Kamis, 28 Agustus 2014

Bahaya Panci Teflon

Panci Teflon anti lengket
Panci Teflon (polytetrafluoroethylene, PTFE) ini adalah panci yang cukup diminati di pasaran karena dengan memakai panci ini kita dapat menggunakan sedikit minyak untuk menggoreng, tapi tidak lengket. Beberapa produsen mempromosikan panci ini bagi orang yang harus mengurangi minyak pada diet makannya misalnya orang yang berpenyakit kolesterol. 

Walaupun pada panci sudah dicantumkan cara memakai dan perawatan panci teflon, kita masih saja mendengar penyalahgunaan panci tersebut sehingga panci yang digunakan teflonnya rusak meleleh bahkan sampai terkikis dari permukaan panci. Berbahayakah hal tersebut? Ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan dan belum terjawab pada panci teflon ini, terutama yang berhubungan denagn kesehatan.

Teflon ini adalah bahan yang sangat licin. Nah, bagaimana pembuat panci dapat membuat Teflon (polytetrafluoroethylene, PTFE) untuk menempel pada bahan logam panci jika bahan Teflon sendiri tidak menempel pada sesuatu? Caranya dengan menggunakan bahan kimia yang benar-benar dapat menempel baik yaitu PTE (polytetrafluoroethylene).  Sayangnya, bahan PTE ini agak beracun, namun menurut produsen, zat itu tidak ada dalam produk yang dihasilkan. PTFE sendiri mulai berubah strukturnya ketika mencapai suhu 260 derajat celsius dan meleleh pada 620 ° F / 327 ° C (sumber: wikipedia). Kebanyakan panci teflon jika sedang dipakai memasak dapat mencapai di atas suhu leleh PTE. Daging digoreng pada suhu 204-232 °C (399 and 450 °F), dan minyak mulai berasap ketika suhu mencapai 260 °C. Itu sebabnya ada pembatasan-pembatasan pada penggunaan panci Teflon. Panci ini tidak boleh digunakan untuk membuat karamel, memanggang, dan sebagainya yang membutuhkan suhu pembuatan sangat tinggi. Konon pabrik DuPont menyatakan panci anti lengket yang dilapisi dengan PTFE akan baik-baik saja sampai temperatur 500 ° F / 260 ° C dan bahwa materi PTE tidak akan berubah sifatnnya sampai 660 ° F / 349 ° C. Namun, kita perlu berhati hati karena bahaya racun yang terdapat di dalam PTE, disamping itu, bau plastik yang terbakar, bukanlah bau yang disukai di dapur. 

Artikel lebih lengkap tentang teflon dan penggunaannya:  

Kalau memang perlu memiliki teflon pastikan kita sudah menggunakannya serta merawatnya dengan baik dan benar. Jika kita tidak mampu merawatnya, sebaiknya tunda dulu membeli panci ini kecuali jika memang tidak ada pilihan lain. Saya membeli panci teflon khusus untuk membuat kulit lumpia sendiri karena memang hasilnya berbeda denagn menggunakan wajan biasa (Artikel tentang Kulit lumpia goreng )

Memasak dengan panci Teflon anti lengket
Sumber bacaan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar