Jumat, 18 Desember 2015

Cara Membuat Black Garlic

Black garlic yang siap disantap di rumah

Beberapa Informasi Tentang Black Garlic


Black garlic  berasal dari bawang putih mentah yang dipanaskan dalam suhu kurang lebih 70 derajat celsius selama beberapa waktu sampai bawang berubah warna menjadi hitam.

Black garlic memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan bawang putih mentah . Rasa pedas menggigit pada bawang putih mentah tidak ditemukan pada black garlic. Black garlic terasa manis, hampir semanis kismis, dengan aroma bawang putih yang cukup kuat. Itu sebabnya beberapa orang menjadikan black garlic sebagai kudapan.

Manfaat black garlic untuk kesehatan hampir sama seperti manfaat bawang putih biasa, tapi ada yang percaya bahwa kekuatan black garlic 10 kali lipat dibandingkan kekuatan bawang putih biasa. Bahkan ada yang percaya kalau black garlic mampu menyembuhkan kanker.

Black garlic banyak dikonsumsi di Korea, Thailand dan beberapa restoran elit di Inggris dan Amerika.

Cara membuat black garlic 

Cara 1: 


  • Pilihlah bawang putih yang masih segar dan baru dengan siung bawang yang saling menempel satu sama lain dan tidak pecah pecah. Pastikan tidak ada bawang yang busuk atau berjamur. Kelembaban bawang yang dianjurkan adalah 70%.
  • Cuci bawang dengan kulit kulitnya, lalu keringkan bawang selama 6 jam atau lebih sampai betul betul tidak ada lagi air yang menempel. Periksa apakah bawang sudah betul betul bersih dan kering.
  • Simpan bawang putih ke dalam rice cooker, slow cooker, food warmer, fermenting box untuk menjalani proses pemanasan.
  • Dalam kotak fermentasi, atur suhu untuk 50-60 derajat celsius. Atur juga kelembaban 60-80% selama 10 jam. Setelah 10 jam pertama ubah suhu menjadi 71 derajat celsius dan kelembaban 90% selama 30 jam. Setelah 30 jam, atur suhu menjadi 80 derajat celsius dengan kelembaban 95% selama 200 jam. Pada 200 jam terakhir, black garlic selesai diproses.

Cara 2: 


Cara lain membuat black garlic adalah dengan menyimpan bawang putih yang siap diolah dalam toples tertutup yang diletakkan di dalam wadah tertutup rapat yang sudah dilengkapi dengan pemanas yang terbuat dari lampu pijar, atau benda pemanas lainnya.
 Sebagai kontrol kita bisa memasang sensor pemanas yang dilengkapi dengan tombol otomatis untuk menjaga agar suhu tetap stabil. Seluruh wadah dan sensor ini dapat kita masukkan ke dalam wadah yang lebih besar yang berfungsi sebagai kotak penyimpanan yang mudah dibawa dan dapat berfungsi sebagai insulator.

Cara ini yang sudah pernah dilakukan di rumah dan menghasilkan bawang putih hitam dalam waktu 2 minggu. Jumlah bawang yang dihasilkan tergantung dari kapasitas kotak yang akan dipakai. Cara seperti ini bisa menghasilkan black garlic dengan tekstur yang bervariasi, padat cenderung kering atau lembut dan agak basah. Keduanya dapat digunakan sesuai kebutuhan. Black garlic yang padat dan kering dapat digunakan sebagai bumbu tabur, sementara black garlic yang basah dapat digunakan sebagai bahan masak yang ditumbuk atau sebagai kudapan.


Beberapa hal yang harus diperhatikan jika menggunakan cara ke 2 adalah:

  • Kita harus mempertimbangkan faktor keamanan dari alat alat  yang bekerja, terutama alat pemanas agar tidak terjadi overheat atau korslet yang dapat mengakibatkan kebakaran.
  • Penggunaan kontainer yang tidak mudah terbakar dapat meningkatkan faktor keamanan. Kita bisa menggunakan panci bekas sebagai wadah yang berisi pemanas dan bawang putih. 
  • Kotak luar sebagai tempat penyimpan wadah yang sudah berisi bawang dan pemanas dapat juga diisi dngan benda insulator agar panas yang dihasilkan tidak ada yang terbuang.


  • Bawang putih yang diletakkan pada toples tertutup akan mengandung air yang dihasilkan dari uap akibat pemanasan.  Keluarkan air di dalam toples tertutup untuk menghindari tumbuhnya bakteri dan jamur, juga agar bawang tetap kering.
Black garlic dapat dijadikan campuran masakan tumis biasa, dicampur dengan kecap, dll. Dapat juga dijadikan bumbu tabur untuk popcorn, juga makanan kering lainnya.

38 komentar:

  1. Berarti untuk cara pertama 10 hari aja udah cukup ya? Di beberapa referensi lain mengatakan 40-90 hari... Terus ada versi lain yang mengatakan 25-30 derajat celcius. Itu bedanya apa ya?
    Mohon penjelasannya... Saya Lagi belajar bikin nih hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf saya juga terbatas pengetahuannya, saya hanya sempat menyaksikan cara ke 2 dibuat sendiri di rumah dan alhamdulillah berhasil. Hasilnya bawang berwarna kehitaman, masih bertekstur lembut dan ada rasa manis pahit sedikit, tapi rasa pedas agak hilang. Kalau lebih lama lagi bisa dibuat yang versi kering dan digiling. Kalau yang dipanaskan denagn suhu 25 - 30 derajat celsius belum pernah mendengarnya.. pada umumnya sekitar 60-70 derajat celsius.

      Hapus
  2. Pengalaman sy,membuat bawang hitam dgn cara membungkus bawang putih dgn aluminium foil tdk menjadikan bawang hitam yg lembut tp menjadi hangus dan pahit.

    BalasHapus
  3. Pengalaman sy,membuat bawang hitam dgn cara membungkus bawang putih dgn aluminium foil tdk menjadikan bawang hitam yg lembut tp menjadi hangus dan pahit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan itu terlalu lama diproses jadi bawang sudah terlalu kering dan keras sehingga pahit rasanya

      Hapus
  4. saya sudah buat tapi kenapa jadi keras ya, trus bawang putih jadi hitam cuma keras

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan waktu pembuatan terlalu lama atau suhu pemanasan terlalu tinggi sehingga jadi kering dan agak pahit

      Hapus
  5. iya saya juga begitu emang sih hitam cuma keras dan pahit

    BalasHapus
  6. Apakah garlic yg hasilnya keras masih bs di konsumsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diovern sebentar lalu digiling menjadi bubuk bawang putih hitam

      Hapus
    2. Diovennya berapa lama mbak ??

      Hapus
  7. Sy alhmdulillh hitam, rsany mnis, sdkit asam, enk lgi tpi knp ad teksturny yg keras sehingga mjn nya hrus digigit.. Klo hitam dn sdkit lembek lbih mudah di mknny. Klo yg keras itu sdkit butuh bntuan ggi.. Dsni sy btuh solusi bgaimna spya garlic sy tdk mngeras?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Garlic saya mengeras karena terlalu lama dipanaskan. Apakah mungkin itu juga yangterjadi pada anda?

      Hapus
    2. Saya bikin 12 hari warna coklat dan keras... katanya banyak kena udara kurang rapat, walau keras tetap aja saya konsumsi lha kan gigiku kuat

      Hapus
    3. Saya bikin 14 atau bisa 16 hari tidak mengeras... Hanya setiap 4 hari saya rotasi .. Yg bagian atas pindahkan kebawah ..dst nya

      Hapus
    4. Dan setiap lapisan saya bungkus kain atau tissue

      Hapus
  8. Black garlic saya kering dan keras, padahal baru 15 hari, mungkinkah pengaruh magic com nya terlalu panas?

    BalasHapus
  9. Cara membuat atau memasang alat control suhu tsb bagaimana caramya ya pak....,atau beli dimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menggunakan sensor pemanaas yang sudah jadi

      Hapus
  10. mhn pnjlsnya yg bnr bgmn mmbuat garlic mngunakn megic com..sy bkin dimpossi warm tp hsilny keras pdhl blm ad 1 mnggu .bgmn mngtr suhu ny.trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf belum pernah membuat denagn magic com

      Hapus
  11. Saya mau tanya.. Saya sudah buat bawang hitamnya tapi kenapa rasanya pahit dan tekstur bawangnya jadi keras?? Apa mungkin belum matang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah terlalu panas dan lama sepertinya, mendekati gosong

      Hapus
  12. Knp bawang hitam nya keras dan pahit? Sudah ku tunggu 30 hari di magicom. Bagaimana buat rasanya manis dan lembut?šŸ˜“

    BalasHapus
  13. Saya bikin pake magicom selama 15 hari, ternyata hasilnya kering dan keras, mungkin sama dengan beberapa temen yg lain. Tapi yang mau saya tanyakan, apakah masih aman untuk dikonsumsi? Karena saya takutnya itu sudah menjadi carbon / arang yang justru malah berbahaya jika dikonsumsi. Aman atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seeprtinya tidak berbahaya, saya masih mengkonsumsi bawang hitam yang keras - dan tidak terjadi apa apa dengan saya... karena tidak semua carbon berbahaya, tergantung dari proses pembuatannya, kalau dari hasil pembakaran biasanya memang tidak direkomendasikan.

      Hapus
  14. Saya jg bikin pakai magic com posisi warm... Setelah 1 minggu, sy cek sudah berwarna coklat tua, kering dan keras sekali. Rasa pahit dan rasa khas bawang masih kuat...., klo hasil ini sy kukus agar lembek lg apabisa? agarabisa dikonsumsi..

    BalasHapus
  15. Saya buat di magic com tapi baru 1 minggu warnyanya sudah hitam dan rasanya sedikit pahit...padahal posisinya di warm saja...apakah itu salah? Karena hanya hampir 1 minggu saja sudah berubah warna menjadi hitam dan sedikit pahit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya buat juga keras baru 10 hari. Tp ndak papa kok di konsumsi. Buat bumbu masak atau dimakan....khasiatnya jg katanya sama. Cuma rasa aja yg beda.

      Hapus
  16. Saya buat 1 Minggu enak kenyal manis, tp Krn sy kira kurang lama sy lanjutkan sampai 2 Minggu dan hasilnya pahit dan keras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba setiap 4 hari dirotasi ... Lapisan teratas pindahkan ke bawah..dstnya
      Dan tiap lapisan dibungkus kain atau tissue.

      Hapus
  17. Coba yg sudah sukses buat black garlic, mohon info spesifikasi rice cookernya. Yaitu Wattnya berapa saat Warming, keep warming atau.
    Bukan watt saat cooking (saat masak)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah coba kalau pake rice cooker

      Hapus
  18. Bawang putih hitam keras apa masih ada khasiatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang jelas saya masih mengkonsumsi yang hitam dan keras, khasiat mesti tanya yang lebih ahli

      Hapus