Sabtu, 26 Maret 2022

Tips Membuat Sambal

Sambal goreng dari minyak bekas menggoreng ikan

Salah satu pendamping lauk yang bisa menambah selera makan adalah sambal. Makanan yang sederhana menjadi terasa lebih nikmat dengan adanya sambal. Dulu waktu mulai belajar memasak, bikin sambal itu terasa sangat sulit, kalau nggak pas rasanya pedas menyengat denagn aroma bawang yang cukup kuat. tapi ternyata ada cara mudah membuat sambal yang enak. rahasianya dengan menambahkan minyak atau lemak. Dengan adanya lemak, bau bawang dan pedas akan lebih 'tersamarkan' dan ada aroma gurih lain dari sambal tersebut. Minyak bisa didapat dari bekas menggoreng ikan yang ditambahkan ke sambal mentah. Atau sekalian sambalnya dimasak dengan minyak goreng bekas boreng ikan tadi.  Bahan penambah lain akan memberi berbagai rasa pada sambal. Contohnya tomat yang digoreng akan membuat sambal terasa lebih gurih karena tomat mengandung glutamat alami. kemiri akan membuat sambal menjadi berlemak dan berbau sedap, terasi akan memberi sensasi gurih dan sedikit pahit. Pilihlah aksen seperti apa pada sambal yang akan kamu buat, tapi jangan terlalu banyak agar tidak terlalu membingungkan rasanya. 

Cara lain makan sambal dengan beli sambal botol. sayangnya sekarang sebagian besar sambal botol di pasaran sudah memakai bahan penyedap. tapi kita bisa membuatnya sendiri dengan rasa yang tidak kalah sedap dan tanpa penyedap. Sambal botol memiliki trik yang berbeda. Sambal ini direbus dan tidak menggunakan banyak minyak. Kita dapat menambahkan bawang bombai tomat garam dan gula sebagai  penambah rasa. Jika dilakukan dengan benar  sambal ini akan terasa sedap walau tanpa penyedap buatan. Sambal ini tidak perlu ditumbuk, cukup diblender saja lalu ditumis dengan sedikit minyak dan ditunggu hingga air agak menyusut.

Cabe merah digiling dengan juicer siap diolah menjadi saus sambal.

6 komentar:

  1. Makasih resepnyaa memang yaa kadang kita temui sambal enakk tp sering juga nemu sambal yang kurang mantul. Ternyata ada tips khusus yaa....mak kalau sambal roa prosesnya gimana?

    BalasHapus
  2. Kata orang, tak ada laukpun jadi asal ada sambal. Apalagi dinikmati dengan sayur lalapan dan nasi hangat, pasti akan makin nikmat dan membuat nambah dan nambah lagi

    BalasHapus
  3. Memang lebih asyik bikin sambal sendiri, bisa disesuaikan dengan selera. Kalau beli rasanya kurang pas.

    BalasHapus
  4. Tomat, terasi, dan kemiri ya.. boleh juga nih dicoba untuk stok sambel jelang puasa

    BalasHapus
  5. Memang benar, Mbak, sambal itu penambah selera makan. Saya bisa nambah porsi kalau ada sambal yang mantap.

    BalasHapus
  6. Saya penyuka sambal, sambal apapun. Walaupun porsi cabenya biasanya cuma satu doang. Hihihi. Di rumah masih pakai ulekan, tapi sering capek. Mau cari blender yang bisa buat nyambel nih. Oya biasanya saya suka nambahin terasi ke sambal.

    BalasHapus