Sabtu, 19 Juli 2014

Tutorial Step By Step Membuat Kulit Kue Sus Dengan Cepat Yang Hemat Telur

Di bawah ini adalah resep adonan kulit kue sus yang hemat telur. Dengan hasil kurang lebih 25 buah  kue sus sesudah matang dengan diameter kurang lebih4.5cm atau 15 buah dengan diameter kue sus yang sudah matang 6 cm.

Dalam ilustrasi saya tidak membaut 1 resep, tapi beberapa resep, sehingga jangan takut kalau melihat jumlahnya yang banyak.

Resep Kue Sus

Bahan:

  • 2 butir telur
  • 100 gr butter cair (saya ganti dengan minyak goreng)
  • 200 gr air (bisa memakai air termos jika ingin lebih cepat)
  • 100 gr terigu
  • garam secukupnya.
  • 1/2 sdt soda kue

Cara Membuat:

  • Gunakan air termos sesuai takaran, masak air sampai mendidih, masukkan butter dan garam, masukkan terigu, aduk rata.
    Adonan kue sus yang sudah dimasak

    Dinginkan denagn menaruh panci berisi adonan ke atas panci yang lebih besar dan telah berisi air.
  • Sementara itu nyalakan oven, siapkan cetakan kue sus (Kalau tidak ada cetakan spuit, kita bisa juga menggunakan cookie maker untuk membuat kue sus berbentuk bunga atau kalau tidak ada cukup menggunakan sendok). Kalau masih ada waktu, buat adonan vla untuk isi kue.
  • Periksa kembali adonan kulit yang telah didinginkan, adonan terasa hangat jika disentuh dengan tangan. Jangan sampai terlalu dingin karena telur akan sulit bercampur. Kalau adonan terlalu panas, telur akan matang dan berubah sifat.

  • Masukkan telur satu persatu( jika sekaligus hasilnya lebih keras). Aduk dengan mixer atau food processor (hasilnya lebih lembut jika menggunakan food processor). Adonan sus yang menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi atau food processor akan menjadi cair dan agak sulit dibentuk. Speed yang rendah sudah cukup untuk adonan yang mudah dibentuk.

    Pengadukan adonan dengan telur secara bertahap
    Adonan terlihat lebih lembut
    Adonan siap dicetak
  • Cetak dengan spuit, bisa juga dengan sendok, jangan lupa untuk meninggalkan ujung lancip pada bagian puncak kue sus agar kue sus terlihat tinggi. Kue sus harus diberi jarak agar mengembang sempurna dan tidak menjadi kempes ketika sudah matang.
    Sus yang dicetak
  • Panggang di oven 200 derajat celsius yang telah siap. Jika ingin kue sus merekah sempurna, gunakan api atas sebentar saja hingga kue bagian atas merekah. Jangan terlalu lama dan terlalu besar menggunakan api atas karena sus akan gosong di bagian atas tapi masih mentah di bagian dalam. Api atas yang terlalu besar juga menyebabkan kulit akan mengembang sempurna di atas tapi bolong di bagian bawah sehingga tidak bisa diisi dengan vla.

    Api atas terlalu besar dan lama menyebabkan kue megngembung ke atas dan bolong di bawah sehingga sus tidak dapat diisi vla
  • Jika sudah merekah matikan api atas, lanjutkan pemanggangan api bawah dengan suhu sekitar 180 derajat celsius. Keluarkan loyang ketika kue berwarna kuning kecoklatan dan bagian luar sudah kering. (kalau masih berwarna pucat, kue akan kempes). Kue sus yang tidak kempes akan berwarna kuning kecoklatan secara merata. Bagian putih menandakan kulit belum kering dan bisa kempes.

    Bagian putih di tepi kulit yang terlalu banyak dapat membuat kue menjadi kempes ketika dingin


    Kue sus yang seluruh bagian kulitnya sudah berwarna coklat
  • Dinginkan di luar (jangan sampai tertinggal di dalam oven, kue akan kempes).
    Sus yang baru matang perlu didinginkan dulu sebelum masuk dalam wadah
    Sus ini terlalu dekat jaraknya sehingga tidak bisa mengembang sempurna
    Sus yang sudah dingin bisa dimasukkan ke dalam wadah
    Sus ini terlalu lama di oven sehingga terlihat lebih coklat dibanding yang lain
  • Semprotkan adonan isi dengan menggunakan kantong plastik segitiga.
Catatan:

Adonan kue sus ini tidak melebar karena mengandung terigu yang proporsional. Ada beberapa resep  yang menggunakan banyak telur dan sedikit terigu, hasilnya mungkin lebih empuk, tapi kemungkinan besar adonan melebar ketika dipanggang dan sulit dicetak. Jika hal ini terjadi dan tidak ingin merubah resep, kita dapat memasukkan adonan sebentar ke dalam kulkas, atau memanggang kue sus di dalam cetakan muffin.

Resep ini dapat digunakan untuk membuat kue sus kering. Kalau kue sus kering dicetak kecil kecil  kurang lebih ukuran 1 x 1 cm bisa denagn 1 kali pemanggangan, kalo yang besar 2 kali pemanggangan.

Sus bisa diisi dengan aneka vla dan custard seperti vla vanila, custard mangga, custard durian, whipped cream, dll. Untuk resep vla kue sus bisa dilihat di sini.

Artikel lain :
http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/08/5-jenis-kegagalan-kue-sus-kemungkinan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar