Sabtu, 24 Oktober 2015

Resep Sus Maker, Review dan Modifikasi Tanpa Bahan Aditif

Sus maker yang sudah dimodifikasi

Walaupun namanya sus, kue ini berbeda sekali denagn kue sus yang berasal dari Prancis yang bernama Choux Pastry. Choux Pastry memiliki kulit yang renyah dan lembut di dalam dan terasa asin, sementara sus maker adalah kue bolu yang agak manis dan berisi daging dan benda benda lain seperti sayur yang asin rasanya. Kue ini cukup populer di tahun 80an dulu.

Resep Sus Maker ini berasal dari Emma Rumawas di grup Facebook Langsung Enak

Bahan Isi:

Bisa isi apa saja sesuai selera, namun jika ingin yang menggunakan sayur, resep ini bisa dicoba:

  • 1bh wortel sedang – potong kecil dan halus
  • 10bh baby buncis kecil – potong halus
  • 1bh bawang bombay sedang – potong halus
  • 2bh sosis – potong kecil-kecil, bisa diganti dengan daging cincang, atau aneka sayuran seperti kentang, jagung, bawang daun, seledri, dll sesuai selera.
  • Minyak
  • Garam
  • Merica
  • Pala
  • 1sdm tepung dicairkan dengan 50ml air

Cara Membuat:


Tumis bawang dan bumbu lain dengan sedikit minyak hingga harum, tambahkan sedikit air, masukkan sayuran, tunggu hingga empuk, kecilkan api, masukkan tepung yang sudah dicampur dengan air, masak hingga matang dan meletup letup.

Bahan Bolu Untuk Kulit Luar Sus:


  • 5 bh kuning telur
  • 3 bh putih telur
  • 50gr gula pasir
  • 1sdt peres SP (tidak perlu digunakan)
  • 75gr tepung protein sedang
  • 10gr susu bubuk
  • 1/2sdt baking powder
  • 30gr margarine – lelehkan, bisa diganti dnegan minyak goreng

Cara Membuat:

  • Kocok semua telur hingga mengembang bersama gula pasir dan susu bubuk
  • Masukkan margarine leleh, masukkan terigu sedikit demi sedikit dengan teknik aduk balik.
  • Masukkan dalam cetakan cupcake setengah bagian. 
  • Tuang adonan isi, tuang kembali adonan bolu, taburi dengan keju parut jika suka. 
  • Panggang dalam panas 180 derajat celsius hingga matang.

Review resep


Secara umum, resep ini cukup disukai anak anak di rumah, karena terlalu suka, setiap saya akan dokumentasikan, kue ini sudah menghilang dari piring saji. Bolu yang dihasilkan dari resep ini agak kering, beremah banyak dan entah apa sebabnya menurut saya kurang empuk. Saya juga menggunakan abon sapi sebagai isian karena selalu tidak sempat untuk membuat adonan isi sesuai resep. walaupun di rumah anak anak sudah cukup suka, saya masih penasaran ingin memodifikasi resep tersebut dan melihat apakah ada perubahan setelah modifikasi.

Modifikasi resep

Ada sedikit modifikasi yang saya buat pada resep ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai selera saya.

Cara membuat bolu saya ubah. Pada resep asli, pengocokan telur dilakukan bersama sama hingga mengembang. Ketika saya melakukan cara ini, tekstur bolu kurang memuaskan karena menjadi terlalu padat dan kurang spongy. saya tidak tahu apakah ini terjadi karena saya tidak memakai bahan pengembang seperti sp dan tbm, atau karena pengocokan yang belum maksimal, atau cara mencampur terigu dan kocokan telur yang kurang tepat.

Lalu saya mengubah cara membuat bolu. Kuning telur dan putih saya pisah. Putih telur saya kocok hingga kaku dan dicampur dengan gula halus. Sementara kuning telur saya campur dengan minyak goreng, susu bubuk , baking powder, dan garam. saya juga menambahkan 3 sendok makan air ke dalam adonan agar bolu  yang dihasilkan lebih lembab. terakhir saya mencampur terigu ke dalam campuran kuning telur dan mengambil adonan putih telur yang sudah kaku ke dalam adonan terigu sedikit demi sedikit dengan mengunakan whisker. Ketika putih telur bertambah banyak, saya melakukan pengadukan denagn teknik aduk balik. Hasil kue modifikasi ini lebih lembut, empuk, lembab dan cukup spongy, walaupun masih cukup banyak remah.

 
Sus maker masih agak beremah ketika dipotong

Tekstur sus maker cukup lembut

2 komentar:

  1. Ingat pertama bikin kue ini bareng ibu. MasyaAllah... Resep jadul selalu enak dan membangkitkan nostalgia. Ijin share ya mbak. Terima kasih resepnya. Jazaakillaahu khoyron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mbak Dian, baru sempat balas commentnya...sudah saya tambahkan sedikit tulisan tentang sus maker. terimakasih sudah mampir.

      Hapus