Selasa, 08 Maret 2022

Mencoba Aneka Resep Kulit Pastel

Pastel hasil modifikasi tanpa telur

Ada beberapa resep di internet yang pernah saya pelajari untuk membuat kulit pastel yang renyah, mudah bikinnya, enak dan irit di kantong. Irit karena resepnya nggak menggunakan telur. 

Berbeda dengan pastel ini yang menggunakan telur pada kulitnya:

Kulit menggunakan telur, isi keju parut dan sayur


 Beberapa resep yang saya coba adalah:

1. Kulit pastel metoda minyak atau margarine cair panas, dicampur tepung, lalu didinginkan dengan air pelan pelan. Sumber(https://cookpad.com/id/resep/201526-kulit-pastel-gurih-dan-renyah)

Bahan: 

  • 250 gr terigu
  • 80 gr minyak goreng
  • 80 ml air
  • 1/2 sdt gula
  • 1/2 sdt garam

Panaskan minyak, masukkan terigu, aduk, tambahkan air yang sudah dicampur gula dan garam. Perbandingan terigu: minyak: air= 3.5: 1: 1. campur semua bahan, tipiskan, isi dan goreng

Review: 

Cukup mudah dibuat, adonan mudah dibentuk, tapi ternyata hasil terasa berminyak di tenggorokan. Ini bisa karena adonan atau teknik menggoreng dan panas yang kurang tepat.

 2. Kulitnya tidak perlu pakai minyak panas, tinggal campur semua bahan

https://cookpad.com/id/resep/12652347-pastel-renyah-tanpa-telur-bisa-frozen

  • 50 gr minyak sayur
  • 200 gr tepung terigu serbaguna
  • 75 ml air
  • Sejumput garam

Review: 

Lebih mudah dari yang menggunakan minyak panas di atas, sayangnya adonan agak sulit dibentuk dan agak lengket. Tapi hasilnya renyah dan enak. Cuma ada sedikit rasa lengket di tenggorokan karena cukup berminyak. Perbandingan terigu: minyak: air= 8:2:3.

Resep adonan kulit pastel saya modif seperti ini:

Modifikasi ala saya: 

Saya  mencari perbandingan yang tepat antara terigu minyak dan air. saya perbanyak jumlah terigu dengan perbandingan air dan minyak yang tetap sama. Perbandingan terigu: minyak: air=10:2:3.  Adonan mungkin agak sedikit keras. Kalau kurang sesuai karena ada perbedaan jenis terigu yang dipakai, airnya bisa menyesuaikan lagi.

  • 100 minyak
  • 150 air
  • 500 tepung
  • garam merica dan bubuk bawang putih kalau suka


Cara membuat sama saja dengan resep sebelumnya. Hasilnya adonan lebih mudah dibentuk, setelah digoreng adonan juga terasa gurih dan renyah. Kulit pastel saya terasa gurih berempah karena memakai garam merica dan bubuk bawang. 

Untuk yang alergi gluten bisa mencoba resep Pastel Gluten Free yang saya dapat dari Aisyah'skitchen79 di Instagram. Triknya menambahkan kentang agar adonan pastel tetap empuk tidak alot dan mudah dibentuk.

Resep kulit pastel Gluten Free

Tepung Beras 120gr
Tepung Tapioka 20gr
Kentang 250g (kukus)
Air 180ml
Minyak 1 sdm
Garam 1/2 sdt 

Masak seluruh bahan sampai matang, setelah hangat tambahkan sedikit tepungtapioka, adonan siap dibentuk.



16 komentar:

  1. Ternyata pastel tanpa telur tetap renyah juga ya. Enak buat camilan saat hujan

    BalasHapus
  2. Wah, bikin cemilan kayak gini tuh rasanya pingin. Tapi jelas keahlian kurang. Terima kasih ya Mbak, resep kulitnya. Entah kapan pingin nyobain.

    BalasHapus
  3. Saya suka sekali sama metode yang main campur ana mba.

    Kalo seringnya sih bikin pastel biasa.
    Pernah ikut juga pelatihan bikin pastel berlapis (curry puff pusing), dan memang prakteknya lumayan pusing juga, walaupun hasilnya bikin hepi hahaha

    BalasHapus
  4. Yang terakhir keliatan halus kulitnya.. rasanya bikin hati meleleh pastinya hehe..

    BalasHapus
  5. Kalau liat gambar dan resep makanan seperti itu suka muncul keinginan untuk recook. Namun, kemudian timbul rasa insecure karena nggak jago masak.

    BalasHapus
  6. Wahhhh ini ni yang kucari.. suka banget sama pastel tapi kadang suka beli yg kulitnya kurang renyah..

    BalasHapus
  7. Pastel cemilan kesukaanku,.duhh auto bikin lapeerr maak

    BalasHapus
  8. Aku juga suka banget bikin cemilan sendiri di rumah. Tapi kalau pastel belum pernah bikin sendiri. Lihat ini jadi pengen nguplek bikin pastel ntar di dapur

    BalasHapus
  9. Huwaaaahh aku bisa makan doang gak bisa bikin wkwkwk. Seumur-umur belom pernah bikin pastel sendiri. Kayaknya mesti coba bikin deh karena udah di kasih resepnya nih.

    BalasHapus
  10. Aku juga suka kalau kulitnya gurih dan renyah. Ternyata ada rahasianya, pakai garam merica dan bubuk bawang. Wah bisa dicoba nih lain waktu. Thanks untuk resepnya 😍👍

    BalasHapus
  11. Saya penyuka pastel. Biasanya dikirimi Tante saya yang memang terima pesanan pastel. Coba kirim resep ini ke tante saya ah. Biar dibikinin. Hihihihi.

    BalasHapus
  12. Auto ngiler baca review nya. Pengen segera meluncur ke dapur buat eksekusi.

    BalasHapus
  13. Pastel emang gorengan yg aku suka si apalagi kalau isinya itu sayuran tapi kebanyakan isinya itu bihun gitu si

    BalasHapus
  14. Kakak saya suka buat, isinya kadang kentang kadang bihun. Suka banget kalau kulitnya renyah

    BalasHapus
  15. Thankyou resepnya, sepertinya mudah ya.. kalau ada youtubenya saya mau nonton dong

    BalasHapus
  16. Wah tengku mbak resepnya bikin aku jadi ngiler...semoga bisa segera aku coba. Kan lumayan coba coba bikin cemilan di rumah

    BalasHapus