Sabtu, 01 Agustus 2015

Sulitnya membuat Dendeng Padang

Siapa yang pernah makan di restoran padang mungkin pernah meraasakan dendeng yang garing dan diberi topping cabe di atasnya.

Jenis dendeng


Ada beberapa jenis dendeng yang berasal dari padang antara lain dendeng balado, dendeng batakok dendeng lambok dan dendeng baracik. Hanya dendeng lambok (dendeng lembab) saja yang agak berbeda pakemnya dibandingkan dendeng lain karena ini adalah dendeng basah versi padang. Dendeng lainnya lebih kering dan kriuk.

Dendeng batakok dari wikipedia

Cara Membuat dendeng


Ternyata untuk membuat dendeng kriuk padang ini tidak mudah. Ada beberapa cara membuatnya antara lain ada yang direbus atau diungkep bumbu lalu diiris tipis, variasinya adalah setelah direbus dimasukkan dalam freezer lalu dipotong tipis seperti keripik dan digoreng.  Ada juga yang direndam, dijemur lalu diasapkan. Ada yang direndam bumbu lalu dipanggang.

Dendeng batokok tidak direbus dan digoreng tapi dipanggang. Lumuri dendeng batoko denagn bumbu lalu diamkan hingga bumbu meresap hingga kurang lebih 2 jam. Bahan lumuran dendeng antara lain bawang merah, bawang putih (utnuk resep asli, orang padang jarang mengunakan bawang putih sebagai bumbu), daun jeruk nipis, kunyit, lengkuas, jahe, dan garam. Setelah itu dendeng diiris tipis dan dipukul pukul agar serat pecah dan bumbu lebih meresap ke dalam daging. Dendeng lalu dibakar di atas arang batok kelapa sambil dilumuri minyak kelapa buatan sendiri. Setelah itu dendeng dinikmati dengan toping sambal. Bumbu sambal adalah cabe huijau muda, bawang merah, perasan jeruk nipis, dan garam. Bumbu ini  cukup ditumbuk kasar.

Dendeng Baracik adalah dendeng yang dijemur setelah direndam bumbu lalu diasap dalam ruangan . Jika ada yang memesan, dendeng ini akan dipotong tipis dan digoreng dengan minyak kelapa lalu diberi topping. Toppingnya adalah cabe hijau muda, bawang merah, dan tomat yang dikucuri dejenis jeruk purut yang berasal dari padang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar