Sabtu, 29 Agustus 2015

Hati Hati Membeli Kuas Makanan

Bahan pembuat kuas bermacam macam, ada yang terbuat dari bulu binatang, ada juga kuas dari bahan sintetis seperti silikon, ada juga kuas plastik. Bagi orang muslim, dianjurkan untuk membeli kuas dari bahan sintetik saja karena bahan ini lebih aman. Kita tidak perlu susah susah membedakan jenis bulu yang terdapat pada kuas karena memang sulit sekali membedakan bulu yang terbuat dari bulu b*** dan bulu binatang lain seperti kuda, sapi, dll. Namun kadang, kuas dari bulu bintang dan sintetis terlihat sama. Jangan takut, membedakan kuas sintetik dan kuas organik yang terbuat dari bulu binatang sangat sederhana, cukup dengan mengambil sedikit bulu dan membakarnya. Bau kuas organik seperti bau bulu terbakar sementara bau kuas sintetis seperti plastik terbakar.
 

Beberapa petunjuk lainnya adalah: kuas bulu b*** memiliki tulisan Bristle.  Warna bulu ini tidak harus putih, bisa juga berwarna hitam, sehingga jangan kita tergesa gesa membeli kuas berwarna hitam karena merasa bahwa kuas bulu b*** hanya berwarna putih saja. Beberapa penjual menyebutkan jenis bulu binatang yang dipakai namun ada juga yang tidak.

Ada juga yang memberikan isu bahwa ada kuas yang terbuat dari rambut manusia. Jangan terlalu percaya karena sifat bulu manusia berbeda dengan bulu binatang. Bulu rambut manusia lebih licin sehingga mudah copot dan tidak tahan lama seperti bulu binatang. Pada beberapa kasus memang ada yang menggunakan rambut bayi manusia untuk membuat lukisan, tapi hanya untuk beberapa kali saja.

Gambar dari Wikipedia


Kuas makanan yang banyak terdapat di pasaran sekarang adalah kuas dari bahan silikon. Seharusnya kuas ini cukup aman digunakan karena terbuat dari bahan sintetis.  Memang kuas jenis ini berbeda dengan kuas yang terbuat dari bulu hewan karena diameter rambut kuasnya  lebih besar. Kuas jenis ini juga kurang menyerap minyak sehingga bagi yang biasa memakai kuas rambut harus menyesuaikan lagi. Bahan silikon juga tidak sepenuhnya tahan panas dan dapat meleleh jika dipakai di atas batas suhu pemakaian. Berbeda dengan kuas rambut yang kalau kena panas akan terbakar menjadi abu. 

Selain kuas silikon, ada juga kuas plastik yang berbentuk seperti rambut dan halus sekali sehingga lebih nyaman dipakai, namun sepertinya harganya juga lebih mahal dan tidak tahan lama seperti kuas silikon.

Ternyata saat membeli kuas yang terbuat dari bahan silikon juga kita perlu berhati hati karena ada kuas yang menggunakan bahan dari daur ulang. Seperti kata Mbak Meili Amalia:  "Betul itu silicone. Tapi hati-hati banyak yang jual murah made in China yang terbuat dari silicone daur ulang yang entah terbuat dari apa...."

Bagi yang ingin mengenal berbagai kuas dapat meluncur ke sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar