Sabtu, 19 Juli 2014

Variasi Resep Chocolate Chip Cookies Renyah Atau Chewy Mudah dan Cepat

Berikut ini adalah resep dan cara membuat kue kering 'chip cookie' hasil modifikasi.

Chocolate chip cookies
Awalnya resep ini dicoba oleh Mbak Arfi Binsted di New Zealand, lalu dimodifikasi oleh Mbak Lia di Surabaya dari modifikasi ini diutak-atik lagi oleh saya disesuaikan dengan selera dan bahan yang ada di rumah sampai akhirnya menjadi resep favorit keluarga. Kalau pada resep aslinya konon cookie ini legit dan chewy, jadi bukan seperti kue semprit atau kue kering tradisional lainnya. Yang saya sukai dari cookie ini adalah isi dari cookie bisa fleksibel dan tergantung dari selera kita. Awalnya hanya diisi chocolate chips, tapi setelah saya tambahkan kacang panggang ternyata enak juga. Mungkin kalau ditambahkan buah buahan kering bisa enak juga. Saya menambahkan kacang panggang untuk menambah asupan protein pada anak anak. Resep asli dari Mbak Lia dapat dilihat di artikel Recipe Review Fudgy Chocochips Cookies
 
Atau saya salin di bawah ini: 
 
Bahan:
175 g mentega, dilelehkan
1 cup brown sugar
¼ cup gula putih 
1 sdt vanilla essence
1 butir telur
2 cups tepung terigu
½ sdt baking soda
½ sdt garam
1 ½ chocolate chips (saya gunakan Nestle Milk Chocolate drops)
 
Cara:
1.Panaskan oven suhu 170°C.
2.Kocok dengan whisker leleh mentega yang udah agak dingin dengan gula, vanilla essence dan telur.
Masukkan tepung terigu, baking soda, garam, dan terakhir chocolate chips.
3.Sendokkan ke atas loyang yang diolesi mentega (saya pakai kertas roti supaya ga terlalu banyak menggunakan
mentega) dan panggang selama 12 menit.
4.Biarkan sebentar di atas loyang dan kemudian letakkan di atas rak supaya betul-betul mengeras.


Modifikasi Bahan

Penyesuaian bahan yang saya lakukan antara lain adalah:
  • Chocolate chip saya tidak menggunakan yang sudah jadi, tapi saya potong dari coklat blok sesuai selera sehinga bisa didapatkan potongan coklat yang lebih besar dan coklatnya lebih terasa. Menurut saya chocolate chip yang sudah jadi banyak mengandung coating sehingga tidak seenak coklat blok biasa.

    Lebih enak lagi jika sebelum digunakan coklat ini disimpan di dalam freezer terlebih dahulu.
  • Palm sugar saya ganti dengan potongan gula merah yang diiris halus. Jika suka bisa juga menambahkan gula pasir halus ke dalamnya karena gula palm itu sebenarnya berasal dari gula palem yang dicampur lagi denagn gula pasir (silahkan lihat sendiri pada komposisinya). Kita juga dapat bereksperimen dengan perbandingan gula pasir dan gula merah yang sesuai. Semakin banyak gula merah cookie akan semakin chewy, semakin banyak gula pasir maka cookie akan semakin kering.

    Potongan gula merah diiris halus
  • Butter saya kadang gunakan kadang juga saya ganti tapi bukan dengan margarine, dengan minyak goreng untuk alasan kesehatan. Penggantian ini menyebabkan kue lebih lembut, tapi lebih berminyak. Ini mengubah cara membuat cookie karena pada cookie butter dicairkan dulu baru digunakan sementara jika menggunakan minyak goreng maka cukup langsung dituang sesuai takaran.
  • Saya menambahkan kacang panggang kupas pada adonan.

    Kacang panggang kupas

Modifikasi Resep

Perubahan resep yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

Bahan
  • 150 cc minyak goreng (bisa ditambahkan butter leleh, silahkan cari perbandingan yang sesuai dengan selera)
  • 125 gr gula merah, iris halus
  • 25 gr gula pasir halus
  • 1 butir telur (60-70 gram)
  • sejumput garam
  • 250 gr tepung terigu dan 50 gr tepung kanji
  • 100 gr coklat blok iris kecil
  • 150 gr kacang tanah pangggang kupas, blender kasar
    Kacang tanah panggang setelah dikupas
Cara Membuat:

Timbang terigu sesuai kebutuhan. Terigu tidak perlu disangrai terlebih dahulu.

Menimbang tepung terigu

Sementara itu masukkan telur, minyak goreng leleh gula, merah dan gula pasir halus, ke dalam wadah, dan diaduk.

Masukkan terigu ke dalam campuran gula dan telur, aduk sampai rata. Masukkan coklat blok yang sudah diiris.
 

Setelah itu cetak adonan berbentuk bulat dengan sendok. Simpan kurang lebih 15 menit dalam kulkas, lalu panggang di oven dengan suhu 200 derajat celcius.

Mencetak cookies di loyang
Ada yang suka adonan kecoklatan sehingga cookie menjadi agak renyah, ada juga yang suka denagn cookie yang chewy. Jika suka dengan cookie yang chewy, cukup panggang selama 12 menit atau setelah cookie tidak basah di tengah.

Cookies yang matang

Ciri ciri lain pada kue sudah terbentuk lingkaran coklat, tapi permukaan cookie belum berwarna coklat. Bau coklat lebih dominan dibanding bau kacang pada tahp ini karena coklat sudah meleleh gula palem sudah meleleh, tapi campuran kacang pada cookie belum terpanggang ulang.

More cookies
Jika suka dengan cookie yang renyah dan denag pertimbangan agar cookie lebih awet disimpan, maka proses pemanggangan bisa dilanjutkan kira kira 5 sampai 10 menit lagi atau jika aroma kacang panggang sudah tercium dan warna cookie sudah berubah menjadi kecoklatan.

Cookies yang renyah

Selamat mencoba.

Cara Kilat Membuat Cookies Sehat dan Enak

O ya karena di rumah suka mengkonsumsi gula merah cair, saya memodifikasi kembali resep cookies ini menggunakan gula merah cair. Juga karena di rumah sering kehabisan coklat chip dan malas memotong coklat blok menjadi potongan kecil, saya mengunakan kismis sebagai isian.  Untuk menambah kandungan gizi, saya menambahkan bekatul bubuk kemasan. Cookies ini menjadi favorit di rumah karena bikinnya cepat, mudah dan rasanya Alhmdulillah enak.. menurut kami.

Resepnya adalah : 

 Bahan

  • 100 cc minyak goreng (bisa ditambahkan butter leleh, silahkan cari perbandingan yang sesuai dengan selera)
  • 100 ml gula merah cair
  • 25 gr gula pasir halus
  • 1/2 sampai butir telur (60-70 gram) karena biasanya saya membuat paling sedikit 2 resep, saya memakai 1 buah telur
  • sejumput garam
  • 300 gr tepung terigu dan 50 gr tepung kanji
  • 100 gr coklat blok iris kecil, kalau nggak ada, bisa diganti dengan kismis. 
  • 50 gram bekatul atau bisa diganti susu bubuk, santan bubuk, almond bubuk, dan lain lain
  • 150 gr kacang tanah pangggang kupas, blender kasar

 1 resep kurang lebih menjadi 18 buah cookies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar