Jumat, 18 Juni 2021

Brownies Irit Tanpa Telur Tanpa Mixer



Kadang kalau lagi ingin sedikit berhemat, dan  tak ada waktu membuat kudapan yang sulit dan lama, kita cenderung memilih resep yang sederhana dan ekonomis. Brownies tanpa telur tanpa mixer ini bisa menjadi pilihan untuk kudapan irit yang cepat dan mudah. Pilihlah coklat yang aroma dan rasanya nikmat agar Brownies sederhana ini maksimal kelezatannya.

Saya menemukan resep brownies tampa telur tanpa mixer  dari: https://www.littlehouseliving.com/ooey-gooey-brownies.html. 

Dengan bahan :

  • 166 gr terigu
  • 200 gula
  • 50 gr coklat bubuk
  • 1/2 sdt Baking Powder
  • 1/2 sdt garam
  • 122gr air
  • 109gr minyak goreng
  • 1/2 sdt Vanilla Extract

Senangnya  membuat brownies ini tidak membutuhkan mixer, hanya diaduk aduk saja sampai rata lalu dipanggang.. mungkin bisa juga dipanggang dengan panci teflon, tapi saya belum mencobanya ya.. 

Saya memakai resep ini berkali kali dan cukup puas dengan hasilnya.. Namun menurut saya resep ini terlalu kering hasilnya sehingga saya menambahkan beberapa banyak lagi air. O ya, air bisa diganti dengan santan atau susu sesuai selera. 

Resep Saya modifikasi jadi : 

  • 200 gr terigu
  • 100 gr gula halus
  • 60 gr gula palm
  • 14 ml gula merah cair (catatan: kalau ada semua gula bisa diganti jadi gula merah cair)
  • 40 -30 gr coklat bubuk
  • 1/2 sdt Baking Powder
  • 1/2 sdt garam
  • 220-240 gr air atau susu cair (catatan: untuk gula merah cair penambahan air = 220 ml)
  • 110 gr minyak goreng
  • 1/2 sdt Vanilla Extract

Cara membuatnya juga sama, tinggal aduk aduk saja. Saya dahulukan bahan cair dan gula, baru bahan padat seperti tepung dan coklat. Untuk topping bebas sesuai selera, bisa keju, meses atau coklat chip.. sesuaikan saja ya.. Panggang hingga matang, sajikan. 

Ini contoh brownies sederhana dengan topping coklat potong dan peanut butter: 






Ini brownies ditumpuk dengan cake menjadi Brownies Banofee. Bikinnya mudah karena hanya satu kali memanggang saja bisa mendapat 2 lapis.


Brownies Banofee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar