Sabtu, 05 Juli 2014

Resep Kentang Goreng Mac Donald Renyah dan Lembut di Dalam Ala Serious Eat



Resep ini saya ambil dari blog serious eat seorang chef lulusan MIT yang suka memasak dan melakukan bebrapa studi tentang makanan.  Ceritanya bermula dari chef Kenji Lopez yang penasaran dengan kentang goreng Mac Donald. Konon dia belum pernah membuat kentang goreng seperti yang dibelinya di Mac Donald. Akhirnya dia melakukan satu penelitian yang tujuan menghasilkan kentang goreng seenak Mac Donald. Silahkan baca cerita selanjutnya di sini . Yang jelas karena jerih payahnya, resep kentanng goreng yang mirip Mac Donald tersebut dapat kita nikmati bersama.

Resep Kentang Goreng Ala Serious Eat

Bahan:
  • 4 butir kentang ukuran besar, kupas dan poong ukuran 0.6 mm x 0.6mm. Ingat, besar potongan sangat berpengaruh pada kentang goreng  yang dihasilkan. Kalau ukurannya seragam, matangnya kentang bisa sama dan kualitas kentang sama. Ukuran 0.6 mm adalah besar yang sanagt tepat untuk menghasilkan kentang yang garing di luar dan lembut di dalam. (Gunakan pemotong kentang jika ada agar proses memotong menjadi lebih cepat dan mudah).
  • 2 sdm cuka (saya menggantinya dengan jeruk nipis ) - setiap 10.95 air dibutuhkan 1 sdm cuka
  • Garam (Kosher salt)
  • 1.9 liter minyak goreng
Cara membuat:

Masukkan kentang dan cuka ke dalam panci, tambahkan 1.9 l air dan 2 sdm garam, didihkan kentang selama 10 menit. Angkat dan tiriskan selama 5 menit. Kentang akan menjadi lembut tapi tidak hancur..  Rebusan air yang ditambahkan asam dapat mempertahankan kandungan pektin pada kentang yang menyebabkan kentang tidak hancur. Seperti pada foto ini:

 
Goreng sepertiga bagian kentang selama 50 detik dengan api besar, tiriskan kentang selama 30 menit, simpan di freezer sekurang kurangnya 1 hari di dalam freezer.

Kentang yang siap masuk freezer

Ambil  kentang yang ingin digoreng secukupnya, goreng 3. 5 menit dalam api besar, angkat tiriskan. Bubuhkan garam secukupnya. Kentang siap dimakan.

Kentang digoreng sampai kuning keemasan
Pada gambar di bawah ini saya mencoba menggoreng kentang tersebut dengan panci deep fried. Gorenglah kentang sesuai selera.
Kentang digoreng sampai coklat

Tips

  • Pilihlah kentang yang baik. Jangan pilih yang sudah berwarna hijau atau mulai ada berkas coklat di dalam umbinya. Kentang seperti ini mudah gosong ketika digoreng karena kadar gulanya yang tinggi sehingga pada kentang yang dihasilkan akan terdapat berkas kecoklatan.
  • Mengganti cuka denagn jeruk nipis tidak ada pengaruhnya. Kentang tetap dapat digoreng tanpa hancur. 
  • Kentang yang disimpan dalam freezer menghasilkan kentang yang lebih garing dan struktur dalam kentang yang lebih lembut dan hancur. 
  • Menggunakan alat yang berbeda yaitu wajan biasa dan panci deep fried menghasilkan kentang yang berbeda. Pada deepfried kentang lebih mudah matang bersama sama tanpa harus diaduk dan dibalik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar