Rabu, 16 September 2015

Tips dan Resep Membuat Mie Goreng Vegetarian Tanpa Penyedap



Kita dapat membuat mie goreng yang lezat tanpa bahan penyedap, bahkan tanpa potongan daging-dagingan ataupun telur. Yang perlu kita lakukan adalah menambahkan bahan bahan natrium glutamat alami yang terdapat pada sayuran dan bahan makanan lain yang terdapat di dapur.

Daging ayam, sapi, ikan dan telur adalah bahan makanan yang mengandung natrium glutamat cukup banyak sehingga menimbulkan rasa yang cukup gurih. Namun rasa gurih dapat juga ditemukan pada tomat, jamur, kelapa muda, santan, cabai, bawang bombay, dll. Dengan menggunakan bahan bahan ini masakan kita akan terasa lebih lezat walaupun tanpa penyedap. Kenali juga cara memberikan aksen rasa pada makanan sehingga masakan yang kita buat tidak akan bertabrakan rasanya.

Resep mie goreng tomat


Mi goreng tomat ini adalah mi goreng vegetarian yang dibuat tanpa zat aditif, tapi cukup lezat untuk dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Bahan


  • Tomat yang sudah matang, merah berair, potong kotak kecil (semakin matang akan semakin gurih rasanya). 
  • Bawang bombay, iris tipis, goreng dengan sedikit garam dan merica.
  • Tahu, bisa menggunakan tahu sutra, atau tahu bandung
  • Mi kering, rebus, tiriskan
  • Bawang putih serta bumbu lain yang disuka sebagai aksen rasa (saya menggunakan sedikit oregano)
  • Boleh ditambahkan jamur merang, tiram, kelapa muda atau bahan lain yang disuka sebagai penyedap (saya tidak menggunakannya)
  • Taburan bawang goreng 

Cara membuat

Tumis bawang putih dan bumbu tabur lain hingga harum, masukkan tomat yang telah diiris bersama garam, kecilkan api, biarkan tomat agak hancur. Masukkan bahan pelengkap lain seperti jamur atau kelapa muda.  Masukkan bawang bombay, tunggu hingga tomat meresap ke dalam bawang bombay.
 Setelah siap, masukkan mi, aduk hingga tercampur rata dengan api kecil. Angkat, hidangkan dengan taburan bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar