Minggu, 21 September 2014

Beberapa Cara Memasak Telur Ceplok


Telur ceplok adalah makanan sederhana yang cukup digemari oleh berbagai kalangan. Ada yang suka menikmati telur ceplok dengan nasi hangat dan kecap, ada juga yang mengolah telur ceplok menjadi sambal goreng telur ceplok, telur ceplok bumbu kuning, bumbu balado, dan lain lain.

a. Memasak telur ceplok satu per satu


Cara memasak telur ceplok yang paling sederhana adalah menggorengnya dengan minyak yang pada wajan. Untuk yang tidak ingin menggoreng dengan minyak, dapat menggunakan panci teflon atau panci khusus, jangan lupa untuk memasak dengan api yang kecil. Jika api terlalu besar dan kurang minyak, yang terjadi adalah telur bagian luar yang berwarna putih akan gosong dan kehitaman tapi bagian kuning belum matang. Bagian kuning telur berisi lemak dan memang lebih sulit matang dibandingkan bagian putih telur yang mengandung protein. Apalagi bagian ini biasanya lebih tebal dari bagian p utih telur. Selain menggunakan api kecil, kematangan kuning telur dapat diusahakan dengan menggunakan jumlah minyak yang cukup. Siramkan minyak panas ke bagian kuning agar lebih matang. Kita bisa juga memecahkan bagian kuning agar tebal kuning telur berkurang dari ukuran normal sehingga lebih mudah matang.

b. Memasak telur ceplok dalam jumlah yang banyak

Memasak telur ceplok sangat mudah, tapi sayangnya telur ini harus dimasak satu persatu ke dalam pan atau wajan. Kalau beberapa telur dimasukkan sekaligus, bentuknya menjadi besar dan tebal sehingga sulit matang. Yang dapat dilakukan adlaah menunggu sampai telur ceplok yang kita  masukkan berubah menjadi padat (set), baru kita menambahkan telur berikutnya. Cara yang lebih mudah lagi dengan memasak telur di dalam cetakan kue lumpur. Kita dapat memasak 7 telur dalam waktu yang sama (sesuai jumlah loyang cetakan kue lumpur).  Dengan cara ini waktu memasak menjadi lebih singkat.

c. Memasak 1 telur ceplok menjadi banyak telur ceplok 

Ada juga yang pernah mencoba memasak 1 telur ayam menjadi beberapa telur ceplok seperti :

1. Membekukan telur terlebih dahulu


1. Telur ayam mentah dibekukan terlebih dahulu



 2. Sesudah menjadi beku dikupas

Ini foto telur yang sudah dilepas dari kulitnya: terlihat bagian kuning di tengah tengah.

3. Setelah dikupas telur dalam keadaan beku dipotong potong. Bagian ini harus dilakukan dengan hati hati karena memotong telur ini hampir seperti memotong batu....

4. Dalam keadaan beku dan diiris menjadi beberapa bagian, telur digoreng dalam minyak panas. Hati hati dengan letupan minyak karena kandungan air yang banyak.

5. Di bawah ini adalah foto telur selesai digoreng. Sebagian menamakannya telur kelinci. Satu buah telur bisa dibagi menjadi 4 sampai 6 bagian.

2. Memasak telur ceplok "Mini Coludy Egg" dalam cetakan kue 


Gambar di bawah ini juga telur ceplok. Inginnya membuat telur ceplok dengan bentuk hati berwarna kuning di tengahnya. Tapi nampaknya masih membutuhkan latihan lagi untuk menghasilkan bentuk hati yang bagus.

Cara membuatnya: pisahkan putih dan kuning telur. Kuning telur dimasukkan ke dalam plastik segitiga yang dicampur dengan tepung terigu dan pewarna merah dari tomat.
 

Bagian putih dikocok sampai soft peak untuk menghasilkan putih telur yang empuk dan renyah di bagian tepinya.
Bentuk kuning telur sesuai selera di atas cetakan kue lumpur.

Tuang putih telur di atasnya.

Tutup cetakan kue lumpur, tunggu sampai matang, balik telur, tunggu sampai sisi sebelahnya matang.


Gambar di bawah adalah sisa kuning telur yang didapatkan dari membuat telur ceplok hati ini. Saya menggorengnya dengan minyak yang banyak agar terasa gurih dan renyah.




20 komentar:

  1. Sekarang ada juga teflon karakter. Bisa bikin telur ceplok imut segala bentuk.
    etapi saya blom punya satupun. Niatnya sih pengen beli, tapi belom jadi-jadi sampai sekarang

    BalasHapus
  2. Ternyata bikin telor ceplom aja ada banyak caranya. Memang kalo salah salah bisa aneh juga bentuknya hehe

    BalasHapus
  3. Saya kalau makan telor ceplok ga bisa digoreng pake minyak tapi direbus gitu mbak apa ya itu namanya ..wujud nya jadi telor ceplok hanya metode nya direbus hehehe

    BalasHapus
  4. Saya suka liat kreasi telur ceplok atau bahasa kerennya sunny side egg di Instagram ataupun di video yutup. Cara-caranya juga sangat kreatif.
    Yang paling saya suka telur ceplok dibekuin lalu dibikin untuk isian sandwich. Liat videonya tuh rasanya mudah, pas nyoba rupanya butuh effort juga.

    BalasHapus
  5. Cantik kreasi telur ceplok bentuk hati. Bisa disajikan pada anak-anak yang susah makan telur.
    Biasanya saya gagal bikin telur ceplok atau mata sapi karena belum tahu caranya ada di api kecil. Lain kali akan dicoba, semoga berhasil.
    Senang beroleh ilmu dapur baru dari Jeng Wise, soalnya kalau masak di dapur saya jarang mikir teknik, asal tuang dan sambil ngelamun jadi sering ada langkah tidak tepat, he he. Bikin sambal goreng jengkol lupa memasukkan tomat yang sudah dicuci bersih ke dalam bumbu yang sudah diulek, dan sebagainya.

    BalasHapus
  6. ya ampun unik banget kak, selama ini masak telur mah tinggal masukin telur doang. ini dimasukin ke frezzer dulu baru dipotong2 ya, tapi lucu dan pengen nyobain, hihi

    BalasHapus
  7. ada aja tren memasak ala-ala sekarang, even masak telur ceplok juga ada caranya ya, wah yg mini cloud egg boleh juga tuhh thanks yaa sharingnya

    BalasHapus
  8. Wah ilmu baru nih. Bikin telur ceplok mini. Anak saya bakal tertarik untuk mencobanya. Terimakasih ya. Saya akan coba praktikkan

    BalasHapus
  9. Ihh lucu bangettt mbaa.
    Aku juga mau coba aahh.
    Kreatif bangett yak

    BalasHapus
  10. ya ampuuuuun, saya ngakak baca ini. ternyata pas baca lengkap, eh banyak juga ya gaya penyiapan telur ceplok.

    BalasHapus
  11. wah kebetulan niy saya sedang stay at home kadang bosen bikin telor ceplok gitu-gitu aja, nemu ide jadinya lihat ini ka

    BalasHapus
  12. Telur ceplok jadi makanan sehari-hari waktu ngekos jaman kuliah dulu. Kenapa nggak dari dulu saya ketemu artikel ini ya. Banyak kreasi yang bisa diolah dari hanya telur ceplok ternyata. Ditunggu selalu olahan terbarunya. :)

    BalasHapus
  13. Menu makan praktis tiap pagi nih telur ceplok kak, wah terima kasih resepnya.nanti dicobai satu satu ah

    BalasHapus
  14. Wah keren-keren nih resepnya. Bisa ngalahin Chef Arnold

    BalasHapus
  15. astaga bikin telur ceplok aja bisa jd lahan berkreasi ya kak :D selalu penasaran sama yg cetakan telur itu, pengen nyobain, kayaknya semua telur jd cakep gt ya 😂

    BalasHapus
  16. Terbiasa cuma masak telur ceplok satu persatu. Itu pun kadang masih gak rapi menurut saya. Boleh juga dicobain nih untuk jumlah banyak. Meskipun pastinya enggak mudah ya. Makin kreatif para bunda kalo baca informasi begini.

    BalasHapus
  17. Ya ampun baru tau cara nyeplok dengan dibekukan dulu. Makasih ilmunya kakaa..

    BalasHapus
  18. Kreasi Sangat baik, Apalagi telor ceplok tambah tepung untuk buat ayam goreng. waah makin mantap neh

    BalasHapus
  19. setela saya baca, kok kesannya jadi bahasan cara bikin terlur ribet yang pernah saya tau. dari harus dibekukan dulu, kalau keburu laper gimaan, gak keburu harus di freeze dulu. apalagi sampai di mixer terlur putihnya.
    maaf ya itu komentar saya

    BalasHapus
  20. hihii.. saya termasuk yang males nyeplok telur karena gak puas liat hasilnya, jd mending dikocok aja sekalian buat telur dadar wkwkwk

    BalasHapus