Rabu, 04 Maret 2015

Resep Pancake Lembut Tanpa Telur Tanpa Mixer

Pancake adalah makanan yang dapat dibuat dalam waktu singkat. Membuatnya pun tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan peralatan khusus seperti ketika membuat cake. Untuk yang alergi telur, ktia bisa membuat pancake lembut tanpa telur seperti pada resep di bawah ini.

Resep ini saya dapat dari: http://eggfreebakery.blogspot.com/2012/09/buttermilk-pancakes.html
Resep ini sangat mudah dibuat sehingga anak saya yang  berusia 7 tahun sudah bisa membuatnya sendiri tanpa dibantu.

Bahan: 

  • 2 cangkir terigu
  • 2 sdm gula
  • 2 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • (untuk bahan pengembang di atas, takaran saya sesuaikan dengan adonan yang akan dipanggang. untuk 3 sendok sayur adonan saya menggunakan 1/4 sdt baking sodan dan 1/2 sdt baking powder)
  • 1/2 sdt salt
  • 2 cups buttermilk (saya menggantinya dengan 1 cup yogurt kental dicampur dengan 1 cup air)
  • 2 sdt air atau saus apel (saya menggunakan air, bisamenggunakan santan atau bahan lain untuk menambah rasa pancake)
  • 1/4 cup minyak goreng sehat.

Cara membuat: 


Campur semua bahan kecuali bahan pengembang (baking soda dan baking powder) hingga rata. (agar mudah mengaduknya, masukkan terigu paling terakhir sedikit demi sedikit).
Panaskan pan untuk membuat pancake. Campur bahan pengembang, beri sedikit air agar rata. Masukkan adonan pancake sesuai selera, aduk rata hingga berbuih, masukkan dalam pan, masak hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar