Rabu, 04 Maret 2015

Cara Mudah Membuat Cream Cheese Gadungan


1. Cream Cheese dari Yogurt


Terinspirasi dari sini, saya memberanikan diri untk mencoba membuat cream cheese gadungan ini sendiri dari plain yogurt. Ada banyak pro dan kontra tentang cream cheese ini, ada yang berkomentar kalau cream cheese ini rasanya lebih enak dari yang dijual di toko, tapi ada juga yang berpendapat kalau ini bukan cream cheese karena cara membuatnya tidak sama dengan cream cheese yang asli.
Cara membuatnya sangat mudah. Cuup denagn meletakkan yogurt plain yang akan dibuat menjadi cream cheese ke dalam kain yang tipis (saya menggunakan kain tipis berbahan dasar katun yang biasa dipakai untuk menyaringn jus wortel dengan cepat). Ujung kain diikat dan digantung pada cantelan, bisa apa saja. Biarkan yogurt dalam keadaan tergantung sampai seluruh air menetes keluar. Jangan lupa untuk menampung air tersebut untuk digunakan sebagai bahan memasak pancake (pengganti buttermilk), salsa, sauerkraut atau acar. Jika ingnin lebih cepat mengeluarkan air, kita bisa memeras yogurt tersebut perlahan lahan. Perhatikan agar cairan putih kental jangan samapi keluar dari kain penyaring. Setelah yogurt terpisah dari airnya, yogurt  atau cream cheese gadungan ini bisa digunakan untuk berbagai resep, sebagai dipping, saus, campuran pancake, frosting, filling, cookie, pasta, bahkan untuk membuat japanese cream cheese cake. 

2. Cream Cheese dari Susu, Butter dan Keju


Ada cara lain untuk membuat cream cheese bukan dari yogurt yaitu:

Cream Cheese Homemade
Sumber : Royal Palmia
By. Heynich Anak Pak Saragi
Bahan :
  • 130 ml susu cair
  • 130 gr keju parut
  • 40 gr margarine/mentega

Cara membuat:
• Campur semua bahan, masak dengan api kecil sambil di aduk sampai meletup letup lalu matikan api
• Hilangkan uap panas nya, mixer sebentar dengan speed paling rendah
• Simpan di tempat kedap udara, masukan ke dalam kulkas

3. Cream Cheese dari Whipped Cream


  • 125 ml krim kental dari whipped cream
  • 125 gram cheddar cheese yang diparut halus

Cara Membuat:
Cheddar cheese parut dicampur dengan krim kental, lalu dimasak dengan api kecil.Aduk agar tidak gosong. Campuran cheddar cheese dan krim kental ini diaduk terus sampai kejunya meleleh dan campuran krim kental ini sudah tercampur dengan sempurna sehingga menjadi adonan keju yang lembut. Setelah itu angkat, dinginkan, siap untuk dipakai.

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Your Welcome, thanks for visiting this blog

      Hapus
  2. Boleh juga nih cream cheese "gadungan"-nya, jadi bisa bikin japanese cheese cake nih... terima kasih resepnya

    BalasHapus
  3. Boleh juga nih cream cheese "gadungan"-nya, jadi bisa bikin japanese cheese cake nih... terima kasih resepnya

    BalasHapus