Senin, 04 Agustus 2014

Menguleni Roti Dengan Food Processor

Salah satu tahap penting dalam membuat roti adalah menguleni roti sampai kalis. Untuk menguleni ini ada beberapa teknik:
  • Menguleni dengan tangan (manual)
  • Menguleni dengan mixer kecil / mixer tangan
  • Menguleni dengan food processor
  • Menguleni dengan mixer besar

Menguleni dengan tangan tentu saja paling murah, namun sangat melelahkan. Jika ada anggaran, sebaiknya kita menggunakan mesin.

Mixer kecil / mixer tangan dapat digunakan untuk menguleni roti, namun mesti sangat berhati-hati, karena mixer kecil ini sebenarnya dirancang untuk beban kecil. Jadi setiap kali menguleni tidak bisa banyak-banyak dan tidak bisa lama-lama. Bacalah aturan pakai mixer untuk mengetahui berapa lama mixer dapat dinyalakan non-stop.

Mixer kecil



Jika ada anggaran, kita dapat menggunakan food processor untuk menguleni roti. Hasilnya lebih bagus dibandingkan dengan tangan ataupun mixer kecil. Perlu dibaca juga di manualnya berapa kapasitas kalau dipakai untuk membuat roti.

Food Processor , dapat digunakan untuk menguleni
Food processor di atas dapt digunakan utnuk berbagai macam masakan seperti membaut bawang goreng, membuat bakso, pempek dan siomay, membuat mayonaise, membuat cake, membuat roti.
Perhatikan kapasitas maksimum yang diperbolehkan agar food processor tidak cepat rusak. Kerusakan yang terjadi pada kapasitas di atas maksimum adalah poros yang patah. Walaupun mesinnya kuat, tapi kalau poros patah, tidak bisa diperbaiki karena tidak ada sparepartnya. jadi lebih baik membuat roti sedikit demi sedikit daripada tidak dapat digunakan sama sekali. Perhatikan juga waktu maksimal food processor dapat dinyalakan. Berhentilah sebelum waktu maksimum dan ulangi proses berikutnya sampai roti siap dibentuk.

Perhatikan juga cara membuat roti dan pilih resep yang tepat. Campurkan adonan cair dan tepung terlebih dahulu. Terakhir baru campurkan lemak atau minyak sebentar saja. Jika masih belum kalis, diamkan adonan sejenak di luar food processor dan lanjutkan sebentar saja menguleni adonan dengan tangan. Agar tangan tidak lengket gunakan minyak.

Jika perlu kapasitas lebih besar lagi dapat menggunakan mikser ukuran sedang, seperti buatan Kitchen Aid.
Mixer Kitchen Aid
Mixer ukuran sedang ini ada juga yang buatan Tiongkok, harganya lebih murah daripada yang merek Kitchen Aid. Mixer ini kapasitasnya 1.3 kg sekali masuk, namun juga hanya dapat menyala selama 10 menit non-stop, jadi perlu istirahat juga supaya tidak kepanasan.

Jika mixer di atas masih kurang besar, masih ada juga mixer roti skala industri.
 
Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar