Sabtu, 19 Juli 2014

Resep Membuat Donat Super Empuk Dengan Telur

Donat dimakan dengan coklat hsngat

Lagi rame tentang betapa panjang umurnya si donat donat yang dijual di toko toko.... kalau di rumah sendiri dan di rumah beberapa kawan, gak akan panjang umur deh si donat... langsung deh dilahap nyam nyam nyam.....

Mau mau???? gak susah kok bikin donat sendiri...resepnya ku contek dari mbak Odillia Wineke.

Resep

Untuk menghasilkan 30 buah donat ukuran sedang, dibutuhkan:
  • 600 gram terigu protein sedang atau tinggi (aku cukup pake terigu curah).
  • 75 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 100 gram minyak goreng, mentega juga boleh kalau mau.( dirumah dah lama gak pake mentega, untuk beberapa kue basah, aku mengganti mentega dengan minyak goreng, ternyata kuenya lebih empuk biar beraroma tambahkan garam pada tiap penambahan minyak goreng).
  •  Ragi basah (nah ini memang beda denagn ragi instant, hasilnya lebih empuk, harum.... nyam...)
  • 4 kuning telur ( mau dikurangi juga boleh, pake 1 juga gak papa... tapi kalau pake 4, hmm donat jadi empuk dan gak keras biarpun udh nginep sehari... rasa telurnya bikin donat lebih gurih... jangan lupa cuci dulu telurnya ya..).
    Sedikit garam... untuk menambah rasa dan sebagai pengawet. Aku pake 1 sdt untuk 1 resep.
     
Cara membuat:

Pake mixer spiral, semua dikocok kocok kocok sampe tercampur.. dahulukan air gula ragi dan telur, masuk terigu, terakhir minyak goreng. Lama pengocokan fleksibel saja, pokoknya tercampur rata.... tapi konon semakin lama mengocok semakin banyak gluten yang terbentuk, rasanya bisa semakin gurih... ya, kira kira antara 5- 8 menit setelah adonan tercampur rata.

Diamkan 30 menit sampai adonan mengembang.

Lalu adonan kembali dikocok kocok beberapa menit.

Langsung dibentuk. Biar donat tengahnya empuk, adonan jangan dicetak terlalu tipis... beri ketebalan 2 sampai 3 cm kurang lebih agar donat dalamnya empuk dan lembab.

Diamkan lagi 15-20 menit, setelah terlihat donat mekar, masukkan donat dalam penggorengan (baiknya pake panci berpantat tebal agar api merata) yang sudah terisi minyak panas... deep fried. Kalau sudah cukup, balik 1 kali, tunggu, angkat dan tiriskan.. Untuk yang suka donat garing kriuk di luar, bisa menggoreng sampe warna coklat, untuk yang suka donat kulit empuk, sampe warna keemasan saja... balik cukup 1 kali agar donat tidak berminyak. Tiriskan kalau perlu di atas kertas penyerap minyak... siapkan untuk topping...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar