Rabu, 06 Agustus 2014

7 Cara mengenali Bakso Boraks

 

Bakso memang  makanan yang disukai berbagai kalangan termasuk anak anak akrena tektsturnya empuk sehingga mudah untuk dikunyah anak. Namun kita perlu berhati hati jika membeli bakso yang sudah jadi karena beberapa bakso di pasaran ada yang menggunakan bahan boraks sebagai pengenyal bakso. Sebenarnya bahan pengenyal bakso yang aman dan diekstrak dari bahan alami atau pun bahan kimia sudah ada (silahkan lihat di : http://www.bengkelbakso.com/2010/12/pengenyal-bakso.html.  Yang disebutkan di sumber tersebut, bahan pengenyal ini memang harganya relatif mahal dibandingkan boraks. Para penjual bakso mungkin sudah memiliki berbagai alasan sendiri memakai boraks dalam bahan makanannya. Dengan alasan kesehatan kita perlu memiliki pengetahuan agar dapat mengenali seperti apa ciri ciri bakso boraks.

Ciri Ciri Bakso  Boraks

  1. Bertekstur keras dan sangat kenyal
  2. Berbau aneh bukan bau daging tapi seperti bau obat atau bahan kimia.
  3. Warna keputihan tapi kenyal
  4. Jika disimpan tidak akan busuk walaupun lebih dari 5 hari
  5. Jika diberikan kepada binatang seperti semut dan kecoa tidak akan dimakan, malah binatang binatang tersebut relatif menghindarinya. 
  6. Harganya relatif lebih mudah dibandingkan bakso daging
  7. Jika membeli daging bakso dalam kemasan, coba baca kembali kandungannya. Beberapa bakso memang mencantumkan dalam barang dagangannya kalau tidak menggunakan boraks karena cara seperti ini bisa meningkatkan daya jual bakso tersebut. Jika memungkinkan, tanyakan pada kedai bakso denagn sopan apakah bakso yang dijualnya menggunakan boraks atau tidak.
Didapat dari berbagai sumber yaitu: 

Jika ingin menikmati bakso tapi tidak mau makan bakso boraks ada baiknya membuat bakso sendiri denagn menggunakan pengenyal yang diizinkan atau tidak menggunakan bahan pengenyal sama sekali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar