Rabu, 30 Maret 2022

Bolu labu kuning


Panen Labu dari kebun belakang bikin anak anak bersorak sorai karena mereka sudah nggak sabar ingin menikmati bolu labu.. entah kenapa dari beberapa resep yang pernah saya coba, lagi lagi bolu labu ini yang selalu ditunggu tunggu. Ada beberapa versi bolu labu yang pernah saya buat. Dan ini adalah resep keempat, optimasi dari resep sebelumnya. 

Resep ke 1 menghasilkan 1 loyang tulban 24 cm, struktur kokoh, lembut, jumlah labunya sedikit dan agak kering karena tidak menggunakan air.  resep ke 2 sangat lembut, jumlah labu banyak, menghasilkan 1 loyang, bersisa 2 putih telur. resep ke 3 untuk 1.5 loyang, empuk.

Pada resep  keempat ini teksturnya lebih padat dan mengenyangkan,  bentuknya lebih kokoh dengan takaran yang 2 digit terakhirnya 0 sehingga mudah untuk menakarnya. Jumlah labu lebih banyak. Saya sengaja menggunakan labu yang banyak karena labu kaya nutrisi. Dengan banyak labu rasanya gurih dan warnanya kuning, seperti bolu yang mengunakan banyak kuning telur, padahal telurnya lumayan irit. Hasilnya adalah 2 loyang ukuran diameter 22-24  cm, lumayan banyak, seperti resep untuk 8 telur.

Bahan:

  • 7 buah telur, pisahkan kuning dan putihnya
  • 400 gr labu, kukus, haluskan dan saring, pisahkan airnya
  • 300 gr terigu 
  • 100 ml air (bisa menggunakan air perasan labu, atau kalau mau cepat, tidak perlu ditambahkan air, cukup dari daging labu saja, kecuali kalau mau menambahkan susu)
  • 100 ml minyak 
  • 210 gr gula halus
  • 1/2 buah jeruk nipis peras 
  • Keju parut, kismis, coklat chip  untuk topping sesuai selera


Cara membuat:

Kocok putih, tambahkan jeruk nipis sedikit demi sedikit. setelah mulai mengembang dan putih, tambahkan gula halus sedikit demi sedikit. Adonan akan berwarna putih mengkilat. Kocok hingga 'jambul' adonan berdiri (hard peak). Sisihkan. 

Campur kuning telur, labu, air, minyak tepung terigu. tambahkan adonan putih sedikit demi sedikit sambil aduk balik. Lakukan sampai semua putih tercampur rata. Tuang ke dalam loyang. tambahkan topping. Panggang hingga matang.



Hasilnya bolu yang agak padat kokoh, namun lembut dan mengenyangkan.

14 komentar:

  1. Pasti mantap ini rasanya, apalagi labunya panenan sendiri.
    Saya belum pernah bikin bolu labu kuning. Biasa labu kuning dikolak atau dibikin isian pie. Bisa nih dicoba resepnya buat makanan berbuka puasa
    Makasih resepnya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama..
      Saya juga belom pernah makan bolu labu.
      Saya taunya kolak labu, tapi juga kurang doyan.
      Tapi di keluarga saya ada menu gulai labu, kalo ini saya suka. Untuk teman makan nasi.

      Hapus
  2. Terus terag blm pernah bikin cake dari labu kuning saya...lembut kah mbak teksturnya?

    BalasHapus
  3. Terimakasih nih udah dihidangkan menu favorit keluarga. Labu kuning sekarang sudah sulit dicari lho di kampung juga. Kecuali ya sengaja perkebunannya.
    Enak nih saya pun kapan kapan harus mencobanya juga di rumah

    BalasHapus
  4. Fungsi jeruk nipis peras ini untuk apa ya Mba?

    Saya penyuka labu kuning, jadi hepi bangettt dapat resep ini

    BalasHapus
  5. Wah kayaknya kue labunya enak banget kak, wah pengen cobain menunya, cara buatnya mudah dan bahannya sepertinya mudah dicari juga ya kak

    BalasHapus
  6. Uwowww.. Mau nyobain. Soalnya saya udah pernah pake ubi ungu. Pake tape dan juga pernah bolu nenas. Pasti rasanya endesss banget pake labu.

    BalasHapus
  7. Selama ini selalu gagal mengenalkan rasa labu kuning anak-anak menolak. Sepertinya resep ini harus dicoba nih, labu kuning ini bisa juga untuk bikin donat katanya.

    BalasHapus
  8. Aku baru tau kalau labu kuning ini bisa dibuat bolu. Resep 4 itu bisalah nanti diterapkan. Bahannya juga tak sulit.

    BalasHapus
  9. Biasanya bolu pisang kalau ibuku bikin sih, ini baru ngeh tapi kayaknya enak juga yaa mba pakai labu kuning. pengen cobaaa jadinya hihi

    BalasHapus
  10. Ou, ini namanya teknik Chiffon ya Bunda. Udah emang paket lembutlah kalau begitu, kalau boleh saran ke saya nih Bund. Resep yang ke berapa ya Bunda bisa rekomendasikan ke saya dengan takaran rasa pas dan enggak bikin cepat kenyang?

    BalasHapus
  11. aku nggak doyan labuu, kalau di rumah suka bingung buat apa gitu selain kadang mentok dikukus doang. eeeh kenapa nggak kepikiran untuk diubah jadi bolu lezat seperti ini ya, nyum nyum kalau gini mah pasti abiiiis juga krn lezaat jd bentuk bolu :D

    BalasHapus
  12. Hidangan bolu pemersatu keluarga. Semua bisa makan, mulai dari anak-anak sampai kakek nenenk. Bolu labu kuning sehat banget mba, apalagi buat anak batita atau balita yang lagi mpasi. Duh, ngebayangin anak-anak umur segitu makan bolu ini. Nambah terus pasti.

    BalasHapus
  13. wah mantap ini dimasak untuk satu keluarga besar, kalau bikin untuk aku dan suami mana bisa ngabisin. cocok buat dicoba pas lebaran besok dirumah Ibu

    BalasHapus