Jumat, 06 Maret 2015

Resep Roti Hitam Putih Ketan Hitam Tanpa Telur

Resep Roti belang belang ini dihasilkan karena kebetulan di rumah ada tepung ketan hitam. Karena sudah sering membuat kudapan tradisional dari tepung ketan hitam seperti bugis, membuat onde ketan hitam terlalu sulit dan lama serta membuat bolu ketan hitam membutuhkan banyak telur, akhirnya saya mencoba membuat roti belang ketan hitam. Waktu yang dihabiskan untuk membuat roti ketan hitam ini lebih singkat dibandingkan membuat kudapan tradisional.

Walaupun tidak menggunakan telur, roti ini tetap lembut dan lembab karena menggunakan tang zhong. Bagian yang berwarna ungu kehitaman lebih lembab dan beraroma dibandingkan dengan bagian putih karena mengandung tepung ketan hitam.


Resep yang biasa saya pakai untuk roti yang empuk adalah: 300 gr terigu 50 gr lemak 2 kuning telur 20gr ragi basah 50 gr gula pasir stengah sdt garam 100 gr air. Untuk roti tawar adalah 300 gr terigu 150 gr air 50 gr lemak, 30 gr gula, stengah sdt garam. Jika ingin roti tawar yang lembut kita dapat menggunakan adonan tang zhong sebanyak 25 gram tepung terigu denagn 125 cc air mendidih. (selengkapnya silahkan lihat di sini). Bahan tambahan seperti ketan hitam, ubi atau kentang dapat ditambahkan sebanyak kurang lebih 10 persen dari berat tepung.

Kita bisa berkreasi berbagai macam bentuk dari roti 2 warna ini. Selamat mencoba.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar