Kamis, 15 Oktober 2015

Resep Pia Basah alias Roti Kacang Merah Pipih alias Hotteok di Korea

Roti ini terbuat dari adonan roti manis biasa yang diisi dengan tausa kacang merah. Yang membuatnya menjadi sedikit berbeda adalah bentuknya yang pipih mirip seperti bentuk pia.  Berbeda dengan pia yang cenderung kering dan berlapis lapis, roti ini terasa kriuk di luar tapi empuk di dalam dan tidak mudah pecah seperti pia. Seperti pia, walaupun resep asli menggunakan kacang merah, kita bisa menggantinya dengan coklat, keju, durian, selai strawberry,kacang tanah dan gula, wijen atau apapun sesuai selera. 

Saya membuat roti ini dengan harapan dapat menyediakan asupan gizi yang penting untuk anak yaitu kacang merah. Hidangan ini cocok untuk anak yang kurang suka dengan sayur kacang merah, sop atau kacang merah berbentuk apapun yang masih utuh. Dengan Membuat kacang merah menjadi tausa, serat, kulit dan bau kacang merah sedikit tersamarkan. 

Kelebihan roti ini juga ia dapat disimpan dalalm toples dan masih nikmat dimakan sampai kurang lebih 5 hari. Hal ini karena roti ini cenderung kering teksturnya, dengan isi tausa yang juga cukup kering.

Di Korea, jenis roti ini juga dapat ditemukan dengan nama Hotteok. Yang agak berbeda adalah cara membuatnya. Hoteok tidak dipanggang seperti roti tapi dimasak di atas pan tebal dengan cara ditekan tekan dengan alat khusus agar berbentuk pipih. Kita bisa mencoba membuat Hotteok ini dengan menggunakan wajan teflon dan api kecil. Masukkan roti yang sudah dibentuk gepeng dan panggang dengan api kecil di wajan teflon.

Selain membuatnya di atas wajan teflon, kita juga dapat membuatnya di atas oven dan menghasilkan jumlah roti yang jauh lebih banyak dalam waktu lebih cepat dibanding jika memasak menggunakan wajan teflon. Gunakan resep roti manis yang bisa anda pakai dan siapkan adonan tausa. (Anda dapat menggunakan resep roti manis sederhana yang sering saya buat di rumah, atau resep roti di bawah ini).

Bentuk bulat adonan roti dan masukkan isi ke dalam roti. Letakkan di dalam loyang. Agar mendapat bentuk yang betul-betul pipih, letakkan loyang di atas roti yang diberi pemberat. Panggang di dalam oven hingga matang suhu 180 derajat celsius. Kalau suka, roti yang baru keluar dari oven ini juga bisa dioles mentega untuk menambah rasa.


Untuk pemula, resep roti di bawah ini bisa menjadi rujukan: 
 
Bahan :

  • 500 g tepung terigu segitiga
  • 75 g butter cair(bisa diganti minyak goreng atau margarin cair)
  • 250 ml air hangat
  • 1 bks ragi instant
  • 100 g gula pasir
  • 1 sdt garam

Cara membuat :
- campur tepung, ragi dan gula pasir
- Masukkan air hangat, uleni hingga rata adonannya.
- masukkan butter cair dan garam uleni lagi sampai kalis elastis
- bulatkan adonan dan diamkan selama 45 menit
- Kempiskan adonan dan timbang 30 g, bulatkan dan diamkan lagi 30 menit.
- Kempiskan adonan dan isi dengan bahan isi . Bulatkan kembali
- Letakkan adonan roti di atas loyang berjarak 4 cm. Letakkan loyang di atas adonan roti dan beri pemberat untuk mendapatkan hasil yang tipis. Panggang dalam oven suhu 180 celsius hingga matang.


Bahan isi tausa :

  • 250 g kacang hijau atau kacang merah
  • 125 g gula pasir
  • Daun pandan secukupnya
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdm minyak goreng

Cara membuat :
- Rebus kacang merah atau kacang hijau sampai empuk, angkat dan tiriskan, kemudian haluskan

- Masak bersama minyak, masukkan gula pasir, garam dan daun pandan, aduk sampai kacang  agak kering. Angkat dan dinginkan

9 komentar:

  1. Wah jadi penasaran nih dengan rasa kriuk diluar dan empuk didalamnya. Pasti enak nih kuenya, anak-anak pasti suka. Nanti mau coba buat bareng anak saya. Makasih kak atas resepnya

    BalasHapus
  2. ini toh yang namanya roti korea, ada youtube ngga bundd.. biar langsung praktek hehe

    BalasHapus
  3. Suka dengan makanan homemade yang awet disimpan. Aku tapi belum master ngulen adonan roti nih 😅 tapi oke nih resepnya

    BalasHapus
  4. saya suka banget sama pia mba apalagi dalamnya akcang merah. bahannya mudha dicari, cara buatnya juga cukup mudah bisa saya cobain di rumah niy mba

    BalasHapus
  5. Baru tau kalau nama Indonesia makanan Korea ini pia basah tho. Biasanya cuma liat di film-film aja roti kacang merah pipih alias Hotteok di Korea ini. Sambil lap iler gitu. Makacih resepnya. Kalau Mbak lagi bikin, ingatlah daku. Hihihiih. (Modus mau nyicip) *kabur

    BalasHapus
  6. Ini pia basah y namanya? Baru tau. Mirip dorayaki Jepang kynya

    BalasHapus
  7. Oalah ya ampuuun. Hotteok itu pia basah to? Hahaha. Baru tahu. Ternyata gak terlalu ribet juga ya bikinnya. Saya pikir harus dipanggang.
    Tapi kalau mengolah kacang hijau/kacang merahnya kurang tepat, bisa merusak keseluruhan rasa ya. Itu yang susah hehe.

    BalasHapus
  8. wah ini pia bergizi ya mbak. pilih gitu, pasti rasanya manis kriuk-kriuk. Bisa nih buat camilan hari raya atau pas ada kumpul2 di rumah pasti pada suka. Thank ya mbak resepnya 😍

    BalasHapus
  9. Pia basah ini tahan di suhu ruang berapa lama ya mbak? saya jadi pengen buat ..kalau buat bekal perjalanan jauh ke luar kota awet ga ya??

    BalasHapus