Jumat, 18 Juli 2014

Membuat Tempe Bacem

 Asal Usul Tempe Bacem

Bacem adalah salah satu teknik masak memasak yang dilakukan nenek moyang kita di abad 19 untuk membuat makanan yanglezat dan tahan laam. Penggunakan gula merah menjadi ciri khas bacem karena denagn gula yang agak banyak, makanan menjadi tahan lama. Apalagi pada saat itu gula mudah didap[at karena rakyat sdedang mengalami masa tanam paksa  yang menghasilkan gula.
Tempe bacem ini awalnya dibuat sebagai alternatif hidangan yang murah dan menghemat minyak goreng. Tempe ini direbus dalam waktu lama dengan menggunakan kayu bakar sehingga tidak masalah jika dimasak dalam waktu yang lama. Jadi tempe bacem yanhg asli langsung dimakan dan tidak digoreng terlebih dahulu karena sudah cukup sedap. Ciri khas dari tempe ini adalah aroma bumbu yang sedap karena sudah meresap ke dalam pori-pori jamur tempe. Jika bumbu kurang sedap yang terasa adalah bau jamur tempe dan rasa pahit dari jamur tempe yang kurang cocok di lidah untuk disantap.

Tips Membuat Tempe Bacem

"Bau tempe dan rasanya tidak enak". Begitu komentar anak anak di rumah ketika mencoba membuat tempe bacem ini. Jadi saya terpaksa mencoba dan mencoba lagi memasak tempe bacem ini untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan lidah anak anak di rumah. Saya tidak memiliki resep khusus jadi banyak mencoba sendiri. Tapi saya banyak belajar dari kegagalan membuat tempe bacem ini sehingga ada beberapa hal yang bisa saya ceritakan antara lain:
  • Bau tempe dapat dikurangi dari cara memasak yaitu pastikan tempe matang sebelum diresapkan denagn bumbu dengan cara mengukus terlebih dahulu tempe yang akan dimasak dengan daun salam dan garam atau dengan menggoreng setengah matang lalu ditaburi garam.
  • Air kelapa dapat memberikan cita rasa tersendiri pada tempe bacem dan mengurangi rasa pahit akibat kandungan lysin yang terdapat pada tempe. Ganti air rebusan sebagian dengan air kelapa, tempe akan terasa lebih gurih
  • Pastikan tempe betul-betul terendam dalam campuran bumbu ketika memasak tempe agar bumbu bisa meresap ke dalam tempe. Masak dengan api kecil selama 2 sampai 3 jam agar bumbu meresap.
  • Gunakan bumbu yang banyak untuk mengurangi bau dan aroma jamur tempe rebus. Kalau tidak suka dengan bawang perbanyak saja jumlah garam dan gula merah. Untuk satu papan tempe ukuran panjang 30 cm x 10 cm saya menggunakan 1 bulatan gula merah, kalau kurang masih bisa ditambahkan.
  • Cara terakhir kalau masih belum memuaskan bisa juga dengan mengoreng tempe bacem yang sudah matang sehingga tempe akan terkaramelisasi dan terasa lebih sedap. Setelah saya menemukan bumbu yang pas saya sudah tidak terlalu sering lagi menggoreng tempe bacem karena tempe bacem yang direbus sudah cukup disukai anak-anak.

Resep

  • 1 papan tempe ukuran 30 x 10 cm potong panjang dan goreng setengah matang lalu bubuhi garam
  • 1.5  butir gula merah jika suka manis
  • garam secukupnya
Bumbu halus: 
  • bawang putih 5 siung
  • ketumbar 1 sdt
  • Daun salam 5 lembar
  • Lengkuas 1 ruas
  • Asam jawa 1 mata
  • Air kelapa  dari 3 butir kelapa

Cara membuat tempe bacem:

  1. Goreng tempe setengah matang
  2. Campur gula merah, bumbu halus dan daun-daunan ke dalam air kelapa, rebus hingga gula mencair. 
  3. Masukkan tempe yang sudah digoreng setengah matang. Pastikan seluruh tempe terendam. 
  4. Masak selama kurang  lebih 2 - 3 jam atau sampai air kering.
    Tempe Bacem yang sudah direbus

  5. Goreng
  6. Hidangkan
Tempe bacem bisa juga dihidangkan untuk bekal makan sekolah seperti ini: 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar