Jumat, 11 Juni 2021

Tips Membuat Banana Sponge Cake Alias Cake Pisang



Resep ini sudah lama sekali saya coba, tapi baru sekarang saya menulisnya.. Membuat Sponge Cake sendiri sudah sulit, apalagi  membuat Banana Sponge Cake.. mengapa? karena kalau sponge cake biasa kita menggunakan terigu yang sifatnya homogen. Butirannya sama, keringnya sama dan semuanya relatif seragam. Itupun kalau mau hasil yang maksimal harus diayak dulu agar tidak ada gumpalan dan lebih rata. nah bagaimana dengan menambahkan pisang atau bahan lain yang sifatnya organik? sudah tentu lebih sulit karena sifat bahan alami biasanya tidak sama dan seragam. Jenis pisangnya sendiri tidak sama padahal sangat menentukan seperti: kadar tepung kadar gula dan kadar air. Setelah itu dalam pisang sendiri tidak seragam karena pisang terdiri dari kulit, serat, dan kadang ada bijinya. 

Jujur , ketika itu saya membuat cake ini sampai 5 kali baru puas dengan hasilnya (sayangnya hasil hasil sebelumnya tidak saya foto jadi tidak terlihat seperti apa kegagalannya). Yang jelas hasil sebelumnya ada yang bantat dan ada yang tidak rata bentuknya (ini terjadi beberapa kali karena saya tidak menemukan solusinya). 

Sebelum membuat Banana Sponge Cake saya sempat memilih dan membandingkan resep resep dari internet yang kira kira berhasil, karena nggak semua resep dari internet dapat dicoba.. bisa saja ada salah tulis, bahan yang tidak sama dan lain lain.. 


Ini hasil dari survei resep Chiffon cake saya: 

Nggak semua dari resep ini saya coba, saya pilih beberapa yang menurut saya dapat dicoba. Karena saya tidak ingin kue yang dominan pisang (perbandingan pisang dan terigunya banyak), jadi sumber dari Bake For Happy Kids langsung dicoret. Kalau nggak salah dulu saya mencoba yang Bogasari dan Jeanny Tay. Terus terang kalau pisangnya terlalu banyak saya takut efek spongy dari putih telurnya nggak keluar karena campuran pisang yang kental dan padat terlalu banyak. Jadi biar cake saya tetap Spongy, saya pilih yang jumlah pisangnya nggak terlalu banyak. 

Dari ketiga resep tersebut saya pilih lagi yang paling memungkinkan dan ini resepnya: 

Banana Sponge Cake

Bahan: 

  • 4 kuning telur
  • 5 putih telur
  • 85 gr pisang (setelah dihancurkan dan disaring)
  • 145 gr terigu
  • 65 ml Santan dan suji  (bisa air saja kaalu nggak mau hijau)
  • 68.5 ml minyak goreng atau butter cair
  • 80 gr gula halus

Dari resep yang sudah saya pilih, saya tambahkan 1 butir putih telur lagi agar sponge dapat terbentuk lebih banyak lagi.  Namun ternyata resep saja nggak menjamin cake bisa berhasil.. beberapa kali chiffon cake saya tidak rata permukaannya, bergelombang. Saya mencoba menyesuaikan panas oven agar rata. Masih gagal. Akhirnya saya perhatikan betul betul tekstur pisang yang saya pakai, dan saya menyaringnya hingga halus tidak ada lagi gumpalan dan butiran. Dan akhirnya hasilnya bisa kokoh dan berongga seperti yang ada pada foto.

Tips Cara membuat

Cara membuatnya seperti membuat chiffon cake standard tapi yang  harus diperhatikan adalah: 

  • Pisang pilih yang matang tapi tidak terlalu batang agar tidak terlalu cair
  • Pisang harus dihancurkan lumat dan harus disaring kalau nggak mau hasilnnya tidak rata dan tidak halus spongy. 
  • Api oven harus konsisten kruang lebih 180 derajat clsius sejak masuk oven hingga selesai dan tidak dibuka tutup ovennya. 
  • Ketika keluar suhu ruangan tidak boleh terlalu ekstrim agar cake tidak tiba tiba amblas ke bawah. Bisa juga cake diletakkan dalam oven tapi dnegan perkiraan belum terlalu coklat dan akan coklat di dalam oven ketika api sudah mati. 
  • Tips lain seperti bagaimana membuat putih telur yang  kaku lihat di tips membuat Chiffon cake standard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar