Rabu, 09 Mei 2018

Pizza Homemade Roti Prata

Prata bread atau paratha bread ini cukup terkenal di India dan biasa menjadi hidanan sarapan pagi. Ada bermacam macam padu padan Rito Prata ini seperti kuah kari, keju, dan lain lain. Ternyata Roti Prata ini juga bisa dibuat menjadi pizza. 

Pizza ini teksturnya berbeda dengan pizza yang terbuat dari roti. Pizza dengan base roti teksturnya cenderung 'bouncy', tebal dan empuk. Pizza dengan base roti bisa saja dibuat dalam bentuk tebal dan tipis, tapi aroma dan rasanya berbeda dengan pizza base prata. Dengan base roti, aroma ragi akan sedikit keluar. Remah base roti lebih mudah hancur menjadi serbuk. 

Pizza dengan base prata tidak akan ada aroma ragi karena tidak menggunakan ragi pada proses pembuatannya , remahnya lebih sedikit karena adonan yang lebih padat. Tekstur prata renyah, tapi tidak alot ketika dingin. Kita dapat membuat sendiri roti prata atau membeli yang sudah jadi. Jika ingin membuat sendiri, silahkan lihat resep di bawah ini sebagai alternatif.  Urutan menipiskan dan membentuk adonan diuraikan secara bertahap. 

Proses pembuatan roti prata ini memang berbeda denagn roti biasa, karena tidak memakai ragi, ia mengandalkan lipatan yang terbentuk pada proses penggilasan sehingga teksturnya tidak alot tapi berongga. Semakin banyak palisan akan semakin renyah dan tidak alot. 

Bedanya lagi pada pizza, roti akan dimasak terlebih dahulu baru diberi topping dan dipanggang sampai keju meleleh. Pada pizza paratha, proses ini bisa dilakukan sekaligus. Prata dan topping dipanggang bersama sampai matang. Saya tidak tahu apa dngan cara ini prata bisa mengembang sempurna karena bisa saja saus tomat yang basah bisa mengganggu proses roti mengembang. Tapi saya belum pernah mencoba yang memisahkan topping dan prata. 

Jangan lupa untuk siapkan tenaga dan waktu ya karena membuat roti pratha ini lumayan menguras tenaga, terutama menggilingnya. tapi kita akan lupa denagn prosesnya ketika sudah memakannya. rasa rotinya renyah kriuk digabung dengan topping mozarella.


Prata Bread Cheese Pizza

Prata Bread Cheese Pizza (sumber: EZ Cooking and Baking)

Bahan dough :

  • Tepung Terigu Protein Sedang 250 gr
  • Susu Bubuk 10 gr
  • Garam 5 gr
  • Minyak Sayur 50 ml
  • Gula Pasir 15 gr
  • Air 100 ml
  • Telur 1/2 btr (untuk menjaga kebersihan dan kehalalan, sebaiknya telur dicuci terlebih dahulu)



Cara Membuat :
1. Untuk membuat dough, masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir dan garam ke dalam bowl mixer dengan menggunakan pengaduk roti berbentuk spiral atau berbentuk kait pada mixer dengan kapasitas agak besar, aduk dengan kecepatan rendah. Tambahkan minyak sayur dan telur, aduk dengan kecepatan tinggi, aduk hingga adonan kalis. Kalau nggak ada mizer juga bsia kok dengan menguleni secara  manual. Hasilnya kemungkinan besar tidak akan berbeda.



2. Setelah kalis, istirahatkan adonan selama 10 menit, bagi adonan dengan berat 50 gr, bulatkan dan istirahatkan lagi selama 10 menit. Ada yang merendam adonan di dalam minyak goreng sebelum dibentuk. Tujuannya agar adonan tidak lengket dan menjadi sedikit berminyak sehingga tekstur lebih renyah.

3. Ambil 1 bulatan adonan, tipiskan seperti kulit martabak, beri lapisan mentega kalau suka, kemudian lipat. Istirahatkan lagi selama 15 menit.

Yang agak sulit disini adalah cara menipiskan adonan. Step by stepnya seperti ini:

Tipiskan lalu gulung memanjang


Bentuk menjadi spiral dari arah yang berlawanan dan bertemu ditengah.


Tumpuk kedua spiral menjadi bulatan.


Diamkan kembali adonan yang sudah dibulatkan selama beberapa menit, lalu pipihkan. Adonan akan terlihat agak bertekstur spiral hasil dari penipisan yang telah dilakukan.

Prata Bread siap diberi topping


4. Bentuk bulat adonan pipih, beri topping, kemudian oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 10 - 15 menit. Jika tidak ada oven, bisa memakai teflon karena prata lebih cepat matang dibanding roti biasa. Bisa juga mencoba memasak pizza sampai mengembang lebih dulu baru menambahkan topping agar prata mengembang sempurna dengan tekstur yang renyah berlapis.

5. Setelah matang angkat dan sajikan hangat.


 

Untuk topping bisa bebas sesuai selera. Jika suka pizza dengan aroma seafood bisa mencoba alternatif topping seperti ini:

Topping :

  • Saus Marinara 100 gr
  • Pepperoni 100 gr (saya tidak punya jadi tidak pakai)
  • Udang Kupas 100 gr, marinasi sebentar lalu tumis hingga matang kemerahan
  • Paprika Merah 50 gr
  • Daun Basil 25 gr (bisa diganti kemangi)
  • Keju Mozzarella parut 100 gr
Catatan: saus marinara adalah saus tomat dengan tambahan wortel parut dan jus wortel untuk mengurangi rasa asam pada tomat. Biasanya digunakan untuk saus sea food.


Roti Prata siap dioven


Ini penampakan pizza prata yang saya buat.

Prata Bread Cheese Pizza keluar dari Oven

Saya suka dengan teksturnya yang renyah dan tidak berbau ragi. Kalau ingin pizza prata ini mengenyangkan, kita bisa menambahkan banyak topping di atasnya, terutama keju agar rasanya jadi lebih mantap.

Prata Bread Cheese Pizza siap disantap

9 komentar:

  1. Roti prata khas India saya baru dengar. Sepertinya disebut roti pizza. Terima kasih resep masakannya

    BalasHapus
  2. Ya ampun ... ngiler membaca bagian ini: rotinya renyah kriuk digabung dengan topping mozarella .. dududu ... favorit saya tuh keju apalagi adanya di roti. Roti prata belum pernah nyicipin sih, jadinya makin penasaran dengan resep pizza dengan base homemade ini.

    BalasHapus
  3. Cara membuat base prate seperti membuat roti Maryam ya mba..
    Kalo di Medan kami menyebutnya sebagai roti canai/cane.

    Baru kefikiran bisa membuat pizza dengan base yang tipis seperti ini.

    Nanti saat sudah matang, apakah bentuk base nya jadi berlayer-layer juga kah mba?

    BalasHapus
  4. Siang2 liat pizza jadi ngeces nih mbak, aku blm pernah makan roti prata. Boleh nyontek resepnya ya mbak, pengen nyoba bikin juga.

    BalasHapus
  5. Hmmm jadi penasaran gimana rasanya pizza dari roti prata. Saya pernah nyoba nyicip roti prata. Dulu pernah ke resto masakan India di Sarinah Jakarta. Tapi ga ada menu pizzanya.

    BalasHapus
  6. Wiiih keren kreasinya kak...jadi penasaran rasanya gimana. Rasa roti prata india aja dah bikin penasaran, apalagi kalau dibikin jadi loyang pizza..

    BalasHapus
  7. Paratha, pernah dengar di filmnya Salman Khan yang menyelamatkan anak kecil Pakistan. Kelihatannya enak di filmnya. Dan baru tahu ternyata bisa dibikin pizza juga.

    BalasHapus
  8. Cita-cita banget bisa jago masak kayak gini, tuh. Tiap ngeliat resep kok kayak yang gampang, tapi pas praktiknya suka nggak sesuai ekspektasi,hhe.

    BalasHapus
  9. Saya salah satu penyuka Pizza kak apalagi yang homemade sering di rumah buat dan bisa niy nanti coba resepnya mba

    BalasHapus