Selasa, 05 Agustus 2014

9 Kegunaan Belimbing Wuluh Untuk Membuat Makanan Enak

Buah belimbing wuluh di depan rumah
 

Pohon belimbing jika telah berbuah akan menghasilkanbuah yang lebat, terkadang jadi bingung untuk memanfaatkannya. Ada yang memanfaatkan belimbing wuluh ini sebagai obat seperti obat darah tinggi, batuk, pegal linu, sakit gigi, sakit perut, dll. Biasanya sebagai obat, orang mau memakannya begitu saja karena ingin mendapatkan khasiatnya. Tapi bisakah belimbing ini dimanfaatkan untuk membuat makanan yang enak? Beberapa cara untuk memanfaatkannya adalah:
  1. Untuk membuang bau amis pada ikan
    Ikan menjadi lebih gurih dan tidak bau amis jika dilumuri dulu denagn belimbing wuluh. Ikan goreng akan semakin lezat jika belimbing wuluh menjadi bahan untuk merendam ikan. Pastikan biji dan buah sudah dibuang ketika ikan akan digoreng karena biji akan terasa pahit jika ikut tergoreng.

  2. Dijadikan sirup belimbing wuluh
    Rasanya tetap asam, tapi ada rasa manisnya, biasanya jika kita membuat manisan belimbing kering, sirup adalah hasil tambahan dari manisan.

  3. Dijadikan manisan belimbing wuluh segar
    Campur belimbing yang diirs panjang dan tipis deangn gula dan manisan buah kiamboy. Buah kiamboy berguna untuk membuang sedikit rasa asam dari belimbing

  4. Dijadikan manisan belimbing wuluh kering
    Buatlah menjadi manisan belimbing wuluh kering. Ada yang berpendapat rasanya seperti kismis dalam ukuran besar. Untuk mengurangi asam perbanyak jumlah gula yang dipakai.

    Manisan Belimbing Wuluh
  5. Dijadikan asam sunti untuk bumbu masak
    Masakan aceh banyak menggunakan asam sunti yang diperoleh dari belimbing yang telah dilumuri garam lalu dijemur hingga kering. Asam sunti bisa disimpan jika sudah kering.

  6. Dimasukkan dalam campuran lodeh atau masakan bersantan lain
    Aroma masakan bersantan akan terasa berbeda jika dimasukkan buah belimbing

  7. Dijadikan sambal
    Cobalah buat sambal belimbing wuluh yang menggunakan terasi. Goreng belimbing wuluh bawang merah cabe rawit dan cabe merah. Masukkan terasi yang sudah dibakar, tumbuk hingga halus.

  8. Dimasukkan sebagai campuran pepes
    Untuk pepes ikan kita bisa memasukkan potongan belimbing  wuluh kemangi dan bawang daun sebagai bahan irisan disamping bumbu halus untuk menambah aroma.

  9. Sebagai pengganti tomat atau asam jawa dalam masakan
    Beberapa masakan yang menggunakan tomat seperti sayur asam kacang merah, sayur asam, dll dapat digantikan denagn belimbing wuluh. tentu saja rasanya akan berbeda tetapi dapat dijadikan sebagai variasi hidangan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar