Minggu, 20 Juli 2014

Variasi Memasak Sayuran Sehat

Jika kekurangan ide memasak, berikut ini beberapa ide untuk memasak sayur:

Sayur Mentah 

Pastikan sayuran telah dicuci denagn bersih, kalau ada campurkan larutan pembersih sayuran ke dalam sayuran sebelum bilasan terakhir. 

Dimakan denagn aneka sambel


Sayur mayur bisa dimakan mentah sebagai lalapan yang dimakan dengan sambel. Sambel pelengkap lalap biasanya sambal bajak, sambal tomat atau sambal terasi.

Dimakan dengan bumbu kacang


Sayur mentah juga bisa dibuat karedok, sejenis lotek yang dicampur dengan kacang panjang, kol tauge, terong hijau, semua dalam keadaan mentah, kalau suka bisa juga membuat gado gado siram mentah.

Dimakan dengan aneka saus

Seperti saos mayones, saos selada  thousand island, saos selada husar.

Sayur Kukus

Ada yang merebus cukup dengan menceburkan sayuran ke dalam air mendidih, setelah itu diangkat, olesi dengan butter meleleh.

Hampir sama seperti sayuran mentah, sayur kukus  bisa dimakan denagn aneka sambel, saus seperti saos mayones, saos selada  thousand island, saos selada husar, bumbu kacang, bumbu urap, juga dengan beberapa hidangan berkuah seperti sambal tumpang yang berisi santan, atau gravy pada bistik.

Sayur Tumis dan Variasi bumbu sayur tumis

Cara menumis sayur yang baik adalah, tumis bumbu sampai matang dan harum, masukkan sayur, aduk rata dalam keadaan api besar, ketika terlihat sudah setengah matang, tutup wajan yang berisi tumisan dan masak dalam api kecil. Total waktu memasak sayuran agar tetap hijau dan tidak berubah kandungan vitaminnya adalah 7 menit,itu kata Shirley O Corriher, si pakar masak. Beberapa sayuran seperti bayam sosin kangkung akan berubah warna menjadi hitam jika terlalu lama dimasak juga rasanya akan berubah menjadi lebih pahit. Kalau buncis terlalu lama dimasak akan berubah warna dan mengeluarkan bau khas buncis yang terkadang kurang disukai.

Kalau ingin tumis sayur yang kental, masukkan tepung kanji yang telah dicairkan terlebih dahulu. Sayuran yang ditumis terasa lezat jika waktu memasak tidak terlalu lama dan disajikan dalam keadaan hangat. Kalau tidak ingin segera disajikan, tumis dalam keadaan setengah matang, lalu hangatkan kembali ketika akan disajikan.

Hidangan sayur ini juga bisa ditumis dengan berbagai variasi bumbu seperti bumbu tomat, bumbu santan, bumbu kari, lada hitam, dll atau dicampur denagn telur ketika menumis.

Sayur Sop


Sop ini adalah sajian yang hangat berkuah. Masukkan jenis sayuran yang keras terlebih dahulu seperti wortel atau buncis, sedangkan sayuran yang mudah empuk seperti kol brokoli, jamur, dapat dimasukkan kemudian. Periksa kembali berapa lama sebaiknya masing masing sayuran dimasak. Untuk brokoli cukup 2-3 menit saja, untuk wortel kurang lebih 5 menit.

wortel pelengkap sop

Aroma bawang daun, seledri dan merica dapat memberi aroma khas.

Aneka masakan sayuran tradisional

Beberapa variasinya antara lain sayur lodeh, sayur bobor, sayur asem, semur sayuran, juga bisa menjadi campuran pada gulai ikan, gulai daging, rawon daging.

Menjadi campuran hidangan mie, bihun dan pasta

Mie goreng, bihun goreng, kwetiaw makaroni schotel, lasagna,spaghetti, mie rebus kwe tiaw rebus dan bihun rebus atau mie siram bihun siram dan kwe tiaw siram.

Dicampurkan dengan Telur 

Sayuran dapat dicampur dalam telur menjadi telur dadar sayur quiche atau omelet.

Telur dadar bayam kentang

Dicampurkan dengan Tepung

Beberapa jenis sayuran dapat juga digoreng tepung, penganan tradisional seperti contohnya adalah Keripik Bayam.
 
Bisa juga menggoreng brokoli, wortel, sawi putih yang dipotong tipis tipis. Cara lain menggoreng dengan banyak tepung menjadi bala bala atau bakwan. Variasi bala bala sangat banyak, bisa diisi berbagai macam sayuran dari  jagung manis wortel kol labu siam, jamur merang, dll. Cara lain dengan membuat tempura.

1 komentar: