Selasa, 03 November 2020

Roti Yang Sudah Lama Harus Diapakan?

Roti Manis empuk


Jika kita memiliki roti yang tidak dimakan, apa yang harus dilakukan? 

Jika tidak akan dimakan, bisa disimpan

roti tersebut harus disimpan dengan baik. Ada beberapa cara menyimpan roti, disimpan dalam kotak roti pada suhu ruang, disimpan di kulkas atau disimpan di freezer. Menyimpan roti di suhu ruang sebaiknya jangan terlalu lama karena dalam waktu 3-4 hari akan tumbuh jamur. Cepat atau lambatnya tumbuh jamur tergantung dari kelembaban udara di tempat masing masing. 

Menyimpan roti di freezer lebih dianjurkan daripada di kulkas bagian bawah karena penyimpanan di kulkas menyebabkan  roti lebih cepat basi. Alternatif lain adalah menyimpan roti dalam suhu ruang selama satu hari lalu menyimpannya ke dalam freezer. Jika ingin mengkonsumsinya kita bisa menghangatkan roti dengan cara dikukus atau microwave. Roti akan kembali lembut dan teksturnya tidak terlalu berubah. 

Jika terlalu keras dapat dihangatkan

roti yang sudah satu hari lebih dibiarkan di luar mungkin terasa keras, untuk mendapat roti yang lembut, kita dapat mengukus roti yang sudah keras beberapa menit hingga roti terasa lembut kembali. Hal yang sama dapat dilakukan jika kita membuat roti dan hasilnya terlalu keras karena terlalu banyak terigu. Kita dapat mengukusnya sebelum memakannya. Kandungan air dari kukusan akan masuk ke dalam roti dan membuat roti menjadi lebih empuk. 

Bisa juga dimasak menjadi kudapan lain

Cara lain adalah mengolahnya menjadi makanan lain seperti puding roti, bagelen, bread stick, Carang gesing, canape,  bread crumb, campuran kroket, campuran bola bola daging, dan lain lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar