usulnya kue ini, bisa saja dia bukan kue asli Indonesia karena bahan baku utamanya adalah korsvet yang jarang ditemukan di Indonesia. Umumnya korsvet terbuat dari campuran lemak sapi yang dipadatkan dan diberi tambahan bahan lain.

Tidak perlu tahu dari mana asalnya, kue ini benar benar menggoda, memanjakan rasa dan mengandung kalori yang cukup banyak sehingga makan satu saja sudah terasa kenyang. Tapi bukan berarti bosan ya, Kalau perut masih cukup, rasanya makan lebih dari satu juga tidak masalah. 

Di Bandung ada toko kue yang cukup terkenal dengan sajian Molen ini. Beberapa wisatawan bahkan menjadikan Molen sebagai oleh-oleh khas Bandung. Kalau kita pergi ke dekat toko kue ini, bau harum Molen menyebar semerbak,  membuat kita makin tidak sabar ingin membawa sekotak Molen yang masih hangat dan baru. Variasi Molen juga macam macam, ada isi keju, pisang, coklat, dan lain lain. 

Korsvet yang merupakan bahan asli molen memang sulit dicari di Indonesia, padahal  Korsvet adalah bahan yang sangat tepat dan stabil untuk kudapan tepung yang  berlapis. Korsvet mungkin bisa diganti dengan bahan lain. Pengganti yang paling dekat adalah butter, tapi itupun masih termasuk sulit dan  mahal harganya di Indonesia. Akhirnya para chef rumahan banyak yang kreatif membuat resep Molen dari bahan yang lebih murah dan terjangkau: margarin. Resep ini sudah sangat banyak tersebar di internet, dan saya tidak dapat mencantumkan sumber aslinya karena memang tidak dapat dilacak lagi. Yang jelas saya sangat berterima kasih karena pembuat resep ini karena sudah membuat kami di rumah bisa menikmati kue Molen yang tidak kalah enaknya dengan Molen di toko kue. O,ya saya mengganti margarin dengan campuran mentega dan minyak goreng.

Ini resep molen yang biasa dibuat di rumah. Yang berbeda adalah bentuk molen yang dijalin berlubang lubang. 

Bahan

Bahan A:

  • 100 gr tepung terigu
  • 80 gr butter cair

    Aduk semua adonan. Adonan tidak bisa dipulung dan akan berbentuk selai yang agak kental. Sisihkan.

Molen adonan A

Adonan B:

  • 300 gr tepung terigu
  • 50 gr gula halus/gula kastor
  • 100 gr butter cair
  • 100 ml air dingin dari kulkas
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt soda kue 


Campur semua bahan, uleni dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Cara membuat


Ambil adonan B yang telah dibentuk bulat sebesar bola ping pong. Giling tipis, oleskan adonan A di atasnya. 


 

Lipat menjadi 3 bagian dan giling kembali. Lakukan selama 3 kali. 

 

Melipat adonan molen

Menjadi 3 bagian


Tipiskan

Bila ingin banyak lapisan, lakukan beberapa kali minimal 3 kali

Terakhir, giling tipis dan masukkan bahan isi yaitu pisang dan keju yang telah diiris. 

Potong bagian bawah seperti pada gambar

Gulung sampai semua permukaan tertutup

Letakkan dalam loyang.  Oles dengan campuran kuning telur dan susu kental manis.

Simpan dalam kulkas kurang lebih 30 menit agar bentuk molen tidak berubah. Panggang hingga berwarna kecoklatan kurang lebih 45 menit suhu 180 derajat celsius. 


Pisang Molen Keju

Pisang molen ini dapat disimpan beberapa hari dan masih terasa enak, namun lebih enak disajikan hangat. Kalau dimakan hangat, kriuk dan baunya masih sangat terasa. 

Apa ada perbedaan rasa dari Molen yang menggunakan korsvet dan bukan? Untuk mengetahuinya kita perlu membandingkan rasanya. Biasanya Molen yang dijual di Toko Kue memakai bahan korsvet. Kita bisa melihat dari komposisi bahan pembuatnya.

Terus terang, saya lebih suka Molen  dari resep ini daripada yang beli di Toko Kue. Molen yang terbuat dari Korsvet meninggalkan rasa lemak di lidah seperti kalau kita makan lemak daging. Mungkin ini disebabkan oleh bahan Korsvet sendiri yaitu lemak hewan yang tergolong pada lemak jenuh. Sementara Molen pada resep terbuat dari butter dan minyak goreng, tergolong lemak yang tidak sepadat lemak hewan. Kita bisa membuat kreasi bentuk sendiri dengan resep yang sudah ada. Bagi anak anak, bentuk yang unik dan lain dari yang lain membuat mereka bisa lebih bersemangat memakan kue.

8 komentar:

  1. Dududu ngilerrr saya. Saya suka pisang molen keju ... awalnya memang dikenal sebagai oleh2 Bandung ya ... lama-lama ada juga yang membuatnya di kota-kota lain, termasuk di kota saya.

    BalasHapus
  2. Molen tuh enak banget dimakan hangat-hangat berbarengan dengan minum teh hangat. Dulu dekat rumah ada penjual pisang molen enak. Tapi udah beberapa tahun ini gak jualan. Pernah ada langganan di tempat lain, tapi kurang suka soalnya meninggalkan kesan berminyak. Saya sukanya yang gak berminyak tapi kriuk gitu. Mungkin yang berminyak itu pakai korsvet ya.

    BalasHapus
  3. Saya suka banget pisang boleng yang di jual di Bandung itu dan sering beli oleh2 juga dari sana, baru tau bahan molen itu ada yang dari korsvet, tapi buatan yg jualan umkm lokal gak kalah enaknya koq

    BalasHapus
  4. Molen jajanan menyenangkan, abang saya suka banget nih makan molen, apalagi kalau dalamnya diberi cokelat..Wih nagih.

    BalasHapus
  5. Molen ini seperti kue bolen dengan citarasa lite kalo menurut saya mba. Hehe.

    Sejak SD panganan ini cukup laris menjadi jajanan anak sekolahan dengan variasi ukuran yang sesuai dengan harga jual.

    Molen gak lekang jd kudapan paporit sepanjang jaman. Sampai-sampai fase saya hamil putra ke-lima, ada kuliner yang sedang up di Medan bernama Molen Arab.

    Ukuran jumbo dan variasi rasa bikin banyak pengunjungnya.

    Oiya, supaya bagus menggilas adonan hanya menggunakan rolling pin apakah tetap oke dengan bahan diatas kak?
    Atau harus pake alat ampia?

    BalasHapus
  6. Sepertinya chef yang menemukan solusi dengan margarin itu adalah ibu-ibu deh, soalnya kan ibu-ibu gak pernah habis akalnya untuk bisa memasak enak

    BalasHapus
  7. mbak kalau di Surabaya itu bolen, kalau molen beda lagi, sama sih isinya pisang, menggunakan tepung terigu untuk kulitnya, yang pasti keduanya enak hehehe

    BalasHapus
  8. Tampilannya jadi kayak kue eropa :) Saya tuh kurang suka buah pisang, tetapi anehnya kalau untuk makanan yang berbahan dasar pisang malah suka, seperti molen ini.

    BalasHapus