Sabtu, 06 September 2014

Resep Membuat Vla Kue Sus

 Ini adalah resep hasil modifikasi saya yang tidak terlalu suka vla yang manis, jadi jika anda menyukai gula mungkin bisa menambahkan sedikit lagi gula pada takaran anda. Resep vla ini saya buat agak keras agar lebih tahan lama. Jika suka vla yang lebih cair, jumlah tepung maizenabisa dikurangi sebanyak 10 gram. Saya juga telah memodifikasi bahan dan cara membuatnya menjadi lebih sederhana. Untuk membuat kulit kue sus, silahkan lihat di sini.

Bahan:
  • 75 gr gula pasir
  • 250 ml susu
  • 30 gr maizena, catatan: jika suka vla yang lebih cair, tepung maizena bisa dikurangi.
  • 2 kuning telur
  • 1 sdm butter


Campurkan 50 cc susu, maizena dan kuning telur, aduk rata, sisihkan. Masak 200 cc susu dengan gula pasir sampai seluruh gula mencair. Matikan kompor, masukkan campuran maizena telur dan susu, aduk rata. Nyalakan kompor dengan api kecil, aduk kembali adonan vla, kalau perlu menggunakan whisker. Jika adonan sudah meletup letup, matikan kompor, masukkan butter, aduk cepat dan sisihkan. Vla sudah siap, bias langsung digunakan setelah dingin atau dimasukkan ke dalam lemari es. Insya Allah dalam waktu 3 hari vla masih dapat digunakan.

Jika vla terlihat agak keras dan kurang sesuai, kita masih bisa menambahkan sedikit cairan ke dalamnya. Caranya, campurkan sedikit adonan yang sudah jadi ke dalam cairan yang akan ditambahkan, aduk rata, masukkan ke daalm adonan  yang sudah dimasak. Nyalakan api, aduk rata, tunggu hingga meletup letup, matikan api. Vla ini sebaiknya langsung disimpan di lemari es ketika sudah dingin. Vla tidak dapat dihangatkan dan diaduk setelah jadi karena akan mengurangi kekentalan dan sifat adonan.

Catatan: 

Kita bisa menambahkan aroma lain dalam vla seperti kopi, sari buah dan lain lain sesuai selera. saya pernah menambahkan kopi ke dalam vla seperti ini: 


Artikel lain tentang kue sus:
http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/08/5-jenis-kegagalan-kue-sus-kemungkinan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar