Rabu, 23 Maret 2022

Jadi Pembunuh Lele (Tanpa) Bayaran Di Era Covid

 


Awal awal Covid dulu, semangat sekali saya mengurangi kontak dan kontaminasi dari luar.. termasuk ikan Lele, maunya sembelih sendiri agar tidak terlalu banyak tangan sehingga resiko terpapar berkurang.. Kalau dulu sebelum Covid biasanya mamang sayur yang akan membunuh ikan lele yang dibawanya hidup hidup dari pasar. Kenapa si mamang bawa yang hidup? karena lele ini termasuk ikan yang gampang busuk. Jadi kalau dibawa dalam keadaan sudah mati biasanya rasanya akan berbeda. Apalagi kalau sudah dibawa mamang sayur jalan jalan di bawah terik sinar matahari.

Ternyata saya dapat banyak pengalaman berkesan ketika menyembelih ikan lele..sesuatu hal yang tidak pernah terpikir akan saya lakukan sebelumnya.

Mamang sayur langsung menyerahkan lele yang masih bergerak lincah itu pada saya dengan wajah agak sedikit heran.. Terus terang lihat lele yang bergerak gerak dan terlihat licin itu takut juga saya.. wah  nekad inih.. sudah terbayang kalau menyembelih lele itu tidak mudah. Bagaimana kalau tiba tiba ia loncat karena licin, sehingga dapur saya menjadi berantakan, atau saya terkena patil, atau lelenya nggak mati mati walau sudah dibunuh.. macam macam lah yang ada di pikiran saya..   jadi sebelum betul betul membunuhnya, langkah pertama yang saya lakukan adalah menyimpan lele ke dalam baskom yang cukup aman. besar dan berisi air.. 

Setelah itu saya langsung cari info tentang bagaimana menyembelih lele yang betul dengan berseluncur ke Google dan bertanya pada yang sudah berpengalaman. 

Ternyata ada banyak versi menyembelih lele antara lain: 

1. Cara yang paling mudah untuk kita: merendam lele dengan air garam yang cukup pekat larutannya dan menunggunya hingga mati lemas. 

2. Memukul lele sampai pingsan lalu mati.

3. Memegang bagian kepalanya, kemudian kita potong bagian tengkuk (leher bagian atas) dan kita putuskan tulang dan urat tengkuk tersebut. Ikan lele akan lemas dan mati. 

Cara ke 2 sepertinya paling banyak dilakukan karena sudah dilakukan mamang asyur, di pasar dan ada di beberapa website. Tapi terus terang saya nggak kebayang mau memukulnya di mana dan bagaimana, krena kalau meleset, dapur bisa berantakan, atau kalau salah pukul tangan saya yang terpukul. Jadi ini beresiko tinggi. Cara merendam lele dengan air garam sepertinya cukup aman walau pastinya menghabiskan stok garam di rumah dan membuat lele mati pelan pelan..

Akhirnya saya memilih cara yang ketiga.. yang menurut saya paling cocok dengan situasi kondisi di rumah, dapur yang kecil hanya ada 1 wastafel, tapi juga ada pisau yang sangat tajam yang dapat membantu proses pembunuhan lele.

Teorinya  dengan memutuskan urat pada bagian tengkuk ini ada syaraf  yang terpotong dan lele menjadi lemas lalu mati.

https://www.aliemsurya.com/2018/03/dua-cara-melumpuhkan-ikan-lele-dengan.html
 

Jadi saya siapkan wadah bersih untuk lele yang sudah dibunuh dan saya letakkan lele yang masih hidup dengan wadahnya, dan saya ambil satu lele untuk disembelih dan saya letakkan ke dalam basin (bak wastafel). ternyata lelenya licin sekali dan mengeluarkan suara suara tertentu dalam nada tinggi- entah apa yang mau disampaikan pada saya.. saat itu bener bener nggak tega.. tapi kalau tidak saya urus, berarti makan siang anak anak hanya nasi dan garam saja.. jadi dengan tekad menyajikan makanan sehat baik dan bergizi untuk anak anak, saya mulai acara menyembelih lele dengan doa. Saya berniat akan menyembelih sebaik dan secepat mungkin agar dia tidak terlalu lama kesakitan (dalam hati rasanya nggak keruan dan gemetaran). saya pastikan pisau sudah tajam sekali, dan saya berusaha memegang lele kuat kuat agar tidak lepas dari tangan.. karena takut, pegangannya jadi tambah kuat.. Lele masih bergerak meronta ronta ingin lepas dari tangan saya, jadi kalau ragu ragu, hampir dapat dipastikan ia akan lepas. Dengan mohon perlindungan dan bimbingan Allah, saya mulai memotong bagian tengkuk. ternyata darahnya banyak banget, tapi setelah itu dia betul betul diam tak bergerak. Ini membuat saya dapat menyembelih ke 8 lele dengan cepat.. walaupun mulai pusing melihat darah yang b anyak dan bau amis.. Lele langsung saya beri bumbu dan saya simpan sebentar ke dalam kulkas. Sisanya saya berikan ke kucing. Anehnya mereka langsung menyantap sisa sisa daging dan isi perut dengan lahap, berbeda dengan lele yang biasa saya beli. Kata anak anak juga rasanya lebih gurih dan enak.. 

Saya? entah kapan lagi mau menyembelih lele, karena melihat makhluk meregang nyawa walaupun hanya seekor lele adalah hal yang cukup melelahkan.

Sumber:

https://www.aliemsurya.com/2018/03/dua-cara-melumpuhkan-ikan-lele-dengan.html

https://www.youtube.com/watch?v=LT4vgh0MQDA

https://steemit.com/food/@anaketejo/cara-menyembelih-ikan-lele-yang-baik-tanpa-menyiksa

14 komentar:

  1. Perasaan saya campur aduk baca tulisan ini ... ada gelinya, ada juga perasaan gak teganya .. membayangkan perasaan Mbak huhuhu. Saya pun kalo di posisi Mbak mungkin pikir panjang lagi mau menyembelih lele huhuhu.

    BalasHapus
  2. Jadi ingat saya suka ga tegaan gitu jaid kalau masaka beli ikan termasuk lele, kubiarkan saja sampai mereka mati sendiri gitu kak, mau nyobain nomor 2 atau 3 kayaknya ga tega hehhe

    BalasHapus
  3. Waduh saya aja yg di kampung ga berani membersihkan lele sendiri. Takut kena patil dan licinnya itu. Biasanya suami yg suka bersihkan. Salut sama Mbak yang berhasil mengeksekusi delapan lele sekaligus. Hehehe

    BalasHapus
  4. kenapa sereem bayanginnya hehe.. aku masih yang terima beres sih dari tukang sayur, bahkan sekalian dipotong aja kepala lelenya huhu

    BalasHapus
  5. Mbaaaa,
    Saya pun kalo mau beli lele melewati proses mematikan lele terlebih dahulu pasti saya milih mundur.

    Geliii rasanya.

    Perjuangan banget mau makan lele,

    Mana kalo goreng meletup-letup lagi.

    Mending suami beli di warung aja deh lele yang udah masak.
    Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama..
      Saya juga beli lelenya di abang pecel lele aja de...
      Gak tega ngebunuhnya.
      Lebih tega memakannya

      Hapus
    2. :D, aduh ngakak kali episode kali ini. Enggak kepikiran prosesingnya, tahunya makan adek kak. Hahha ...

      Hapus
  6. Saya enggak tega melihat lele meregang nyawa..duh, maka selalu memercayakan pada abang tukang sayur atau kalau enggak sama pak suami
    Makasih sudah dibagi infonya bagian tubuh lele mana yang harus dilumpuhkan. Lain kali mesti coba sendiri nih

    BalasHapus
  7. Seru banget baca ini. Hahha … drama banget. Mau nyembelih aja takut sadis. Hahah … next tertarik juga ini dengan cara ketiga yang mbak lakukan. Judul artikelnya keren, jadi pembunuh lele … Hehheh :D

    BalasHapus
  8. Saya jadi teringat pas dikasih lele sama teman. Sungguh kebingungan memegang lele yang masih hidup. Takut dipatil. Tapi karena katanya udah gak ada patilnya saya beranikan diri. Ya sama kita kak. Saya pun memilih menyembelih lele hingga putus kepalanya. Memang tidak estetis pas digoreng. Tapi lebih cepat mati ketimbang saya harus merendam lele di air garam.

    BalasHapus
  9. Mantap ya cara nangkapnya, tapi untungnya saya gak begitu suka lele

    BalasHapus
  10. Mba berani. Hebat. Saya sendiri selama ini selalu meminta tolong penjaga kolam lelenya buat matiin si lele. Kebetulan dekat rumah saya ada kolamnya.

    Saya pun sering melihat abangnya membunuh dengan cara yang kedua juga deh.

    BalasHapus
  11. Aku termasuk orang yangg ngga bisa ketiganya wkwkw gabisa ngolah lele. kalau cara direndam pakai air garam iya sih itu mudah banget tapi aku takut nyiksa lelenya ngga sih karena jadi lama matinya?

    BalasHapus
  12. Artikelnya unik. Saya kira apa... ternyata tutorial menyembelih ikan lele + curcol pengalaman he he. Yha.. meski kadang kudu tega menyembelih hewan ya kak. Saya pribadi belum pernah motong lele sendiri. Tapi kalau menyembelih + motong ikan jenis lain, pernah. Suka ngga tega juga. Tapi yha, udah ditangkap, udah sakaratul maut jg kali ya, ikannya. Jadi potong dg yaqin aja biar si ikan ga banyak ngerasa tersiksa..

    BalasHapus