Minggu, 29 Maret 2015

Tips Memilih Yogurt Yang Sehat

https://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Yogurt
Konon yogurt adalah makanan yang sehat, namun untuk memilih yogurt yang sehat ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Beberapa tips yang dapat menjadi pertimbangan antara lain:

1. Pilih plain yogurt yang tidak mengandung gula dan perasa. Denagn memilih yogurt ini kita dapat mengatur sendiri jumlah gula yang akan digunakan, jenis gula dan campuran buah yang akan kita pakai.Selain gula pasir kita dapat menggunakan gula palm, madu, sari kurma dan menambahkan beberapa jenis buah buahan  yang sudah matang dan terasa manis seperti pisang, anggur, apel, mangga, nangka, dll untuk mengurangi konsumsi gula pasir.


2. Perhatikan tanggal kedaluarsa dari yogurt yang digunakan, jangan mengkonsumsi yogurt yang sudah lewat dari tanggal kedaluarsanya karena dapat menimbulkan penyakit. Perhatikan juga bagaimana toko menympan yogurt yang dijual. Tempat yang paling baik adalah dalam lemari pendingin utnuk menghambat proses pertumbuhan bakteri dalam yogurt.

3. Jika kita menemukan yogurt yang terasa aneh dan tidak sesuai pada lidah, tenggorokan ataupun perut, jangan teruskan mengkonsumsinya.

4. Berhati hatilah membeli yogurt kemasan yang tidak ada daftar dari departemen kesehatan dan tidak memiliki tanggal kedaluarsa

Jika kita sudah membeli yogurt yang terasa aneh di lidah, jangan langsung dibuang. Coba pisahkan dahulu bagian cairan yogurt  yang ebrwarna bening dan bagian yogurt yang kental berwarna putih susu. Buanglah bagian yang bening dan coba cicipi bagian yang berwarna putih susu. Jika yogurt masih terasa enak dan tidak aneh, kita dapat melanjutkan mengkonsumsi yogurt tersebut atau mengubah yogurt menjadi aneka kue dan cemilan.

 

Mengapa kita harus memisahkan yogurt tersebut dan membuang bagian yang bening? Kemungkinan besar yogurt yang berwarna bening ini sudah dicampur denagn air dan bahan perasa lain sehingga terasa agak aneh di lidah. Kalau bagian yang berwarna putih susu masih terasa aneh dan membuat mual, jangan lanjutkan mengkonsumsi yogurt, gunakan yogurt untuk pelembab, masker muka, dll agar yogurt tidak terbuang sia sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar