Senin, 18 Agustus 2014

Bolu Gulung Dwi Warna tanpa Bahan Pengempuk, Pengembang dan Pewarna Buatan



Resep aslinya ada di: http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/08/bolu-minyak-tanpa-pengempuk-dan.html, Karena sudah cocok dengan bolu minyak yang bisa empuk tanpa bahan pengembang dan masih tergolong hemat telur, maka saya mencoba membuat bolu gulung denagn resep bulu minyak dengan sedikit modifikasi. 

Resep


Pada resep bolu minyak, bahan minyak goreng adalah 75 cc, maka saya tambahkan pada bolu gulung menjadi 100cc agar lebih empuk dan mudah dibentuk. Pada cara membuat, saya mengaduk kuning telur gula dan terigu denagn menggunakan whisker saja, tapi saya pastikan betul betul kocokan putih telur telah keras (dalam istilah kulinernya hard peak).

Untuk pewarna hijau saya menggunakan daun suji dan daun pandan yang diendapkan terlebih dulu semalam. Cara membuat pewarna silahkan lihat di : http://dapur-harmoni.blogspot.com/2012/04/pewarna-alami-untuk-kue.html. 

Untuk selai, karena selai strawberry saya dihabiskan oleh si bungsu, maka saya menggunakan vla sarikaya tanpa pewarna sehingga bagian tengahnya berwarna putih saja. 

Bahan bolu yang berwarna kuning saya tambahkan meses sebagai aksen agar terlihat ada bintik coklatnya.

Resep bolu minyak yang terdiri dari 6 telur ini menghasilkan 2 buah bolu gulung dengan panjang kira kira 20 cm dan tebal bolu sebelum digulung kurang lebih 3 cm. 1 Bolu ini bisa dipotong dan menghasilkan kurang lebih 15 potong.
 

Tips 

 
Agar bolu gulung tidak pecah, keluarkan bolu dari oven dan letakkan ke atas serbet bersih, lembab dan hangat. Gulung perlahan lahan, tutup bolu yang telah didinginkan untuk membantu
menjaga bentuknya. Ketika sudah dingin, dengan hati-hati buka gulungan itu, lalu isi dengan filling
dan gulung ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar