Kamis, 17 Juli 2014

3 Cara Memasak Bubur Kacang Hijau dan Tips



Memasak bubur kacang hijau tampaknya sederhana, namun terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan yang bergantung dari waktu, bahan dan alat yang tersedia.  Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

  1. Cara tradisional: memasak bubur kacang hijau adalah dengan merebus kacang hijau perlahan lahan dalam panci bersama sama dengan air, garam dan pandan sampai setengah empuk. Setelah itu baru masukkan gula merah dan rebus sampai empuk
  2.  Alternatif: dengan merendam dulu kacang hijau sebelum direbus sehingga kacang hijau lebih mudah lunak
  3. Cara lain yang lebih mudah dan cepat: dengan  merebus kacang hijau garam dan pandan di dalam panci presto sampai empuk, lalu masukkan gula merah dan rebus sampai hasil yang diinginkannya sesuai.

Perbandingan air dan kacang hijau

 Perbandingan air dan kacang hijau adalah 1 bagian kacang hijau berbanding denngan 6 bagian air.

Pemakaian gula

Ada yang suka memakai gula pasir saja, gula merah saja atau gabungan keduanya. Konon pemakaian gula merah dan sedikit gula pasir adalah campuran yang paling tepat. Sesuaikan dengan selera anda. Untuk yang memperhatikan kesehatan, hindari pemakaian gula pasir berlebihan.

Variasi hidangan bubur kacang hijau:

  • Biasanya kuah santan pada bubur kacang hijau tradisional dicampur denagn kacang hijau sehingga bubur tinggal disantap. Ada juga yang memisahkan santan dan bubur.
  • Ada juga bubur kacang hijau yang ditambah tepung beras dan tepung kanji agar bubur tidak terasa kasar di tenggorokan.
  • Variasi lain denagn menambahkan potongan nangka sebagai pengharum tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar