Jumat, 28 Desember 2018

Kue Tradisional Awug Sagu Mutiara





Awug sagu mutiara

Awug adalah salah satu makanan selingan khas Indonesia. Ada banyak cemilan yang termasuk awug yaitu awug beras, awug beras ketan, atau yang ada disini yaitu awug sagu mutiara. Pada dasarnya awug adalah cemilan yang dipadukan denagn kelapa parut, gula pasir atau gula merah, lalu dikukus.
(silahkan lihat resep awug lainnya yaitu Awug beras).  Ini adalah awug sagu mutiara dnegan bahan dasar sagu mutiara, gula pasir dan kelapa.

Apakah sagu mutiara itu?

sagu mutiara
Sagu mutiara terbuat dari tepung kanji yang diberi pewarna dan dibentuk bulat bulat. Sagu ini bisa dimasak menjadi bubur mutara, campuran pada hunkwe, pada minuman, puding dan lain lain. Ada sagu mutara yang siap pakai tanpa perlu dimasak dulu, dijual dalam kemasan dan direndam dengan air, ada juga sagu mutiara kering dalam kemasan plastik yang perlu dimasak lebih dahulu.

Perbandingan air dan sagu sangat berpengaruh pada hasil sagu mutiara yang dimasak. Air yang banyak cocok untuk bubur menghasilkan bubur yang kental dan sagu yang empuk. Sagu kenyal yang tidak terlalu banyak air biasa digunakan sebagai campuran hunkwe atau kue basah lain seperti puding. Sensasi kenyal dan berbentuk bulat pada kue mmberi kesan lain dari yang lain.


Resep Awug Mutiara

1 bungkus sagu mutiara (100 gram)
1/2 kelapa yang agak muda, diparut panjang agak kasar
Gula pasir secukupnya (sesuai selera)
sejumput garam
daun pisang untuk pembungkus

Cara membuat:
Cuci sagu mutiara, simpan dalam piring atau mangkuk, diamkan 30 menit atau lebih.

sagu mutiara yang sudah direndam air
Campur sagu kelapa  gula pasir dan kelapa parut.
Bungkus adonan dengan daun pisang , sematkan lidi sebagai pengunci
Kukus selama 30 menit apisedang atau hingga matang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar