Kamis, 19 November 2020

Resep Mini Taco Sayur Keju

Mini Taco Sayur Keju

Taco adalah makanan yang berasal dari Meksiko yang terbuat dari tepung jagung yang dapat dimodifikasi dengan tepung gandum. Taco adalah Street Food yang mudah ditemukan di Meksiko.

Ada banyak teori tentang asal usul kata Taco dan artinya. Salah satu arti Taco adalah "di tengah " (middle). Mungkin maksudnya menyisipkan anke makanan di bagian tengah dari kulit berbentuk bulat ini. Taco berbeda dengan roti yang menggunakan ragi sebagai pengembang. Jika tekstur roti empuk dan berongga, Taco cenderung padat dan mengenyangkan. 

Ada banyak sekali variasi hidangan isian Taco. Bisa berupa ayam, ikan, selada, keju, buah, krim, yang dapat disajikan sebagai makanan utama atau selingan. Mereka dapat disajikan dengan berbagai tambahan seperti  Krim asam dan aneka sayuran seperti kol, bawang bombai, tomat dan cabe.

Tortilla adalah kulit Taco dan banyak djual di supermarket. Walaupun Tortilla banyak dijual di pasar swalayan, kita bisa membuat sendiri kulit . Ini salah satu resep membuat Tortilla dan isinya.

Bahan 

  • 1.5 gelas Tepung terigu 
  • 1/4 sdt Garam 
  • 1/2 gelas air hangat 
  • 3 sdm minyak zaitun 
  •  3 butir Telur ayam 
  • 150 gram Keju  Cheddar  parut Secukupnya 
  • Bakso Sosis atau Daging asap untuk taburan 
  • 1 buah yang besar Tomat, iris berbentuk segitiga 
  • 1/4 buah Kol merah, iris halus
  •  1 buah yang besar Selada 
  • 1/4 sdt Merica bubuk 
  • 3 sdm Susu cair


Cara Memasak 

Buat Tortila. Campur air hangat, terigu, garam, minyak zaitun. Uleni hingga kalis. Bulatkan, giling tipis. Masak dalam pan yang sudah diolesi sedikit minyak hingga kecoklatan dengan api kecil. Sisihkan. 

Siapkan telur orak arik. Kocok telur, tambahkan garam, merica bubuk, susu cair, dan 75 gr keju Cheddar. Aduk aduk hingga matang. Sisihkan. 

Susun Tortilla, selada, telur orak arik, sayur, daging asap dan 75 gr keju cheddar yang sudah diparut. Lipat. Sajikan.

8 komentar:

  1. Mudah sebenarnya bikin kulit Tortilla ya kak. Kalo isinya manis gitu enak juga kali ya.. Sekali-kali isian taco dibuat kayak coklat banana keju gitu.

    BalasHapus
  2. Ide masakannya keren mba.
    Selama ini kalo kefikiran tortila selalu termindset cari kulit di swalayan. Cukup lumayan juga budgetnya untuk jadi cemilan harian.
    Pengen recook ah, biar bisa lebih ekonomis dan mengajak anak menyenangi proses pembuatan cemilan

    BalasHapus
  3. Sukaa lihat mastercheft australia dan ada yg bikin taco...yummy yaa pas laperr pulaa sore sore habis jemput anak sekolah (gusti yeni)

    BalasHapus
  4. Taco itu western food yaaaa. Tortilanya bisa beli jadi. Wkwkwwkk. Tapi taconya harus sedap nih bikin sendiri. Apalagi pakai keju.

    BalasHapus
  5. Baru tau saya ada Mini Taco Sayur Keju ini. Cantik ya, mirip burger tp lebih tipis Tortila ya. Boleh juga nih jadi alternatif menu kudapan yang bisa dibikin weekend ntar. Makasih ya Mbak, selalu ditunggu resep2 yg lainnya.

    BalasHapus
  6. Belum pernah cobain bikin Taco sendirii, kayaknya patut dicoba nih mbaa resepnya hihi.. dah gitu simple dan bergizi yang jelas ya mbaa

    BalasHapus
  7. menggodaaaa.. ih mudah nih bikinnya ya, lengkap jg nutrisinya, bisa nih buat bekal si kecil sekolah hihi

    BalasHapus
  8. Kalau dilihat lihat Taco ini sekilas mirip kebab, rasa pun hampir sama kayak kebab. Cuma taco itu versi mininya kebab

    BalasHapus