Sabtu, 02 Agustus 2014

Baking Soda, Senyawa Serba Guna


Baking soda. Mungkin ada beberapa yang takut menggunakan benda ini karena penggunaan baking soda ini sangat luas. Beberapa daftar kegunaan baking soda antara lain:
  • Mencuci rambut, 
  • Menghilangkan bau badan, 
  • Menghilangkan bau kulkas, 
  • Mencuci kain yang sudah berlemak, 
  • Mencuci kamar mandi.... 
  • Pengembang untuk kue seperti untuk bolu kukus, cookie, martabak manis, dll 
  • Obat maag. 
  • Konon bisa juga untuk memadamkan api

Jadi apakah baking soda itu? Sederhananya ia adalah senyawa yang basa. Baking soda adalah suatu larutan alkali denagn nama kimia Natrium karbonat atau natrium bikarbonat. Sifatnya adalah basa

Kalau ada waktu, kita bisa melakukan percobaan yang biasa dilakukan oleh anak anak yaitu bermain baking soda denagn cuka. Jika kita mencampurkan baking soda ke dalam air biasa, tidak akan terjadi perubahan apa apa. Berbeda jika kita mencampurkan cuka ke dalam baking soda yang sudah dilarutkan dengan air. Lama kelamaan akan terbentuk gelembung udara yang makin lama akan semakin banyak sehingga volume cairan bertambah. Dari sini kita mengetahui bahwa baking soda akan bereaksi denagn asam yang dapat menghasilkan cairan dan gelembung gas.

Dari sifat basa tersebut kita bisa mengetahui beberapa hal antara lain:
  • Basa akan bereaksi dengan asam dan dapat menetralkan asam menjadi garam.
  • Basa adalah bahan yang biasa digunakan untuk membuat sabun. Ada basa kuat dan basa lemah. Yang biasa digunakan unutk membuat sabun adalah soda api yang tergolong basa kuat.
  • Basa jika bereaksi dengan asam dapat menghasilkan gelembung udara (CO2). Jadi sifat basa ini bisa bereaksi dengan bahan makanan yang bersifat asam seperti buttermilk, yogurt, dll untuk menghasilkan gelembung gas. Sifat basa ini menyebabkan baking soda dapat bereaksi denagn unsur asam yang berada di udara dan menghilangkan bau, baking soda bisa juga bereaksi deangn asam lambung sebagai obat, dan dia bisa dibuat menjadi sabun jika bercampur dengan lemak. satu barang sederhana denagn banyak kegunaan.
  • Baking soda dapat terurai menjadi sodium karbonat, air dan gas CO2 jika terdapat dalam suhu di atas 70 derajat celcius sehingga bisa juga berfungsi menjadi pemadam api.

Jangan takut jika benda ini memiliki banyak kegunaan. Tidak ada senyawa kimia yang aneh di dalam baking soda. Dia tergolong dalam senyawa garam-garaman yang terbuat dari soda abu. (untuk lebih detail silahkan lihat di sini)

Sejak zaman dahulu kala kita sudah menggunakan sejenis garam garaman untuk memasak.  Mungkin kita bisa mengingat kembali bahwa dulu nenek kita pernah memasak denagn menggunakan air kapur sirih, bahkan ada yang memasak air kapur sirih denagn air yang didapat dari abu merang untuk mendapatkan efek hitam dan kenyal, ada juga yang menggunakan air kapur sirih untuk proses pembuatan keripik kentang agar menjadi renyah atau memberi efek berkulit pada fruit coctail.

Beberapa artikel yang memberi penjelasan tentang baking soda:

Artikel lain di blog ini tentang baking soda:
http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/08/memasak-dengan-baking-soda-dan-tips.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar