Minggu, 17 Agustus 2014

Memasak Makanan Lezat Tanpa MSG

MSG atau monosodium glutamate sering dipakai sebagai penyedap masakan, namun demikian ada orang-orang yang mengalami masalah kesehatan jika mengkonsumsi MSG.

Pertama yang perlu disepakati bersama adalah caara hidup sehat. Jika kita sudah sepakat baru bisa mencari bagaimana makanan yang sehat bisa didapat. Sebenarnya buat orang yang tidak pernah menggunakan MSG, masakan yang dimasak denagn baik dan benar akan terasa nikmatnya, namun untuk orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi MSG, menikmati makanan tanpa MSG akan terasa sulit/hambar. Tapi jika dbiasakan lama kelamaan kita akan dapat menikmatinya juga, bahkan orang yang sudah biasa makan tanpa msg akan merasakan kejanggalan jika dalam makanan yang dia konsumsi menggunakan msg.

Berikut ini beberapa tips untuk menghasilkan makanan yang lezat tanpa MSG:
  • Gunakan penyedap rasa alami yang terdapat di alam seperti berbagai macam kaldu, tomat, bawang bombay, dan bawang lainnya, ebi kering atau teri medan kering yang ditumbuk sebagai penyedap, atau berbagai makanan yang menggunakan santan (gunakan santan asli yang lebih sedap dibanding santan kemasan).
  • Beberapa sayuran juga memiliki kadar glutamat alami seperti jagung manis (termasuk bonggol jagungnya) , jamur, kentang, dll. Benda ini bisa ditambahkan pada sayuran tumis atau sop.
  • Masak denagn benar, artinya masak sayur dalam waktu yang tepat sehingga vitamin tidak ada  yang hilang, masak daging dalam api kecil sehingga tidak banyak aroma dan rasa yang hilang.
  • Gunakan butter sebagai penyedap tambahan pada bahan makanan yang ditumis atau dikukus.
  • Pakai jumlah garam dan gula yang tepat takarannya. hati hati kadar gula dan garam yang banayk mungi lebih terasa nikmat namun bisa berbahaya juga untuk kesehatan
  • Taburi bawang goreng, atau bumbu tambahan lain seperti belendo (bubuk kelapa yang dihasilkan dari pembuatan minyak kelapa). poya yang dpat dibuat dari kelapa yang dikeringkan dan ditumbuk, bawang putih goreng kering yang ditumbuk atau ebi dan teri medan yang ditumbuk.
Tomat, yang dapat menyedapkan masakan

Bawang bombay


Referensi
  • Sumber foto tomat dari https://id.wikipedia.org/wiki/Tomat
  • Bawang Bombay https://en.wikipedia.org/wiki/Yellow_onion

Artikel lain: http://dapur-harmoni.blogspot.com/2012/11/memasak-sayur-tanpa-bawang-putih.html

7 komentar:

  1. MSG kalau dikonsumsi berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk jangka panjang. Memang harus pintar2 meracik bumbu rempah rempah nya. Bagus ulasannya

    BalasHapus
  2. Benar mba sebenarnya tidak perlu tambah msg sudah enak, saya suka memasukkan irisan tomat dan daun bawang ke dalam makanan berkuah atau tumisan jadi tambah enak gak perlu tambahan rasa lagi

    BalasHapus
  3. Bawang bombay ternyata bisa sebagai penyedap alami. Pantesan suka terasa beda jika bubuhkan bawabg bombay ke dalam masakan.
    Kalau rebon apakah disangrai keting dulu lalu ditumbuk halus dan dimasukkan ke dalan wadah yang tertutup rapat? Saya suka pakai rebon untuk bikin nasi goreng.

    BalasHapus
  4. tipsnya cocok banget niy mba buat aku yang meminimalkan makan makanan yang mengandung MSG, bisa jadi referensi, sayangnya taburan bawang goreng belum begitu saya suka, tapi kayaknya wajib dicoba buat nambah rasa sedap alami

    BalasHapus
  5. Sejak kuliah aku udah free MSG, alhamdulillahnya setelah menikah suami jadi ikutan makan yang bebas dari MSG karena aku yang masak, jadi gak pisah-pisah makanan. Anakpun ngikut rasa kita. Hehe, kalo makan di luar, contoh:kondangan.anggap aja itu lagi refreshing.

    Lama-lama aku jadi belajar dan paham dan bukin MSG alami dari tomat, seledri, dll.

    BalasHapus
  6. Waaah kebetulan sekali, saya tipe yang suka makanan tanpa msg. Walau sesekali cheating juga. Wkwkw. Tapi memang beda ketika badan sudah terbiasa dengan yang non-msg, lalu makan makanan msg. Omong-omong, ebi kering ditumbuk itu baru tahu saya bisa jadi bumbu juga. Nyoba ah. Itu bisa buat masakan apa ya, Mbak?

    BalasHapus
  7. Setuju mbak. Saya juga sudah mulai meninggalkan MSG. Kalau beberspantahun lalu sih sudah mulai pake penyedap rasa dari jamur. Gak kalah gurih kok sama MSG.

    BalasHapus