Minggu, 29 Maret 2015

Cara Kilat Membuat Otak Otak Bandeng

Dari dulu anak anak suka sekali dengan makanan ini, tapi saya jarang sekali membuatnya karena makanan ini sangat menyita waktu. Namun saya sekarang dapat membuat masakan ini denagn waktu yang lebih singkat dibantu denagn beberapa peralatan yang sudah tersedia yaitu: food processor, juicer dan bantuan dari tukang sayur yang telah berbaik hati mau memisahkan tualng bagian tengah dari ikan bandeng.

Cara membuat otak otak ikan bandeng :

Siapkan ikan yang telah dibuang bagian tengah, kepala serta ekornya. Pisahkan bagian perut ikan karena bagian ini cukup banuyak mengandung tulang dan sedikit daging ikan. Bagian ini saya masak terpisah dan saya buat menjadi Ikan Bali Bandeng ala Surabaya denagn bumbu tomat dan cabai merah.

Blender daging ikan yang sudah disiapkan denagn menggunakan food processor. Sisihkan ikan dan buang tulang ikan denagn menggunakan saringan ikan.


Siapkan kelapa yang telah dipotong potong uhtnuk masuk ke dalam juicer. Hasil dari juicer adalah parutan kelapa dan santan kental. Ambil santan kental, sisihkan parutan kelapa untuk dibuat menjadi santan encer dan digunakan pada masakan lain. Masukkan juga cabe merah dan parutan bumbu halus seperti bawang putih dan bawang merah ke dalam juicer.


Tumis bumbu halus hingga bawang matang dan harum, masukkan cabe merah, masukkan salam sereh dan daun jeruk purut, aduk rata. Masukkan santan kental hingga mendidih. Terakhir masukkan ikan yang telah disaring, aduk rata hingga matang. Jika ikan tidak kunjung matang, tambahkan air mendidih sedikit demi sedikit hingga ikan matang. Masakan bisa langsung disantap atau dimasukkan ke dalam daun pisang.


Bungkus dalam daun pisang dan bakar bungkusan ikan sampai harum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar