Jumat, 15 Agustus 2014

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Panci Presto

Pressure Cooker / Panci Tekan / Panci Presto

Kelebihan memasak dengan panci presto
 
1. Memasak jadi lebih cepat dalam suhu yang tinggi
 
Makanan dalam panci presto dimasak dalam suhu dan tekanan tinggi. Panci presto dengan tekanan tinggi memungkinkan anda merebus makanan dengan suhu di atas air mendidih. Jadi memasak dengan panci presto capat menghemat waktu tenaga dan juga bahan bakar.
 
2. Panci presto selalu tertutup ketika memasak sehingga aroma dan uap makanan tidak akan hilang.
3. Tekanan tinggi menyebabkan bahan makanan dapat menyerap air dengan cepat
4. Cocok untuk memasak makanan yang kering dan keras dalam waktu yang lama seperti: urat dan tulang rawan  dalam daging (menjadi sangat empuk dan bening seperti gelatin), beberapa jenis biji bijian  seperti kacang merah, kacang hijau dan aneka beras. 
5. Panci presto dapat digunakan untuk mensterilkan makanan atau tempat makanan seperti toples kaca dan bahan bahan lain. Silahkan periksa berapa suhu maksimal benda yang akan disterilkan denagn panci presto.

Kekurangan Memasak Dengan Panci Presto

1.  Makanan yang dimasak terlalu lama dalam suhu tinggi menjadi terlalu empuk. Ada beberapa vitamin dan nutrisi yang mungkin hilang karena tidak tahan suhu yang tinggi. Biasanya hal ini terjadi pada sayuran seperti brokoli, buncis, bayam, dan lain lain. Nutrisi yang terdapat pada sayuran bisa hancur karena panas dan makanan bisa menghasilkan bau yang kurang sedap. 

2. Bumbu belum meresap dalam masakan. Waktu pengempukan yang terlalu singkat untuk daging dan juga sayuran juga menyebabkan bumbu belum dapat meresap ke dalam sayuran atau daging sehingga sayuran atau daging yang dihasilkan oleh panci presto terasa lebih hambar daripada yang dimasak dengan cara biasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar