Selasa, 02 September 2014

Menghilangkan Bau Amis Pada Bakso Ikan Yang Akan Diolah


Semua ikan pada dasarnya bisa dibuat menjadi bakso. Tapi sebagian besar memilih ikan laut dibandingkan ikan air tawar. Ada  beberapa alasan mengapa ikan laut dipilih, salah satunya karena ikan laut lebih banyak dagingnya, alasan lainnya karena ikan laut lebih tidak berbau amis dibandingkan air tawar. Sebenarnya kita bisa menghilangkan bau amis pada ikan laut ataupun ikan sungai. Bau amis pada ikan dapat dihilangkan dengan beberapa cara antara lain:

  • Cuci daging ikan sampai bersih, hilangkan lemak dan sisik. Setelah bersih, cuci lagi ikan denagn air bekas mencuci beras, diamkan sebentar, lalu cuci bersih
  • Rendam ikan dalam larutan asam seperti jeruk nipis dan belimbing wulung
  • Lumuri ikan dengan bumbu seperti garam bawang putih dan meric.Untuk alasan kesehatan,sebaiknya hindari penggunaan MSG dalam melumuri ikan atau dalam adonan bakso ikan karena protein di dalam ikan sudah cukup untuk membuat bakso ikan menjadi gurih.
Beberapa jenis ikan memang ada yang sangat berbau dan berlemak sehingga cukup sulit untuk mengolahnya menjadi bakso seperti ikan patin. Jika bau amis ini sudah hilang, ikan dapat diolah seperti untuk membuat bakso lainnya.Untuk ikan patin, jika daging masih berbau amis ketika dilumuri bumbu bumbu, kita dapat menambahkan bawang ke dalam adonan bakso yang dibuat, kalau perlu kita juga dapat menambahkan beberapa irisan daun bawang dan daun jeruk. Dengan cara ini bakso ikan yang dihasilkan tidak akan berbau amis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar