Selasa, 22 Desember 2020

Memilih Pisau Dapur Sebagai 'Peralatan Perang' (1)

Pisau Dapur Itu Penting

Pisau dapur adalah salah satu perkakas dapur yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Pisau dapur, dapat diumpamakan seperti senjata ibu rumah tangga yang membantunya melaksanakan tugas di dapur. Kalau seorang prajurit memiliki pedang yang digunakan ketika berperang, seorang ibu menggunakan senjata pisau dapurnya hampir setiap hari untuk menyajikan makanan yang baik untuk keluarga di rumah. 

Ilustrasi dari https://www.dreamstime.com/woman-peeling-aubergines-cooking-vegetables-to-eat-healthy-mom-knife-her-kitchen-apron-onions-eggplants-image198449288

Masalah Akibat Pisau Dapur

Pisau dapur yang enak dipakai sangat membantu pekerjaan masak memasak dan mengurangi stres dan kelelahan para ibu ibu. Sebaliknya pisau yang tumpul, salah ukuran dan salah penggunaan akan menimbulkan ketegangan dan stres serta menghambat proses masak memasak di dapur. bayangkan jika harus memotong ikan, tapi pisaunya tidak tajam, kita bisa tergelincir dan terkena sirip ikan yang tajam. Atau memotong nanas, yang seharusnya bisa diselesaikan dalam waktu singkat dengan piasu tajam, menjadi lebih lama dan tidak sempurna.."ibu, nanasnya kok gatal dan masih banyak matanya sih? " itu mungkin komentar anak anak sebagai konsumen. Atau kaalu ada yang ingin membuat hiasan dari makanan seperti yang ada di internet, tapi gagal karena memang pisau tumpul tidak bisa menghasilkan bentuk yang cantik.

Pada gambar, paprika dapat dipotong dengan cantik...tetapi kenyataannya..                                https://knowyourmeme.com/photos/1739230-expectation-vs-reality#trending-bar


Pisau yang tidak tepat membuat pekerjaan dapur menjadi lebih lama, membosankan dan bahkan berbahaya. Menjadi berbahaya karena ibu ibu jadi tidak suka memasak dan merasa tidak berbakat sehingga lebih suka memilih makanan siap saji dan siap antar daripada memasak sendiri makanannya. 

Dari pertimbangan di atas, memang lebih baik kita membeli pisau dapur yang tepat... kalau tidak,  ibu ibu bisa jadi tidak betah di dapur dan dana untuk makan dan minum di rumah jadi membengkak karena hampir setiap hari memesan makanan jadi. Bisa juga dana yang ada digunakan untuk menghilangkan stres para ibu akibat proses masak memasak di dapur menjadi sesuatu yang sulit, hasil tidak maksimal dan waktu yang lama. 

Ilustrasi dari: https://www.istockphoto.com/vector/woman-in-the-kitchen-gm911720474-251017177

Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya rumah sakit akibat perlu merawat luka terkena pisau yang tumpul. Pisau yang tumpul dan kurang tepat memang dapat menimbulkan berbagai kecelakaan di dapur. Kalau kita menggunakan pisau tumpul, terkadang kita 'memaksa' pisau tersebut untuk melakukan pekerjaan yang sebenarnya dia sudah tak mampu. Kalau benda yang dipotong keras dan licin, kita bisa terpeleset dan pisau bisa mendarat di tempat yang tidak diinginkan tanpa sengaja.

Tapi perlu ditekankan juga, pisau yang bagus bukan berarti pisau yang harganya mahal. Kecuali kalau kita punya alasan yang tepat, sebaiknya kita hanya membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan. Bukan berarti pelit, tapi sesuai.. kalau masih ada lebih dari anggaran yang diperlukan, kita bisa sedekahkan kepada orang yang membutuhkan.

Survei Pisau Dapur Di Internet

Karena memang ingin yang terbaik, jadi pertama saya survei di Internet mencari pisau yang katanya baik. Kata kuncinya Chef Knive dan akan muncul bermacam macam pisau lengkap dengan harganya. Nggak perlu takut dengan 5 (atau bahkan 6) digit angka yang biasanya muncul di kolom harga. Kita perlu cek terlebih dahulu betulkan itu pisau idaman kita..

Apa yang paling penting dalam memilih pisau? Kalau saya tidak muluk muluk. Pilih yang tajam, awet, mudah dirawat dan enak dipakai. Saya tidak mempertimbangkan bentuk warna dan faktor ' cuteness' lainnya karena bukan tukang motret interior dapur dan pernak perniknya. Saya sudah sangat bersyukur kalau punya pisau yang membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat dan tidak menghabiskan waktu yang lama. 

Bahan Pisau

Berarti paling penting adalah bahan pisau. Dari berbagai bahan pembuat, akan muncul beberapa kategori pisau seperti: 

  1. Pisau Stainless steel.
    Pisau yang paling umum. Walaupun sebenarnya definisi stainless steel ini perlu diuraikan lagi, tapi kebanyakan melabelkannya dengan stainless steel saja. Ada stainless steel yang dicampur dengan logam lain agar lebih kuat, ada yang proses pembuatan stainless steelnya berbeda, dan lain lain. Chrome Stainless Steel misalnya, kemungkinan membuat pisau jadi tahan korosi dan karat karena Chrome memang memiliki sifat seperti itu. Dan harganya langsung melejit  karena pakai campuran ini.
    Di beberapa toko 'on line' tidak ada definisi lebih rinci tentang spesifikasi dan cara membuat pisau Stainless steel tersebut. Nah ini mungkin bisa menjadi masalah karena kalau beli ' on line' kita nggak bisa lihat langsung barangnya.
  2. Pisau dari keramik
    Ada juga ya pisau dari keramik.. terus terang belum pernah saya melihat pisau ini secara langsung dan hanya membaca ulasannya saja. Terbayang juga walaupun pisau ini ternyata nyaman dipakai dan tajam, menyimpan dan mengurusnya tidak semudah pisau logam. Keramik adalah bahan yang dapat pecah, walaupun sudah dipanaskan berkali kali, resiko itu tetap ada. Keramik juga dapat terpengaruh oleh suhu dan mengalami muai susut, kalau ini terjadi di luar batas kemampuannya, dia bisa pecah juga. 
  3. Pisau Stainless Steel Lapis Titanium
    Memang nggak kebayang punya pisau ini.. harganya selangit. Bahan ini biasanya dipakai untuk membuat pesawat jet...eh ada juga yang jadi pisau.Dia memang kuat dan ringan, tipis dan penampilan yang cukup keren.. mahal banget juga. Tapi walaupun kuat, dan tipis, dia bisa penyok juga kalau terkena benda keras. Nah sayang kan pisau harga selangit tapi jadi penyok.. Makanya dia jadi bahan pelapisnya aja, bahan utama tetap stainless steel.. konon dipilih titanium agar tidak  mudah tergores.. yang pasti kalau saya punya pisau seperti ini , akan jadi pajangan saja di rumah...nggak akan dipakai dan diasah.
  4. Pisau Damascus
    Pisau ini memang penampakannya luar biasa keren. Kalau difoto juga bagus sekali karena akan menampilkan pola yang cantik hasil dari 'folding' 2 logam yang dilakukan lebih dari 50 kali (yang dijual di toko 'on line' 63 kali). Teknologi membuat Pedang Damascus ini dilakukan karena pada zamannya, orang masih sulit membuat logam yang keras sehingga dibuatlah dengan cara menggabungkan 2 logam dan dengan teknik folding berkali kali, pedang menjadi lebih kuat. Sekarang kita sudah dapat membuat aneka logam yang lebih kuat dengan teknologi yang lebih baik. Jadi pisau Damascus ini lebih terkait dengan 'romantika masa lalu' yang memang gemilang di zamannya.

Nah masih banyak yang bisa saya ceritakan tentang memilih pisau ini.. Semoga kelak akan saya bahas lagi...

31 komentar:

  1. Menarik kalau lihat pisau yang digunakan chef ternama. Tampilannya pun berseni dan sudah pasti kualitas nya terjaga untuk mendukung proses memasak yang lebih efektif dan efisien. Thx infonya

    BalasHapus
  2. Di rumah hanya punya satu pisau tajam. Lainnya tumpul, gagang rusak, berkarat, sudah diasah tetap tumpul, dan untuk menyisik ikan.
    Sampai sekarang belum beli pisau baru gara-gara kapok. Ternyata susah cari pisau yang berkualitas di pasar jadi malas untuk sengaja cari lagi.

    Dulu beli pisau yang konon stainless steel dan gagang logam, sudah diasah tetap tumpul padahal awalnya tajam.
    Alhasil, saya malas sengaja cari.

    Ternyata tidak mudah beroleh pisau bagus. Tidak semua pisau setajam penampilan perdana.

    BalasHapus
  3. Saya penasaran pisau Damaskus dan pisau keramik itu seperti apa bentuknya. Kayaknya belum pernah lihat. Tapi bener, pisau tumpul itu ganggu banget kegiatan masak-memasak. Biasanya saya asah pisaunya pakai cobek ulekan. Lumayan manjurlah.

    BalasHapus
  4. Wah banyak juga ragam pisau ini ya, saya taunya hanya pisau stainless steel yang banyak di pasaran, mau beli pisau yang coatingnya hitam itu mahal karena sudah 1 set dengan perangkat yg lain

    BalasHapus
  5. ternyata belajar memasak itu, urusan pisau harus diperhatikan juga ya, ga boleh sembarangan karena memang bakal ngaruh banget ke hasil potongan sayuran gitu ya, dan saya baru tahu pisau juga jenisnya banyak

    BalasHapus
  6. Saya baru pertama kali dengar ada Pisau Damascus ini. Jadi penasaran kaya apa ya. Pisau ini emang paling essensial di dapur yaaa. Kalo lagi mau masak trs tau2 pisaunya tumbul itu langsung gak mood :(

    BalasHapus
  7. Kalau saya suka pisau dapur yang tidak begitu tajam untuk mengupas buah. Sepertinya berbahan stainless steil. Awet banget sudah bertahun-tahun dipakai masih kokoh.

    BalasHapus
  8. Pisau dari keramik berat gak ya? Baru denger jg pisau Damascus. Nice info mb. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya pisau dapur yg bagus harga standar apa ya mb? Ada rekomendasi?

      Hapus
  9. Membaca ini jadi malu. Soalnya saya ibu rumah tangga yang takut sama pisau tajam. Kalau gak terlalu tajam masih bisa dipergunakan, kenapa harus tajam banget ... begitulah saya. 🙈😁

    BalasHapus
  10. Kalau memasak itu membutuhkan pisau untuk memotong buah, sayur. Baru tahu ada jenis pisau berbeda yang penting manfaat membuat praktis

    BalasHapus
  11. Kemarin liat pisau set punya si kakak. Waaaah ternyata pisau set sepaket ala chef lumayan juga harganya.
    Tapi, sebanding dengan hasil yang diperoleh di dapur. Gak stress karena memotong bahan makanan kesusahan.

    BalasHapus
  12. Ternyata pisau dapur juga ada jenisnya ya. Kirain pisau itu ya pisau dari stainless steel yang biasa saya lihat saja. Penasaran banget sama rupanya pisau keramik nih jadinya.

    BalasHapus
  13. Stainless steel kayaknya deh yg di rumahku mbaa. Hehee.
    Emang nyebelin banget sih ngiris sesuatu tapi pisaunya tumpul itu. Biasanya aku langsung cari yg lain kalau udah tumpul gitu

    BalasHapus
  14. Terima kasih Mbak tipsnya. Nanti bisa jadi pertimbangan istriku kalau nyari pisau buat di dapur

    BalasHapus
  15. Eh ternyata milih pisau dapur harus sesuai peruntukan ya..selama ini kalau milih pisau asal tajam aja dan gak ngeh dengan bahan pembuatnya ..

    BalasHapus
  16. Pisau dapur pun ada surveinya ya mba. Hehehe. Tapi, it's true banget loh. Pisau dapur itu salah satu syarat utama saya bisa semangat memasak. Kalo pisaunya gak tajem, goyang pegangannya, atau gak pas di tangan, itu suka bikin saya ngomel-ngomel sendiri pas masak. Konon katanya kalo emak pas masak ngomel, masakannya jadi gak enak. Hehehe. Jadi double deh betenya.

    BalasHapus
  17. Ternyata perihal pisau pun ada jenisnya toh

    BalasHapus
  18. Sayang tidak ada gambarnya ya, penasaran dengan pisau keramik.
    Btw soal pisau, saya selalu bawa pisau buah, kemanapun kalau pergi. Dan itu sangat banyak manfaatnya...
    Pisau biasa saya simpan di tas ransel. Kalau gunting saya taruh dalam dompet

    BalasHapus
  19. Aku sukanya yang gede pisaunya buat ngerajang, atau ngupas enak daripada yang kecil kak. Kapan-kapan kasih gambar ya kak biar tau visualnya

    BalasHapus
  20. Saya pernah juga melihat ke rumah tetangga yang punya pisau super lengkap dengan berbagai bentuk dan fungsi. Biasanya memang paling enak yang tajam dan bisa cepat memotong atau mau mengupas sesuatu.

    BalasHapus
  21. kalau pisau yang sering kupakai sih, pisau yang agak besar buat motong enak aja. apalagi gampang

    BalasHapus
  22. kalau sudah menjadi ibu rumah tangga yang rajin banget bahkan setiap hari bolak balik ke dapur, urusan memilih pisau kayaknya menjadi hal yang sangat penting

    BalasHapus
  23. Saya punya set pisau keramik yang cantik dan tajam...
    hasil dari ngumpulin poin di mart mart itu.. hehehehe
    bahagia sekali pas memilikinya.. langsung dipake.
    walaupun belom dipake semua,

    BalasHapus
  24. Aku selalu amaze kalo melihat Chef lihat memainkan pisau saat mengolah makanan, nah kalo yang dipake Chef itu biasanya tipe pisau yang mana ya?

    BalasHapus
  25. Memilih pisau yang tepat buat dapur kita itu suatu keharusan ya kak.kalau pisau tumpul jadi males masak ya kak

    BalasHapus
  26. Kalau pisau dapurku mereknya Ox*** yang sudah satu set sama jenis pisau lain
    Saya setuju sama semua tips memilih pisaunya di atas

    BalasHapus
  27. Pisau dapur ini emang kalau nggak nyaman jadi bikin kalau ngerajang2 nggak mood juga ya haha jadi betul pilih yg sesuai kebutuhan. Penasaran lho pisau keramik itu kaya gimana, awet ga ya dibanding stainless

    BalasHapus
  28. wah ternyata ya, masak memasak juga jd urusan perpisauan hehe,,, saya mah apa atuh, pisau tumpul aja gamau pakai lagi mending beli baru timbang kudu ngasah wkwkwk

    BalasHapus
  29. Betul mba, pisau adalah salah satu gadget dapur yang sangat penting. Bayangin kalo punya pisau yang kurang memadai, pastinya bikin proses masak jadi terkendala dan tidak menyenangkan

    BalasHapus
  30. Bener banget pisau ini merupakan solusi juga biar memasak cepat dan nyaman.. saya udah nyoba pisau keramik lumayan awet dari yang lain.

    BalasHapus