Minggu, 10 Agustus 2014

Cara Memilih Resep di Internet Untuk Pemula

  Jangan takut jika anda tidak bisa memasak atau tidak pernah memasak. Memasak adalah sesuatu yang dapat dipelajari dan dipraktekkan. Rajinlah berlatih dan mencari informasi yang dibutuhkan lewat berbagai media. salah satu informasi penting yang akan didapat di internet adalah mencari resep. Di bawah ini ada beberapa tips memilih resep.

Kumpulkan Beberapa Resep

Jangan langsung menjiplak dan mengikuti resep pertama yang Anda temukan. Resep harus diperlakukan sebagai referensi, terutama jika Anda memasak hidangan yang Anda belum pernah dibuat sebelumnya. Ambillah contoh resep lebih dari satu dan pelajari terlebih dahulu resep tersebut. Pilihlah website yang dipercaya seperti detik food, sajian sedap, femina, tabloid nova, atau website milik chef terkenal atau website pribadi yang sudah terkenal di internet. Berhati hatilah terhadap resep yang dicopy paste denagn sembarangan karena bisa menyesatkan.

Cari resep yang dipahami, pelajari bagian terpenting dari resep

 Carilah bagian bagian yang terpenting dari resep yang menentukan keberhasilan resep seperti kapan mengocok adonan, apa saja yang harus dicampur terlebih dahulu, berapa besar panas oven, dll. Contohnya jika membuat martabak manis, pelajari dahuuo dengan apa adonan dapat membentuk gelembung, apakah dengan ragi atau baking soda, periksa kembali denagn teliti berapa takarannya. 

Pilih bahan yang mudah didapat dan murah

 Untuk pemula, carilah bahan bahan yang sederhana, mudah didapat dan tidak terlalu banyak jenisnya. Hal ini dilakukan  agar resep lebih mudah dikerjakan. kalau bisa hilangkan dulu bahan bahan yang tidak terlalu penting dan mahal. Atau buat resep dalam jumlah yang sedikit jika bahan mahal tidak dapat dihindari. Misalnya jika membuat donat, jangan dulu membuat topping yang mahal jika masih belum bisa membuat donat dengan baik dan benar. Tapi jika ingin membuat brownis kukus coklat, jangan menghilangkan coklat dari resep karena akan menghilangkan ciri khas resep tersebut. Alternatifnya, buatlah resep dalam jumlah kecil misalnya setengah atau seperempat resep.

Contoh kasus

Mari kita gunakan pancake sebagai contoh. Pancake tidak sulit dibuat, tidak membutuhkan alat khusus dan bahan bahannya cukup mudah dicari dan tidak akan membuat anda menjadi bangkrut.  Mulailah dengan mencari resep pancake di internet. Pilih beberapa resep setelah menyaring terlebih dahulu. Cari yang paling mudah membuatnya, alat yang minimal serta bahan yang murah dan mudah didapat.Kalau ada waktu buatlah rasio perbandingan bahan bahan yan ada. Pilih lagi yang sesuai denagn selera dan kantong anda. Misalnya untuk tahap awal mungkin pilih yang tidak terlalu banyak telur, atau butter karena jika gagal kita akan mengalami kebangkrutan. Pilihlah satu yang paling mudah dimengerti dari semua resep yang ada
 
Kemudian, kita mulai memasak di dapur. Pertama kali saya membuat makanan baru dari resep, saya mencoba untuk mengikutinya sesuai resep, bahkan jika saya mengira resep tersebut harus diubah. Bisa saja kita mengira adonan terlalu berair (tambahkan tepung) atau tebal (menambahkan lebih banyak susu). Atau mungkin adonan tampak baik-baik saja, tapi terlalu tipis/ flat tidak ada gelembung udara (tambahkan baking powder untuk pancake yang menul menul). 

Pada hari pertama membuat pancake, saya tetap akan mengacu pada resep. Contoh resep buttermilk pancake: http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/04/buttermilk-fluffy-pancake.html. (catatan : buttermilk bisa diganti fungsinya denagn plain yogurt seperti di : http://ala-rinarinso.blogspot.com/2009/12/pengganti-buttermilk.html

Misalnya kita ingin membuat buttermilk pancake. Jika resep buttermilk pancake selalu mencantumkan baking soda, mungkin ada reaksi kimia terjadi dengan baking soda. bandingkan resep pancake yang tidak memakai buttermilk, biasanya tidak ada baking soda. Dari sini, Anda dapat menyimpulkan bahwa baking soda bereaksi dengan buttermilk. Benar saja,buttermilk memiliki pH 4,4-4,8, sedangkan susu biasa memiliki pH ~ 6.7, sehingga dapat dikatakan bahwa baking soda pada resep akan menetralkan buttermilk yang lebih asam. Jika kita sudah mengetahui pentingnya buttermilk dan baking soda pada resep, kita tidak akan menghilangkan bahan tersebut dari resep. Atau kita bisa mengetahui bahan penggantinya jika kita memahami pentingnya fungsi asam dalam adonan pancake yang menggunakan baking soda. Gunakan bahan pengganti tersebut dengan takaran yang sesuai.

Jika resep sudah berhasil, barulah kita dapat memodifikasi resep tersebut sesuai selera kita. Contoh resep pancake favorit saya ada di sini: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar