Sabtu, 19 Juli 2014

Panduan Membuat Bolu Panggang untuk Pemula Tanpa Bahan Pengempuk dan Pengembang

Percobaan membuat bolu sederhana tanpa bahan aditif pengembang, tekstur bolu cukup lembut, tapi bolu masih cembung ke bawah, kemungkinan besar karena jumlah takaran terigu yang kurang
Jangan takut untuk bikin bolu, gak sulit kok.Asal ada niat (jangan lupa, segala sesuatu berawal dari niat) ada ilmu dan ada sabar, Insya Allah, jadi.
Gak usah minder dan gak PD karena gak pake bahan pengembang dan pengempuk. Tuhan telah jadikan bahan bahan di alam ini bahan yang baik dan enak.
Jadi gimana caranya??

Panduan membuat bolu:

1. Pilih bahan yang berkualitas seperti:

  • Telur baru yang sudah dicuci dan dikeringkan serta memiliki temperatur sama dengan ruangan.
  • Gula pasir- lebih baik lagi kalau sudah diblender jadi mudah larut ketika dikocok
  • Tepung terigu protein rendah- kalau protein tinggi, nanti gak jadi bolu, jadinya roti. Kalau beli terigu curah, sebaiknya diayak dulu.
  • Bahan bahan pelengkap lain sesuai resep. Misalnya:
  • Butter - pilih yang buatan lokal , Insya Allah lebih fresh dan halal
  • Kismis dan buah kering- kismis kiloan banyak yang bagus, pilih yang besar besar
  • Coklat bubuk dan coklat blok, jangan main main dengan benda ini, kalau salah pilih: ada butiran kasar di coklat bubuk, coklat bubuk tidak memiliki aroma coklat, cenderung bau apek, kalau salah pilih coklat blok (biasanya kadar lemak tambahannya lebih besar dari coklatnya sendiri) rasa dan tekstur kue berubah, mungkin jadi dodol bukan kue bolu.

2. Siapkan bahan bahan dan alat alat

  • Siapkan semua bahan sesuai dengan takaran yang ada dalam resep.
  • Siapkan juga bahan bahan yang harus diproses lebih dahulu, misalnya coklat leleh sudah dilelehkan, jangan terburu buru... , kacang sudah dipanggang, kismis sudah direndam, butter sudah dilelehkan, dll.

3. Siapkan peralatan perang seperti:

  • Mixer, baskom, Spatula dan Ayakan
    Pastikan alat alat diatas sudah bersih dan kering. Mixer dan baskom harus betul betul bersih (bebas dari minyak dan lemak- kalau perlu dicuci menggunakan air hangat, cuka atau jeruk nipis serta sabun cuci).
  • Loyang
    Loyang sudah diolesi minyak dan ditaburi terigu sampai rata tapi tetap tipis khususnya pada bagian dasar. Biar gak sulit, pilih loyang yang tidak banyak lekuknya, atau malah loyang bongkar pasang. Kalau adonan mengandung banyak gula atau cair, biasanya mudah lengket. Untuk kasus ini lebih baik menggunakan kertas roti yang telah diolesi minyak.
  • Oven atau kukusan
    kenalan dulu sama ovennya ya, biar tahu posisi tepat untuk memanggang, juga lama memanggang.

4 Baca resep dengan seksama.


Ada adonan yang semua bahannya dicampur jadi satu terus dikocok bersama sama sampai mengembang. Contoh resep seperti ini adalah bolu kukus denagn air soda, bahkan tepung terigu ikut dikocok di tahap awal. Ada juga seperti butter cake atau pound cake, yang dikocok butternya dulu sampai putih, baru masukkan telur dan terakhir terigu. Ada juga adonan yang tidak memanfaatkan telur untuk mengempukkan bolu tetapi menggunakan baking powder. Ada bolu biasa dan chiffon yang mengandalkan gelembung udara yang ditangkap dari telur agar empuk sehingga telur dan gula dikocok terus sampai adonan kental berjejak.  Adonan kental berjejak memiliki ciri ciri adonan meninggalkan bekas di belakang pengaduk dan jika pengaduk diangkat adonan akan membentuk gelembung seperti jambul dan tidak mudah jatuh ke bawah (istilahnya jambul petruk ).

5. Kenali cara mengaduk ketika mencampur adonan dengan terigu

Untuk bolu chiffon dan bolu biasa yang mengandalkan telur untuk membuat gelembung udara pada telur, proses pengadukan menjadi penting. Jangan mengaduk seperti memegang cangkul atau mengaduk terlalu lama di tempat pengadukan yang sama. Tapi juga angan mengaduk terlalu cepat sehingga adonan kurang rata. Aduk searah tapi tidak mengulangi tempat adukan yang sama, balikkan adonan dari atas ke bawah agar terigu tercampur denagn rata. Jika adonan sudah arta segera masukkan ke dalam oven yang sudah disesuaikan panasnya agar gelembung udara tidak menghilang.

6. Kenali panas oven

Uji coba dulu oven anda denagn bahan lain sehingga anda mengenali bagaimana penyebaran panas dalam oven anda. bagi oven yang memiliki termometer panas, cara paling mudah adalah dengan melihat suhunya. Namun coba kenali juga bagian mana dalam oven anda yang paling panas suhunya. (Biasanya pada bagian tepi dan bawah).

7. Panggang sampai matang

Jangan lupa untuk memeriksa bolu apakah sudah matang atau belum

Resep yang bisa dicoba : http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/08/bolu-minyak-tanpa-pengempuk-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar