Senin, 11 Agustus 2014

Cara Menyimpan Bahan Makanan Dengan Benar

Sea Food

Idealnya, makanan laut harus digunakan pada
hari itu juga setelah dibeli. Apalagi jika kita berada di tempat yang jauh dari pantai sehingga ikan laut yang kita konsumsi sudah terlebih dahulu melalui proses pengawetan. Dua lagi hari atau tidak apa-apa, tapi lebih dari dua hari setelah disimpan di kulkas, bakteri pembusuk mulai bekerja, sehingga akan tercium bau busuk dan ikan sudah tidak layak untuk dikonsumsi. 

Daging


Jika anda membelinya di supermarket, gunakan-menurut tanggal batas maksimum yang mungkin ada dalam kemasan. Jika tidak dapat memasak segera, cucilah daging dan langsung masukkan ke dalam freezer. Mungkin tekstur daging akan berubah jika masuk freezer, tapi daging tidak akan membusuk sehingga dapat dimanfaatkan kembali. Sebaiknya simpan dalam wadah kaca atau logam. Cara lain adalah dengan memasak terlebih dahulu daging yang akan dimanfaatkan. cara termudah adalah denan mengungkep daging denagn bumbu sederhana seperti merica garam dan bawang putih. Dengan cara ini daging akan lebih awet, lebih empuk dan sudah memiliki aroma tertentu. tentu saja cara ini tidak dapat digunakan untuk daging yang akan dibuat menjadi bakso. Untuk daging yang akan dibuat menjadi bakso, simpanlah di dalam freezer sampai anda dapat mengolahnya kembali. 

Buah dan sayuran

Ketika  buah mengalami proses pematangan, ada yang menghasilkan gas etilena, yang menyebabkan mereka matang, dan ada juga yang tidak. Anda dapat mempercepat
pematangan dengan menyimpan buah yang menghasilkan gas etilen kedalam sebuah kantong kertas, yang mengurung gas tersebut sehingga mempercepat proses pematangan.

Alpukat

Buah alpukat yang matang akan sedikit keras tapi jika ditekan akan terasa lembut. Warna saja tidak cukup untuk memberitahu Anda jika alpukat sudah matang. Simpanlah alpukat dalam keadaan utuh dalak suhu ruangan ataupun kulkas.  Jika ingin menyimpan alpukat yang sudah dipotong, simpanlah denagn bji masih di dalam alpukat dan dalam bungkus plastik yang sudah tertutup rapat untuk mencegah pencoklatan. Lebih baik lagi jika menggunakan vacuum sealer. 
 

Pisang

simpan dalam suhu kamar sampai matang. untuk mencegah
pematangan lebih lanjut, simpan adalm kulkas. Kulit pisang akan menjadi coklat tapi buahnya tetap dapat dikonsumsi denagn aman. 

Brokoli, Kubis, Kol

Buang serangga dan ulat yang mungkin ada dalam sayuran hijau. Simpan di laci rak kulkas atau dalam kantong plastik yang berlubang untuk membuang kelembaban yang berlebih dan  menghilangkan gas etilena yang menyebabkan bunga dan daun brokoli menguning.
 

Wortel

Bilas wortel, bungkus dalam kantong plastik, dan simpan dalam kotak sayur dan buah di
kulkas. Menyimpan wortel di lemari es akan mempertahankan mereka
rasa, tekstur, dan konten beta-karoten.
 

Bawang putih

Simpan di tempat yang sejuk dan gelap (tapi tidak dalam kulkas).
Anda masih dapat menggunakan bawang yang telah tumbuh, tetapi aromanya akan berkurang. Tunas
dapat dipotong dan digunakan seperti daun bawang 

Selada dan salad sayuran.  

Buang serangga dan ulat yang mungkin ada dalam sayuran hijau, cuci daun, bungkus dengan kertas pembungkus makanan yang aman ataud alam tissue lalu simpan di lemari es dalam plastik

Bawang merah dan bawang bombay


Simpan di tempat yang sejuk dan gelap (tapi tidak dalam kulkas). Paling baik disimpan di daerah yang memungkinkan sirkulasi udara. Jangan menempatkan bawang di dekat kentang, karena
kentang akan mengeluarkan etilena, menyebabkan bawang rusak lebih cepat.
 

Tomat

Simpan pada suhu ruang. Menyimpan di kulkas tidak apa-apa untuk waktu yang cukup lama
tetapi akan mempengaruhi rasa dan tekstur. Jika tujuan akhir untuk tomat adalah saus, Anda juga bisa memasak mereka dan mendinginkan atau membekukan saus dalam kulkas.
 

Kentang

Simpan kentang di tempat yang sejuk gelap dan kering (tapi tidak di dalam kulkas). Sinar matahari dapat membuat kulit kentang berubah menjadi hijau. Jika ini terjadi, Anda harus membuang kulit yang berwarna hijau sebelum makan.Warna hijau terjadi karena adanya klorofil, dan pada saat yang sama mulai diproduksinya neurotoksin solanin dan chaconine diproduksi.(untuk beberapa orang dapat menimbulkan gangguan pencernaan).

Karena sebagian besar nutrisi dalam kentang terkandung langsung di bawah kulit, jika harus dikupas, kupaslah kulit kentang tipis tipis sebelum diolah menjadi masakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar