Rabu, 22 Agustus 2012

Tape Ketan Hitamnya Kok Aseeem??

Beberapa hari yang lalu saya membuat tape ketan hitam.

Banyak versi cara membuat ketan hitam di antaranya:
  1. http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=166
  2. http://hobimasak.info/resep-tape-ketan/
  3. http://simplekitchen.wordpress.com/2007/06/09/tape-ketan-hitam/
Dari resep resep dapat dilihat ada beberapa teknik memasak ketan untuk difermentasi, pertama tama si ketan direndam dulu kurang lebih 10 jam, lalu dimasak denagn cara diliwet, dikukus lalu disiram air panas dan dikukus diaron lalu dikukus kembali. Setelah itu si ketan didinginkan dan dihilangkan uapnya, baru diberi ragi dan disimpan dalam tempat tertutup atau dibungkus daun pisang atau plastik.

...setelah menunggu waktu fermentasi selama 3 hari akhirnya ketan yang disimpan sudah berbau tape dan siap untuk disantap....tapiiii kenapa rasanya aneh ya?? tape yang seharusnya manis dan asem asem segar terasa asem dan hambar saja, tidak ada rasa manis manisnya.....wah, sedihnya, ternyata tape ketannya gagal......sama seperti nasib seorang tukang masak yang ada di ncc ini : http://groups.yahoo.com/group/naturalcookingclub/message/344397

Karena penasaran, jadi terpaksa  saya cari berbagai info tentang tape ketan ini dari berbagai sumber terutama di google. Yang mau baca cerita lengkapnya silahkan buka link ini:
  1. http://www.scribd.com/doc/94121591/Pembuatan-Tape-Ketan-Hitam-Dan-Putih
  2. http://permimalang.wordpress.com/2008/04/11/mikrobiologi-dan-biokimia-tape/
  3. http://aguskrisnoblog.wordpress.com/2012/01/10/pemanfaatan-mikroorganisme-sebagai-salah-satu-upaya-untuk-pemenuhan-kebutuhan-pangan-masyarakat-indonesia-2/
Singkatnya si ketan hitam itu berubah menjadi tape karena ada ragi yang dapat menguraikan pati ketan menjadi gula dan alkohol serta berbagai aroma tambahan dari ragi tersebut. Ragi ini tentunya memiliki syarat agar bisa tumbuh seperti suhu yang tepat serta kebersihan alat dan tempat si tape. Awalnya ragi tersebut mengurai ketan menjadi gula, lama lama gula tersebut terurai lagi menjadi alkohol dan berbagai enzim lain.
nah setelah membaca sumber sumber ini saya membuat hipotesis tentang bebereapa penyebab gagalnya pembuatan ketan hitam diantaranya:
  • suhu tempat membuat tape ketan
  • peralatan yang kurang bersih dan steril
  • ragi tapenya sendiri yang bermasalah mungkin sudah tidak berfungsi atau takarannnya tidak sesuai dengan keperluan
Pembuatan tape ketan  ini adalah tape ketan yang keempat, tape ketan yang sebelumnya cukup berhasil alhamdulillah.....memang ada perbedaan proses pematangan beras ketan kalau yang sebelumnya diaron dan ditanak dulu yang ke empat ini cukup diliwet denagn air yang banyak. Jadi si beras tidak terlihat butirannya lagi...apakah mungkin karena hal tersebut tape ketan saya gagal?

Kalau mau tahu  ya memang perlu dicoba lagi.. tapi mungkin bisa masuk ke hipotesa ke empat bahwa proses pematangan beras ketan berpengaruh pada pembuatan tape. Bahkan ibu Fatmah Bahalwan menyebutkan di NCC kalau jenis beras ketan yang dipakai untuk membuat tape berbeda dengan jenis ketan yang dipakai untuk membuat bolu atau bubur..... berarti nambah 1 dugaan lagi....jadi untuk enghindari kegagalan pembuatan tape ketan, silahkan diperhatikan lagi:
  • suhu tempat membuat tape ketan
  • peralatan yang kurang bersih dan steril
  • ragi tapenya sendiri yang bermasalah mungkin sudah tidak berfungsi atau takarannnya tidak sesuai dengan keperluan
  • Proses pengolahan beras ketan 
  • Jenis beras ketan 

Ilustrasi tape ketan hitam di atas wadah daun pisang

 







23 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Gimn y... Memgolah tape ketan hitam yg terlanjur dibeli, tape ketannya keras...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rebus agak lama dengan air. Mungkin masih bisa dibuat menjadi bubur atau wajik

      Hapus
    2. Bisa juga dibuat menjadi wedang tape ketan.

      Hapus
  5. Bagaimana mengolah tape ketan item yg sangat asem agar dapat dimakan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah belum pernah terjadi pada saya, mungkin kreasikan saja menjadi roti ketan hitam. Nanti saya coba dulu ya

      Hapus
    2. Buat madu mongso bun. Saya cuci tape ketan berkali2 hingga tidak kecut lagi. Masak santan dan gula merah hingga mendidih. Masukkan tape ketan yg sudah dicuci. Masak hingga kalis bun. Bungkus seperti wajik kecil2. Enak banget lho

      Hapus
  6. Mau tanya klw tapex gagal apa bisa di olah kembali.atau gmna kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang dibuat menjadi madu mongso.. tapi saya belum pernah coba.. gagaknya seperti apa ya? terlalu asam atau keras?

      Hapus
  7. Kemaren buat tape ketan putih pagi hari.....ini sore udah jadi...udah berbau tape juga...udah keluar air tapenya...tapi kenapa ga manis sama sekali ya....kecewaaa.....mesti diolah jd apa ni biar ga kebuang

    BalasHapus
  8. saya beli tape ketan hitam di supermarket dekat rumah, rasanya enak cuman bau ragi yang sangat menusuk ke hidung, apakah ada cara untuk menghilangkan bau ragi agar tape dapat di makan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah mungkin kalau direbus atau dimasak menjadi makanan lain baunya jadi agak berkurang karena dicampur dengan bahan lain.. kalau saya memang gak masalah dengan bau tape..

      Hapus
  9. Kalau di masak tapenya, mati dong bakhteri baik di tapenya ya. Ga usah di rebus di blender dg susu + kental manis + susu bubuk + gula palem masukin frezer jadi ice cream tape ketan enak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tergantung untuk apa kita makan tape..kalau saya emang suka tape yang nggak dimasak agar bakteri baiknya nggak hilang.. tapi kalau ada yang nggak suka bau tape.. madumongso bisa jadi pilihan.

      Hapus
  10. Bun mau tanya aq pesan tape pulut hitam.tape ny masamm skli.gmn y cra ny biar rsa asam ny bsa berkurng.syng bngt klw hrus dbuang.tape ny bnyk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dimakan begitu saja kayaknya sulit membuang rasa asamnya, tapi mungkin kita bisa mengolahnya menjadi makanan lain seperti madu mongso, puding, eskrim tape.. tentunya menambah gula agar rasa asemnya dapat tertutup denagn rasa manis

      Hapus
  11. Saya baru pertama kali bikin tape ketan gagal total.... Sy rasa dr raginya Krn waktu sy pakai kayak udh lama dan gak aktif. Tp kpn2 sy mau bikin lagi smalai berhasil dan raginya mau sy ganti dgn yg lbh bagus dan baru.

    BalasHapus
  12. kalau raginya ngak aktif berarti ketannya nggak berubah ya? atau malah menjadi busuk? semoga berhasil pada pembuatan berikutnya.

    BalasHapus