Jumat, 06 Maret 2015

Memilih Alpukat




Buah alpukat yang masih muda akan terasa pahit dan kurang enak untuk disantap. Beberapa buah alpukat yang masih muda ada yang dapat diperam dengan membungkus buah tersebut ke dalam koran dan menyimpannya dalam kantong plastik. Tapi ada juga yang langsung membusuk ketika diperam. Jika ini yang terjadi kemungkinan besar buah belum siap untuk dipetik dan menjadi matang.

Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan untuk memilih alpukat antara lain:

  • Jangan ragu untuk memilih alpukat yang besar dibandingkan yang kecil, karena biasanya daging buah alpukat yang besar lebih banyak dibanding alpukat yang kecil.
  • Tanda lain kalau buah alpukat sudah masak adalah berat. Buah yang ringan menandakan daging buah tipis dan kemungkinan besar masih mentah. Banyak buah alpukat di pasaran yang dijual dalam keadaan mentah agar tidak mudah membusuk. Bila anda mendapati buah alpukat yang masih mentah, simpan di tempat gelap dengan koran. Hindari mencuci buah karena akan membuatnya busuk.
  • Buah alpukat yang sudah matang ditandai dengan biji yang tidak menempel. Nah, untuk mengetahuinya anda dapat menggoyang buah tersebut. Bila terasa bijinya bergerak berarti buah sudah matang.
  •  Ketika memilih alpukat, cobalah untuk memperhatikan bagian bawah, tempat tumbuhnya bagian batang alpukat. Jika masih ada sedikit sisa batang buah, petik saja batang ini dan teliti bagian dalam buah melalui "lubang" yang ditinggalkan. Jika lubang ini sudah berwarna hijau, artinya alpukat sudah matang. Kalau masih berwarna coklat, maka alpukat belum matang.
  •  Perhatikan betul betul kulit buah, jangan sampai ada lubang hitam kecil pada kulit karena ini adalah tanda kalau buah alpukat sudah mengandung ulat.
  • Cobalah untuk menekan buah alpukat sebelum membelinya. Buah yang baik itu masih keras. Kalau sudah lembek, meskipun dari luar belum terlihat busuk berarti tidak bagus lagi . Namun sayang beberapa pedagang nakal tetap menambahkan formalin di kulit buah agar terasa keras. Sehingga anda perlu lebih teliti lagi mana buah yang keras alami dan buatan.
  • Buah alpukat yang berarna tua menandakan sudah membusuk. Pilih buah dengan warna hijau tua, terutama di dekat batang. Buah yang warnanya bercampur coklat sudah pasti hampir membusuk. Sedangkan buah yang terlalu muda masih belum masak.
Jika buah alpukat anda mulai membusuk, buah ini masih dapat dimanfaatkan menjadi minyak alpukat untuk melembabkan kulit wajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar