Sabtu, 12 Mei 2018

Puding Buah Biskuit Dari Sisa Biskuit




Dear rekan rekan, apakah sudah bersiap siap menyambut bulan Ramadhan? Kali ini saya mencoba membuat kreasi resep yang dapat menjadi hidangan pembuka di bulan Ramadhan dengan menggunakan biskuit yang mudah didapat atau dari biskuit sisa yang sudah tidak dimakan lagi. Saya bereksperimen membuat adonan bolu yang dicampur biskuit. Efeknya bolu menjadi lebih lembab, tapi teksturnya berubah, tidak seperti cake yang spongy tapi cenderung seperti muffin yang bertekstur padat dan tidak spongy. Dibilang bantat juga bukan karena adonan tetap mengembang sempurna, tidak ada lapisan keras dibawahnya seperti bolu bantat pada umumnya.

Saya juga membuat vla yang ditambah dengan bubuk agar agar dengan maksud memberi efek lapis tanpa membuat agar agar bening meresap ke bawah sehingga bagian bolu tetap kering seperti bolu biasa. Lapis agar bolu biasanya dilakukan dengan menambahkan kocokan putih telur yang kaku . Teknik ini dilakukan agar bolu di bawahnya tetap kering. Teknik baru yang saya lakukan sepertinya berhasil karena agar agar bening di bagian atas tidak dapat menembus vla dan membuat bolu menjadi basah.
Puding Buah Biskuit
Bahan Bolu:
100 gram terigu
90 gram Cream Crackers
115cc air hangat
100 cc minyak goreng
6 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
200 gram gula pasir, haluskan
sejumput garam

Cara membuat:
Kocok kuning telur dan gula sampai rata (bisa menggunakan mixer atau cukup dengan whisker).
Kocok putih telur dalam wadah yang terpisah sampai kaku (hard peak).
Campur air hangat, minyak goreng dan garam pada adonan kuning telur. Adonan akan terlihat lebih encer.  Setelah tercampur rata, masukkan terigu dan coklat bubuk, aduk rata. Terakhir masukan adonan putih telur yang telah dikocok kaku. Aduk rata dengan teknik folding.
Masukkan adonan ke dalam loyang yang telah diolesi minyak, ketuk ketuk adonan agar tidak ada gelembung udara. Panggang dalam suhu 180 derajat celsius sampai berwarna kecoklatan (kurang lebih 30 menit).
Siapkan lapisan vla

Lapisan vla
250 cc susu fullcream cair
2 butir kuning telur
1/4 bagian agar agar bubuk tanpa warna
30 gram tepung maizena
75 gram gula pasir
sejumput garam

Cara membuat:
Campurkan 50 cc susu, maizena dan kuning telur, aduk rata, sisihkan. Masak 200 cc susu dengan gula pasir sampai seluruh gula mencair. Matikan kompor, masukkan campuran maizena telur dan susu, aduk rata. Nyalakan kompor dengan api kecil, aduk kembali adonan vla, kalau perlu menggunakan whisker. Jika adonan sudah meletup letup, matikan kompor, masukkan butter, aduk cepat dan sisihkan.
Letakkan adonan vla di atas adonan bolu. Hiasi atasnya dengan buah buahan dan biskuit Cocoa Puff Khong Guan.
Tutup lapisan buah dan biskuit dengan lapisan agar agar bening.
Lapisan agar agar bening
1/4 bungkus agar agar
50 gram gula pasir
200cc air
Masak semua bahan hingga mendidih. Dinginkan hingga tidak ada uap panas. Letakkan perlahan lahan di atas lapisan buah dan biskuit. Simpan dalam lemari es hingga agar agar mengeras. Siap dinikmati.


2 komentar:

  1. Enak ini pastinya. Tapi sepertinya susah gitu buatnya. Belum dicoba udah nyerah duluan sayanya, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cepet kok buatya, daripada bolu agar puding busa yang harus kocok putih telur sampai kaku dulu...

      Hapus