Rabu, 03 September 2014

Membuat Muffin Pisang Tanpa Telur Tanpa Mixer

Pisang yang sudah matang sekali memiliki kadar gula yang tinggi dan rasa manis yang luar biasa... Ada banyak sekali variasi masakan yang dibuat dari pisang dan masakan ini lebih terasa enak jika pisangnya sudah matang sekali (tepatnya jika pisang ini dibiarkan keesokan harinya kemungkinan besar sudah tidak dapat dikonsumsi lagi karena sudah terlalu berair dan mendekati busuk).  Cara paling muadh adalah dengan membuat pisang goreng, nagasari, bahan isian roti atau pukis, carang gesing dan juga dengan membuat muffin pisang.

Muffin pisang biasanya dibuat dengan menggunakan telur, tapi ternyata tanpa telur pun kita bisa membuat muffin ini, jadi bagi anak anak yang alergi dengan telur juga bisa menikmati hidangan ini denagn aman.  Resep asalnya dari sini.

Saya membuatnya seperti ini,

Bahan


Pisang yang sudah sangat matang 4 buah
3 sdm minyak goreng
Gula pasir yang dihaluskan 1/2 cangkir
Gula merah seperempat butir
Tepung terigu 1 1/2 cangkir
Baking soda 1 sdt
Baking powder 1 sdt
Bubuk kayu manis jika suka 1 sdt
Kacang dan coklat chip jika ada (saya menggantinya dengan meses)

Cara membuat


Haluskan pisang, campur dengan minyak goreng dan gula pasir serta gula merah, tambahkan bubuk kayu manis jika ada. tambahkan juga baking soda dan baking powder lalu sedikit demi sedikit tambahkan terigu, letakkan adonan di dalam cetakan muffin dan panggang dalam oven 180 derajat celsius hingga matang kurang lebih 30 menit. Sajikan hangat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar