Minggu, 31 Agustus 2014

Memasak Sayuran Berdaun Hijau Yang Sehat


Sayuran hijau adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung vitamin dan zat besi sehingga sebaiknya menu sayuran hijau ini dimasak setiap hari khususnya untuk balita dan anak anak karena sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak, juga berguna untuk orang dewasa. Sayangnya tidak semua orang suka dengan sayuran, apalagi sayuran hijau karena ada eberapa sayuran yang memang terasa agak pahit jika dikonsumsi. 

Dulu sekali saya kurang suka dengan sayuran karena rasanya pahit dan lembek.... ternyata itu disebabkan karena saya memakan sayuran yang sudah terlalu lama dimasak. Jika sayuran terlalu lama dimasak, kita hanya mendapatkan manfaat serat saja di dalam sayuran tersebut sementara kandungan lain yang terdapat di dalam sayuran hilang. Sayuran hijau yang terlalu lama dimasak akan menimbulkan rasa pahit yang kurang disukai lidah kita. Tapi ada juga orang yang tidak suka dengan sayuran yang dimasak setengah matang atau malah dimakan mentah, padahal ada beberapa makaann tradisional kita yang menggunakan sayuran mentah dalam masakan misalnya karedok. Yang perlu diingat jika kita ingin membuat masakan dari sayuran mentah, pastikan bahwa sayuran itu sudah bersih dengan cara mencuci terlebih dahulu sayuran tersebut dengan sabun khusus sayuran untuk bilasan sebelum bilasan terakhir. Jika memungkinkan, dan sayuran terlihat mencurigakan, seperti kotor, ada binatang kecil seperti keong atau ulat, bersihkan terlebih dahulu satu persatu sayuran dari binatang kecil itu, cuci bersih dengan menggunakan sabun dan bilas kembali. Lalu masukkan sayuran ke dalam air mendidih sebentar saja sebelum diolah.

Sayuran hijau sendiri ada bermacam bentuk dan jenis. Jenis berdaun seperti sosin, keciwis, bayam dan kangkung. Jenis batang seperti kacang panjang dan buncis. Jenis bunga seperti brokoli. Untuk sayuran tumis, sayuran berdaun hijau tidak ada masalah, tapi untuk sayuran batang dan bunga, pastikan potongan batang atau bunga seragam saat memasak sehingga sayur dapat matang bersama sama. Jika ingin mengambil batang dari sayuran berdaun, masaklah terlebih dahulu karena batang lebih keras dan lebih lama matangnya dibanding daun.

Sayuran berdaun ketika dicuci akan mengandung lebih banyak air sehingga tidak perlu lagi menambahkan air ketika menumis sayuran berdaun atau sayuran anda akan menjadi sop. Tumis bumbu sebelum sayuran dimasukkan (biasanya bawang putih dan bawang merah) sampai menjadi layu dan tidak berbau bawang mentah.  Masukkan sayuran berdaun dengan api sedang, bolak balik dengan cepat, ketika sayuran sudah berwarna hijau berkilau, tambahkan bumbu seperti merica, boleh juga bubuk kari, bawang goreng, bubuk cabe, atau taburan kacang atau apa saja yang anda sukai. Aduk sebentar saja, jika sudah terlihat layu matikan api. Untuk sayuran berdaun yang lunak, hindari menutup sayuran karena ini akan emnyebabkan sayuran terlalu panas dan warna hijaunya beribah menjadi kehitaman. Jika suka setelah matang, sayur bisa ditambahkan butter atau minyak zaitun utnuk menambah aroma.

Artikel lain tentang sayuran sehat:
http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/07/ide-memasak-sayur.html
http://dapur-harmoni.blogspot.com/2012/11/memasak-sayur-tanpa-bawang-putih.html
http://dapur-harmoni.blogspot.com/2012/04/memasak-sayuran-yang-benar.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar